Tips Anti Ngantuk saat Jadi Supir

 

Mudik mendadak karena mendapat kabar duka kemarin cukup menyerap energi saya. Hari Minggu seharian full untuk temani kaluarga kecil menikmati hari libur, jadi praktis tak punya waktu istirahat. Minggu malam harus menempuh perjalanan 3-4 jam mensetir mobil, tanpa tenaga cadangan. Sampai di sana malam, dan tak enak hati bila langsung tidur, saya pun menemani beliau yang berduka hingga pagi menjelang. Hanya 3 jam saya tidur. Di dua perjalanan itu, musuh paling utama buka badan pegal, melainkan kantuk serta mata sepat yang mendera.

Maka, saya terapkan saja beberapa tips jitu ala saya sendiri:

  • Putar lagu atau musik keras, rock atau sejenisnya, karena kebetulan saya pun suka jenis lagu itu. Jangan sekali-kali mendengar lagu yang syahdu dan mendayu-daya, percaya saya, itu amat berkontribusi sama otak untuk rileks dan ujung-ujungya membuat mata semakin berat. Berteriak, bernyanyi keras mengikuti alunan lagu juga cukup membantu mengatasi kantuk.┬áCara ini biasanya saya terapkan kalau bundanya ketiduran, jadi tak ada teman ngobrol.
  • Makan cemilan atau permen. Ini berguna, karena dengan ‘ngemil’ otot-otot muka terus bergerak dan dapat membuat mata tetap terjaga.
  • Sering-seringlah minum. Minum apapun, selain membantu agar tubuh tetap freshn, bisa juga hal ini dapat membuat kita terjaga, karena dengan banyak minum kita pun akan sering-sering berhenti di pom bensin untuk mengunjungi WC Umum :). Daat itulah, gunakan untuk mencuci muka anda.
  • Mintalah teman seperjalanan anda untuk sesekali mengagetkan anda. Bisa dengan menepuk, berteriak, atau mencubit. Atau jika mereka tidur, atau anda berkendara seorang diri, lakukan hal itu oleh anda sendiri, pukul-pukul paha, tampar muka, atau jambak rambut anda. Kaget yang spontan bisa me-recharge asupan darah ke otak dan mata anda.
  • Yang terakhir, jika segala macam cara tak ampuh. Maka anda tak ada kuasa untuk melawannya. Berhenti sejenak, regangkan otot, atau jika memang kantuk tak tertahankan tidurlah sejenak barang 10-20 menit. Dijamin anda akan segar kembali.

Mungkin anda punya tips yang lain? Bagi-bagi dong…

18 thoughts on “Tips Anti Ngantuk saat Jadi Supir

  1. waktu aku on the road dari 25-31 Mei nonstop, ancaman ngantuk menyerang 2 temanku yg menyetir bergantian. aku sendiri jadi navigator perjalanan mereka berdua. ketika kami sama2 parah ngantuknya di jalur selatan, kamipun menghentikan mobil lalu lompat-lompatan, karena ngobrol sudah tak jadi solusi saat itu. memang ngantuk itu bahaya banget!
    cuma orang2 di parlemen aja yg nggak nyadar kalo mereka ngantuk dapat membahayakan citranya hehehe… *ngelantur ;p

  2. waduh, kalo dikagetin waktu lagi nyetir apa nggak bahaya tuh? bukannya tetap terjaga malah bisa kecelakaan masuk jurang

    dengerin radio ato ngajak ngobrol penumpang juga bisa buat anti ngantuk, gantian nyetir untuk perjalanan jauh sangat disarankan biar bisa istirahat gantian

  3. Saya rasa itu udah semuanya, Mas. :D

    Yang paling mujarab ya minggir dulu, terus tidur. :D Pokoknya kalo berkendara berdua, usahakan saling menjaga. Semisal yang satu nyetir, kalo udah mulai terkantuk-kantuk, yang satunya jangan malah tidur. Jagain yang nyetri sambil terus2an ditabok pipinya. :lol:

  4. kalau aku punya cara laen.. yaitu ngobrol yang enggak bener, cerita horor kek atau apaan yang serem-serem gitu.. :mrgreen:
    salam kenal mas.. :-D

Leave a Reply

