Gas Sampling (GPA 2166)

           Analisis komposisi gas (kuantitaif) menjadi bagian yang cukup penting dalam bisnis gas bumi, karena hasilnya dapat mempengaruhi nilai beli gas bumi sebelum disitribusikan ke para pengguna. Idealnya, dalam sistem custody transfer terdapat pula online chromatography system yang dapat mem-back up langsung hasil perhitungan Gross Heating Value (GHV). Namun, sistem ini dapat juga mengalami masalah, untuk itu diperlukan analisis secara manual, dan pengambilan sample dilakukan pula secara manual. Namun harus tetap mengikuti standar yang sudah disepakati. Seorang  kawan lama berbagi info tentang cara pengambilan sampel gas bumi dari pipa (ada sedikit perubahan Ben!):

  • 1. Pastikan kondisi cylinder bomb bersih, cuci dengan organic solvent (Chloroform oraceton) untuk meng avoid hydrocarbon sisa yg ada dalam cylinder sample. Untuk meyakinkan tidak ada gas lain terperangkap, lakukan purging dengan gas Nitrogen.
  • 2. Ada beberapa kondisi cylinder sample untuk sampling gas, pertama ada yang kondisinya vacuum/hampa udara, kedua tidak vacuum. Hal ini tergantung jenis cylinder yg digunakan, apakah pakai 2 valve disetiap ujungnya atau hanya satu valve di salah satu sisinya.
  • 3. Teknik sampling gas adalah jika sampling point sudah terinstall tubing dan valve, maka buang/flushing gas pada sampling point yg akan diambil terlebih dahulu sebelum terkoneksi dengan cylinder untuk membuang entrained liquid atau kotoran yg menempel pada tubing line atau pada valve process. Hal ini bila terikut kedalam cylinder sample akan mempengaruhi hasil (INGAT 80 % Kesalahan analisa ada pada SAMPLING)
  • 4. Setelah dibuang/flushing ke udara sekitar 5 menitan atau sampai yakin tidak ada lagi kotoran atau liquid trap pada tubing line, selanjutnya koneksikan cylinder gas ke tubing line yang ada pada sampling point.
  • 5. Jika kondisi cylinder vacuum, maka buka valve sampling point sedikit yang penting ada gas yg keluar, jadi koneksikan cylinder sample dengan membuka sedikit gas supaya keluar dan pada saat koneksi tidak ada gas dari luar yang kontaminasi.
  • 6. Jika kondisi cylinder sample tidak vacuum, maka koneksikan tubing line tanpa membuka sedikit valve sampling point tidak menjadi masalah, karena juga akan dilakukan flushing gas melewati cylinder sample.
  • 7. Setelah terkoneksi ke sampling point, buka lah valve gas dan valve cylinder, tunggu hingga beberapa saat suhu cylinder berubah agak hangat atau hingga kita yakin pressure sudah berkesetimbangan atau sesuai dengan actual pada process.
  • 8. Tutup semua valve cylinder sample, buka koneksinya dan sample siap untuk proses analisa.
  • 9. Menurut GPA sebelum sample dianalisa maka mesti dipanaskan dahulu 20-30 derajat celcius di atas suhu gas sample actual.
  • 10. GC RUN, you may take a few minutes to find the result of composition

 

Semoga bermanfaat.

Advertisements

3 thoughts on “Gas Sampling (GPA 2166)

  1. Selamat pagi,Bapak..:)

    Saya Tere, bapak saya ingin bertanya.apakah bapak menggunakan alat yang sama dengan bomb gas sampling untuk melakukan analisis ini??saya ingin informasi lebih lanjut apabila ingin melakukan analisis serupa.makasi banyak,pak..

    salam,
    -Tere-

    • Betul mbak, grab sample gas kami lakukan menggunakan cylinder yg memang khusus utk sampling gas bumi di jaringan pipa. Material sampling bomb berbeda tergantung analisis apa yg akan dilakukan.

  2. Pingback: Sampling Gas Bumi « [SaiBlog]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s