Listrik Prabayar PLN, Untung dan Ruginya

Sudah hampir satu tahun listrik di rumah terpasang. Rumah saya termasuk yang “diwajibkan” menggunakan meter dengan sistem prabayar. Kata PLN sih, ini buat percobaan. Sebagai pihak lemah (karena PLN satu-satunya perusahaan penyedia listrik RT saat ini), saya tidak bisa berbuat apapun selain hanya ‘nrimo.

Meter Listrik Prabayar

Perbedaan utama dengan listrik yang biasa hanya di sistem pembayarannya saja. Listrik prabayar dibayar di muka (sebelum pemakaian) dengan cara membeli voucher yang berisi 20 kode token yang kemudiaan di-input ke metering unit (analogi dengan voucher ponsel). Beda dengan pascabayar yang mengandalkan tenaga meter reader. Dari segi penghematan, tidak terdapat perbedaan yang signifikan alias sama saja.

Voucher bervariasi mulai dari nominal Rp 20.000,- hingga Rp 1.000.000,-. Sebagai contoh, jika kita membeli voucher senilai Rp 100.000- maka kita akan memperoleh kuota listrik sebesar 143,7 kWh.
Beberapa keuntungan listrik prabayar antara lain:
1. Kontrol pemakaian di tangan pelanggan.
2. Efisiensi tenaga meter reader.
3. Lebih fair dan transparan.

Contoh Token Listrik Prabayar

Contoh Token Listrik Prabayar

Namun, ada juga kelemahan dan sangat mengganggu pelanggan:
1. Keterbatasan outlet penjualan voucher. Saat ini baru tersedia di loket PLN, kantor pos, dan atm Bank Bukopin, itupun kadang sering offline. Ke depan diharapkan sudah tersedia di jaringan atm yang lebih luas seperti Mandiri, BCA, BNI, dll.
2. Akan sangat repot jika pulsa habis di malam hari. Mana ada kantor pos buka malam?

—> Update (06/10/2011): sudah sejak 6 bulanan ini, pembelian voucher PLN prabayar semakin mudah, gerai ATM bank-bank pemerintah (misal Mandiri) sudah menyediakan fitur pembelian voucher PLN prabayar, malah bisa juga lewat internet banking.

Sebenarnya metode ini menurut saya cukup dilematis. Disatu sisi diharapkan dapat meningkatkan efisisiensi dan transparansi, tapi di sisi lain malah dapat mengurangi tenaga kerja, terutama meter reader.

Satu hal yang harus kita lakukan adalah: mulaikah ber-HEMAT LISTRIK. Hemat energi. Bumi sudah terlalu lelah melayani kita. Save Our Earth!

[antara]
[esdm.go.id]

76 thoughts on “Listrik Prabayar PLN, Untung dan Ruginya

  1. Listrik menjadi hal yang sangat vital dalam rumah tangga.. hampir seluruh peralatan dan kegiatan kita sehari2 berhubungan dengan listrik. Bisa di bayangkan jika pasokan listrik tdk ada dan terputus!

  2. Iya mas, saya pernah tanya2 di PLN Jakarta Raya memang belum ada, di Bogor juga hanya baru sebagian dan itu juga trial (saya korbannya, eh.. bukan korban deng.. kelinci percobaan).

    • maklum baru saja di promosikan bulan januari lalu sama PLN nya …
      jadi kalau masih ada keterlambatan tolong saja d ma’afkan …

      coba saja anda perhitungkan dalam jumlah meter (atau dalam jumlah pemakaian)

      1. satu ( satu ) meter token = Rp. 680 di kali kan saja berapa pemakaian anda perhari. misalkan pemakaian anda 10meter perhari maka rata-rata anda bayar dalam satu bulan adalah : 210.800…….tu juga kalau pemakaian anda perhari adalah sebagai berikut .. tapi kalau anda memakai rata-rata 5meter atau 3 meter berpa perbulan anda harus membayar ???

      di bandingkan dengan pemakaian listrik yang biasa lebih hemat dan juga irit yang ini ,,,

      tidak ada yang bkalan dateng ke rumah mau madamin listrik bapak ibu …

      tapi itu juga tergantung pendapat masing” …
      kalau indonesia tau”a cuma demo za kali ia . (ma’af buat yang suka demo) ga tau sama pemikiran ke depan ,.. taunya hanya untuk cari masalah saja ..

      thanks .. e_mail .. nuranurdiansyah@yahoo.com .. ukkeii ..

  3. kalo mas asepsaiba butuh pulsa PLN prepaid, saya bisa melayani 24 jam. bisa di antar ke rumah mas asep saiba. tinggal kunjungi blog saya. trims.

  4. saya juga jualan voucher PLN mas asep, tapi setahu saya gak ada yang 24 jam, paling lambat jam 21.30 wib. hebat dong kalo bisa 24 jam

    • emank semuanya kalau pembayaran lisrtik biasa ada batas waktu tertentu ,, tapi kalau buat TOKEN dapat keistimewaan tergantung operator nya sadjah mau tutup jam berapa juga ,, karna ,, TOKEN ga ada batas waktunya juragan ,, mau tanggal merah juga TOKEN bisa jualan ko ,, udda tau lum ia >>
      jangan-jangan cuma tebakan saja ia ,,,,, heheh … peace ah ,,

  5. Tolong periksa nilai Rp per kWhnya, jangan sampai terjadi kenaikan tarif secara sembunyi. saya pernah hitung sampai Rp. 800/kWh, padahal harga listrik untuk rumah tinggal <1,2kVA tidak sebesar itu.

  6. di koicell sudah bsa trx voucher PLN boz, daftar gratis kok, deposit min 50rbu dah bs trx smua operator n PLN jga..silahkan e-mail saya saja ntar tk ksh brosur hargany, d web blum update soalny..

  7. Sekarang token listri pra bayar sudah bisa diperoleh di 30.000 ATM di Indonesia ya..
    Bank2 besar seperti Mandiri, BNI, BRI, BCA, dll sudah bergabung untuk ikut melayani penjualan token listrik prabayar.

    Saran agar tidak bingung cari token pada malam hari adalah selalu punya cadangan token. Siapkan cadangan token minimal 20rb, supaya pagi hari bisa kemudian beli. Token ini tidak ada masa berlakunya (seperti voucher telp seluler). Jadi cadangan itu bisa disimpan sampai kapan pun juga, tidak akan hangus. Jika takut hilang, simpan no tokennya di HP atau lainnya.

  8. Saya kaget mendapati blog ini ada di urutan ke-3 dengan kata kunci “voucher listrik pln”, semoga dilain kesempatan saya bisa membuat tulisan yang lebih lengkap dari tulisan ini… Mohon maaf jika mendapati tulisan ii seadanya saja..

    Sebagai info update: saya sudah berhasil beli voucher listrik PLN Prabayar ini lewat ATM Mandiri, sangat mudah… Jadi, 2 kelemahan yg saya tulis di atas sepertinya sudah termentahkan.. Selamat kepada PLN yg sudah menjalin kerjasama dengan bank-ank lokal…

  9. sebelum ada PPOB saya sebagai koletif sdh 4 thn 3 bln dgn munculnya PPOB saya merasa dirugikan karena rekening listrik pelanggan saya sdh lunaskan tapi mereka tau rek mereka belum lunas pada Koperasi sehingga pelanggan janji akan membayar rekeningnya tapi rekening mereka hilang tercecer tagihan listrik 2010, saya mencari tagihan rekening thn 2010 tdk saya temui, bagaimana saya bisa mendapatkan daftar pembayaran tagihan rekening listrik thn 2010

  10. paling ga enak pake2 voucher,enakan juga pasca bayar,bisa auto bill pake kartu kredit

    pusing ngurusin isi pulsa segala

  11. terima kasih infonya, saya baru pindah rumah, dan seluruh komplek perumahan udah distandarisasi pake listrik prabayar. Saya bantu share tulisan ini. Semoga berguna bagi yg lain.

  12. Kalo kasus saya beda lagi neh…… Pada waktu itu pulsa saya sudah mau habis,,,, sudah kedap-kedip MERAHNYA… bunyi alarmnya pun semakin menggema,,, waktu itu istri saya yang sedang ada di rumah,,, Saya langsung melakukan pembelian TOKEN PULSA LISTRIK di ATM MANDIRI,, Tetapi Struknya tidak keluar …… HOW????? Langsung saat itu juga saya melaporkan ke Bank MANDIRInya tetapi malah ga tau apa2 MANAGERnya tentang TOKEN LISTRIK,,, malah minta contohnya,,, saya kasih tau contohnya… tetapi ga NGERTI JUGA… saya minta periksa transaksi banking saya,,, Ternyata uang saya pun sudah tersedot,,, di sistem banking MANDIRInya ga bisa melihat NOMOR TOKEN yang saya beli……… malah disuruh ngisi Form pengaduan untuk ke MANDIRI PUSAT… Yang saya perlukan hanya NOMOR TOKEN saya yang sudah di beli,,, bukan mengisi Form… BISA MATI TUH LISTRIK RUMAH sampe tuh Form ke MANDIRI PUSAT terus balik lagi ke saya….. HUfffttt……. Gimenong Dong…………………………………….

    • Salah satu risiko beli pulsa listrik lewat ATM adalah ketika struk habis dan tidak ada informasi mengenai roll struk tersebut apakah masih ada atau tidak. Salah satu alternatifnya bisa beli pulsa lewat HP yang nantinya nomor token dapat langsung dikirim melalui SMS…just sharing

  13. jangan mau listrik di rmh anda di ganti dengan listrik prabayar sebab nya sistem di token nya sering error,tempat saya untuk usaha warnet daya 3500 comp 10 unit aja sering overload,sdh konfirmasi sama PLN tapi nggak ada solusi yang tepat bahkan kami yang di salah kan oleh PLN katanya instalasi nya jelek padahal saya sdh pake kabel yang mrk eterna standart dari PLN juga.Semoga masukan saya bermanfaat bagi anda.

    • Semoga ada dari pihak PLN yang bisa mengklarifikasi ini ya..

      Kalo untuk saya yg pemakaiannya minim hanya untuk kebutuhan rumah tangga saja, jadi belum pernah menemui kendala semacam itu..

  14. Numpang tanya apakah pln prabyar ini dapat dipakai lebih dari satu, misalnya 1 rumah ingin pasang 10 meteran, karena saya lihat tempat kos di dekat saya mempunyai 20 unit meteran, tapi ketika saya tanya ke pln kata mereka kalau ada meteran biasa tidak boleh pakai meteran pra bayar. Tx

  15. saya pengguna listrik prabayar dan sampai sekarang saya merasa enjoy aja karena tidak mengalami kesulitan apapun dalam penggunaanya ataupun dalam pengisian ulangnya, malah saya merasa listrik prabayar ini lebih irit loh..

  16. Huaaaah…. Mahal….
    Beli voucer rp. 500rb. Potong pajak, admin dll jadi tinggal rp.437.610,- pembelian maximal 1jt. Sementara tagihan listrik saya sebulan bisa rp.3.000.000an… Alangkah repoooootnya bolak balik isi ulang. Dah coba protes ke pln via telp… Gara2 jam 3 pagi tiba2 meteran bunyi. Ngisi pulsa jam 3 pagi….!!!! Kenapa kita costumer nggak dikasih option siiih? Yg mana yg lebih baik untuk kita. Sama kayak sistim telp. Ada yg prabayar ada yg pascabayar. Tinggal pilih yg mana baiknya untuk kita. Pelanggan kecewa!

    • Yang pasca bayar juga kena pajak, biaya administrasi, biaya beban dll sedang yang prabayar tidak ada biaya beban. Mau masukkan token sampai 3 juta juga bisa kok, beli aja 3 token @ Rp 1 juta terus diinput satu per satu

  17. bagaimana dengan biaya beban ? kalo pasca ada beban pembatas dan biaya beban, bagaimana dengan pra bayar ?

  18. Token listrik prabayar sekarang bisa dibeli via SMS, silahkan klik link berikut http://www.anrpulsasuper.blogspot.com
    Ngomong-ngomong apa bener kalau jaringan listrik di rumah padam gara-gara kortsluiting maka sisa pulsa yang ada akan hangus. Istilahnya sistim direset seperti komputer yang tiba-tiba mati datanya bisa hilang gitu.
    Apa bener sih?

  19. Apa perbedaan, jika menggunakan listrik prabayar, dalam hal ini biaya per KWHnya.
    Utk besar daya 6A, 10A dst.
    Siapa yg dpt menjelaskan dg benar sesuai standar dari PLN.
    Terima kasih atas infonya.

    • saya barusaja pasang listrik pintar atau prabayar,apakah setiap meter listrik prabayar itu terhubung dengan operator pln seperti layaknya hp,dan apakah sisa dari pemakaian per kwh juga bisa diketahui oleh operator pln,karena waktu beli voucer pulsa dapet 20 digit dan apabila salah akan gagal dan 20 digit itu tidak bisa dimasukkan ke meter listrik lain.mohon infonya terimakasih.

  20. Bagi anda yang ingin jualan token listrik lewat hp secara praktis dan sekaligus dapat keuntungan yang lumayan, slahkan anda akses agen pulsa listrik prabayar resmi dari PLN http://www.agenlistrikprabayar.com/index.php?id=ghupthapulsa
    dapat melayani diseluruh Indonesia,buktikan sendiri keuntungannya,selain anda dapat memanfaatkannya untuk rumah anda, anda dapat menjualnya dan sekaligus membantu orang2 di sekitar anda/tetangga jika pada saat malam hari pulsa listriknya habis…bermanfaat bukan baik bagi anda maupun orang2 di sekitar anda…Insya Allah berkah…

  21. Permisi,
    Bagi agan-agan yang ingin membuka usaha
    Tapi bingung ingin membuka usaha apa dan hanya mempunyai modal kecil
    Tak usah bingung,silahkan buka usaha pembayaran online
    “ppob /online nasional”
    Satu deposit bisa melakukan transaksi berikut:
    Seperti listrik,tiket pesawat, tiket ka ,pln,pdam, telepon, speedy, kartu kredit, tv kabel, pulsa, kredit multifinance, dll secara mudah, murah namun tetap dengan dukungan teknologi yang handal dan sistem bisnis yang fleksibel dan menguntungkan.
    Hanya bermodal ‘rp.100.000,’
    Hubungi info lengkap: http://www.fastpaynasional.com
    Hp:081334560101

  22. Pingback: Bagian Kecil untuk Sebuah Harapan Besar | @asepsaiba's weblog

  23. Kyknya listrik token itu cucok klo dipake buat yg peralatan listriknya gak seabrek atau dayanya gede2 deh. Bs lbh mudah dikontrol. Klo yg pnya duit banyak dan sering ga ada dirumah maaahhh yg pascabayar aja. :D

    Trus susah jg klo bicara hemat ato ga, lbh masuk klo bicara fungsinya. Skrg ga ada yg ga butuh listrik. Hemat ato ga, yg tergantung pemakainya.

    Hemat energi, hemat biaya.

  24. Kalo mau isi lewat Internet Banking Mandiri ada 3 pilihan, PLN, PLN Prabayar dan PLN Prepaid Advice. Nah, apa bedanya Prabayar dan Prepaid Advice?

    Thanks bagi yg udah njawab…

Leave a Reply

