Sejarah Indramayu

Sejarah putra Tumenggung Gagak Singalodra dari Bengelen Jawa Tengah bernama Raden Wiralodra yang mempunyai garis keturunan Majapahit dan Pajajaran, dalam tapa baratanya di kaki Gunung Sumbing mendapat wangsit.

“Hai Wiralodra apabila engkau ingin berbahagia berketurunan di kemudian hari, pergilah kearah matahari terbenam dan carilah lembah Sungai Cimanuk. Manakala telah disana, berhentilah dan tebanglah belukar secukupnya untuk mendirikan pedukuhan dan menetaplah disana. Kelak tempat itu akan menjadi subur dan makmur serta tujuh turunanmu akan memerintah disana”. Demikianlah bunyi wangsit itu.

R. Wiralodra ditemani Ki Tinggil dan berbekal senjata Cakra Undaksana. Tokoh-tokoh lain dengan pendiri pedukuhan dimaksud adalah Nyi Endang Darma yang cantik dan sakti, Aria Kemuning putra Ki Gede Lurah Agung yang diangkat putra oleh Putri Ong Tien istri Sunan Gunung Jati. Ki Buyut Sidum / Kidang Pananjung seorang pahlawan Panakawan Sri Baduga dari Pajajaran, Pangeran Guru, seorang pangeran dari Palembang yang mengajarkan Kanuragan dengan 24 muridnya.

Pedukuhan tersebut berkembang dan diberi nama “Darma Ayu” oleh R. Wiralodra yang diambil dari nama seorang wanita yang dikagumi karena kecantikan dan tkesaktiannya “Nyi Endang Darma”, serta dapat diartikan “Kewajiaban Yang Utama” atau “Tugas Suci”.

Raden Arya Wiralodra

Setelah 1527, Daerah Indramayu terbagi dalam tiga propinsi meliputi :

Propinsi Singapura, meliputi sebelah timur sampai Sungai Kamal.
Propinsi Rajagaluh, meliputi daerah tengah sampai Jati tujuh.
Propinsi Sumedang, meliputi bagian barat sampai Kandanghaur.

Tahun 1681, mulai dikuasai kompeni.

Zaman pemerintahan Daenles (1806 – 1811) daerah sebelah barat sungai Cimanuk dimasukan dalam prefektur Cirebon Utara. Pada masa ini berada dalam kekuasaan kerajaan Demak. Tahun 1546 menjadi bagian kesultanan Cirebon.

Tahun 1615 sebelah timur Sungai Cimanuk menjadi bagian keultanan Cirebon dan bagian baratnya ermasuk dalam wilayah kerajaan Mataram.

Tahun 1681, mulai dikuasai kompeni. Zaman pemerintahan Daenles (1806 – 1811) daerah sebelah barat sungai Cimanuk dimasukan dalam prefektur Cirebon Utara. Pada zaman kompeni menjadi ajang masuk pertempuran segitiga antara kompeni, Mataran dan Banten. Tahun 1706, Indramayu jatuh kedalam kekuasaan kompeni Belanda seluruhnya seperti halnya dengan daerah-daerah lain, Indramayu mempunyai perjalanan yang sama berada dalam kekuasaan penjajahan.(*)

Sumber : jabar.go.id

About these ads

25 thoughts on “Sejarah Indramayu

  1. Perlu adanya pelurusan sejarah, bahwa tanah Cimanuk sebelumnya telah di buka oleh beberapa tokoh keturunan Majapahit, 1.Mas Karebet/Jaka Tingkir sebelum bertakhta menjadi Raja Pajang cikal bakal Mataram; 2.R.Aryo Wiralodra adalah keturunan murni Majapahit dan mendapat restu untuk menjalankan “misi khusus” dalam penetrasinya ke Jawa Barat; 3.Terbukti wilayah kerajaan-kerajaan pasca Padjajaran menjadi Kerajaan-kerajaan bawahan/taklukan Mataram; 4.Dalam peta supranatural, bahwa Nusantara terpegang oleh garis keturunan Majapahit, baik secara kekuatan pemikiran maupun kekuatan kekuasaannya, hal itu sudah merupakan takdir Yang Maha Kuasa.
    Namun, hal tersebut bukan berarti SARA.

  2. Terimakasih komentarnya mas Elang, dan wawasan mas Elang membuka mata saya tentang sejarah Indramayu.
    (Mohon maaf saya menukil tulisan tersebut dari situs jabar.go.id)

    • Assalamualaikum…wr.wb.
      salam kenal dari saya. asli orang indramayu. ssebagai orang indramayu, kadang saya merasa bingung, KOta Indramayu masih termasuk Prop. Jawa Barat yang khas dengan Bahasa Sunda. Tapi di Sunda di Indramayu deba sama Sunda-sunda yang lain. Malah ada yang bilang Indramayu pake B.sunda kasar.
      Saya sebagai orang Indramayu asli, merasa prihatin dan bingung harus ngejawab apa. Mungkin dikarenakan saya sendiri kurang begitu paham dengan sejarah Indramayu, sehingga tidak tahu asal usulnya. tolong tuliskan sejarah indramayu yang lebih lengkap lagi.

  3. Sebagai orang Indramayu, sudah barang tentu saya ingin menyumbangkan apa yang menjadi pemahaman & pengertian mengenai sejarah Indramayu sesuai kemampuan, begitu Mas Asepsaiba. Bahwa sampai sekarang Indramayu, sebagai wilayah di Prop.Jawa Barat tetap tidak bisa dipaksakan menerima bentuk akulturasi sunda – jawa dermayon. Sebagai contoh : dalam logat dan bahasanya.
    Semoga Indramayu segera menemukan sejarahnya.

  4. Bener kata mas elang, Bahwa sampai sekarang Indramayu, sebagai wilayah di Prop.Jawa Barat tetap tidak bisa dipaksakan menerima bentuk akulturasi sunda – jawa dermayon. Sebagai contoh : dalam logat dan bahasanya.
    Kadang saya merasa bingung, KOta Indramayu masih termasuk Prop. Jawa Barat yang khas dengan Bahasa Sunda. Tapi di Sunda di Indramayu deba sama Sunda-sunda yang lain. Malah ada yang bilang Indramayu pake B.sunda kasar.
    Saya sebagai orang Indramayu asli, merasa prihatin dan bingung harus ngejawab apa. Mungkin dikarenakan saya sendiri kurang begitu paham dengan sejarah Indramayu, sehingga tidak tahu asal usulnya.

  5. Salah satu yang membuat Indramayu terkenal sekarang yaitu Tarling. Kesenian yang sejarahnya terpapar antara Indramayu dan Cirebon ini, seolah-olah saat ini lebih dominan disebarkan oleh orang Indramayu (dengan segala plus minusnya).

  6. generasi terakhir pemegang amanat pusaka-pusaka wiralodra turun temurun salah satunya Keris Gagak Wirahandaka yang berasal dari mataram dipegang oleh INU DANUBAYA sebgai generasi wiralodra ke XII sampai sekarang. adapun pusaka-pusaka yang ada di pendopo adalah pinjaman pemerintah Indramayu tahun 2001 dengan surat resmi pemerintahan Indramayu dari INU DANUBAYA dengan upacara adat di pendopo ketika awal karier Bupati Yance.

  7. akeh wong sing ngerti masalah tanah dermayu atau indramayu ya syukur apa maning sing ngaku asli wong dermayu, memang sejarah kudu dilurusankan terutama masalah sing menurut kula paling utama yaitu ning endi keratone raden wiralodra iku, terus sedurunge raden

    • Iya kang.. Sejarah Dermayu kuh lamon bisa mah dilurusaken, terus diajaraken meng siswa2 SD/SMP/SMU.. Aja pelajari sejarah negarae wong sejen, sejarah babad tanah leluhur dewek ora dipelajar..

  8. Pingback: Sega Lengko Dermayuan | asepsaiba.web.id

  9. Suku sunda ning dermayu kuh ana gah setitik, sing kita weruh kuh basa sunda dianggo ning sebagian wong kecamatan haurgeulis lan gantar.. Kabehe mayoritas wong jawa.. Tapi basa jawane nganggo basa jawa (a) dudu basa jawa (ao)ne wong cirebon, dudu basa jawa totok (oo) kaya wong jawa tengah lan jawa timur. Contoh jare wong dermayu ngomong “ana apa?” cirebon “ana apo?” jateng/jatim “ono opo?”..

  10. assalamu a’laekum………….kula kepengen weruh sing sejelase sejarah indramayu,,,,,sebab niki kula asli keturunan indramayu kaya ne boten sah dadi anak putu ne indramayu…………….

  11. Masyarakat indramayu kudu ngerti batur lan sdulur,aja pd jogreg bae kaya wong di tagih utang.AKUR..BAUR..LAN BISA MENGHIBUR.grayak gruyuk luru mangan kgo esuk,aja mikiri barang segunuk.we LOVE ed indramayu.

  12. enaknya sejarah kota indramayu itu dilengkapi selengkap-lengkap nya kemudian dibukukan karna setiap saya membaca sejarah indramayu itu sering ada perbedaan asal-usul nya karna saya selaku rakyat indramayu ingin mengetahui secara detail dan lebih jelas tentang sejarah indramayu yang aslinya …

  13. Tak perlu memperslahkan apa bahasanya bahwa jawa barat yg asli sangat luas wilayahnya mencakup wilayah tulangbawang lampung sampe jwa tengah sungai cipamali sbagai batasnya berdasarkan kekuasan kerajaan tarumanegara maupun pajajaran pertanyaannya kenapa jawabarat hanya smpei cirebon…..? Silahakan simak

  14. assalamu’alaikum
    cerita yang sebenarnya itu cerita mana, jangan sampai cerita yang satu dengan yang lainnya itu berbeda, karna Indramayu adalah suatu nama yang telah diberikian oleh Nyai Endang Dharma Ayu seorang yang sakti dan kuat itanah Indramayu walaupun beliau tadak mampu mengalahkan Raden Arya Wiralodra, jadi kita tidak boleh sembarangan menceritakannya atau malah melenceng dari cerita yang sebenarnya.

    Reang Wong DERMAYU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s