Hari Bumi

Hari ini adalah Hari Bumi. Berilah penghargaan walau hanya setitik untuk Bumi kita. Bumi adalah rumah seluruh umat. Hari Bumi digagas pertama kali oleh Gaylord Nelson, anggota senat Amerika Serikat pada 1963. Gagasan tersebut menjadi momentum untuk mempelajari tentang Bumi dan bagaimana memeliharanya.

Jika 200 ribu saja warga Jakarta yang memiliki mobil pribadi menyempatkan diri bekerja di rumah satu hari dalam seminggu, biaya konsumsi nasional bisa dihemat Rp 2,6 triliun per tahun. Sementara itu. Emisi gas buang yang bisa dikurangi mencapai 30 juta ton per tahun. Jumlah itu setara dengan menanam 30 juta pohon selama 30 tahun.

Berbagai kejadian dan bencana alam yang menerpa penghuni bumi mulai dari banjir, tanah longsor, kemarau panjang, hingga berubahnya pola curah hujan merupakan penggilan alam yang mengingatkan manusia tentang kerusakan lingkungan hidup yang harus dihadapi saat ini. Efek rumah kaca (ERK) tentu sangat dikenal sebagai salah satu ancaman terhadap bumi. ERK yang disebabkan naiknya konsentrasi gas karbon dioksida (CO2) dan gas-gas lainnya di atmosfer. Kenaikan konsentrasi CO2 itu disebabkan kenaikan pembakaran bahan bakar minyak (BBM), batu bara, dan bahan organik lainnya yang melampaui kemampuan tumbuh-tumbuhan dan laut untuk mengabsorpsinya.

Menurut perkiraan, efek rumah kaca telah meningkatkan suhu bumi rata-rata 1-5 derajat Celcius. Bila kecenderungan kecenderungan peningkatan rumah kaca tetap seperti sekarang akan menyebabkan peningkatan pemanasan global antara 1,5 – 4,5 derajat celcius pada 2030. Dengan meningkatnya konsentrasi gas CO2 di atmosfer, akan semakin banyak gelombang panas yang dipantulkan dari permukaan Bumi diserap atmosfer. Hal itu akan menyebabkan suhu permukaan Bumi menjadi meningkat.

Sebenarnya kita dapat mencegah, atau paling minimal memperpanjang waktu agar fenomena-fenomena tersebut dapat dihindari. Sederhana saja, yaitu dengan menyesuaikan pola kehidupan sehari-hari dengan perubahan iklim yang sudah terjadi. Diantaranya melakukan hemat energi dalam kehidupan sehari-hari.

[media indonesia]

Advertisements

One thought on “Hari Bumi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s