Karbonmonoksida (CO) Mengepung di Parkiran

Kemarin sore, jalan ke Bogor Trade Mall (BTM). Biasa, buat beli-beli sesuatu menjelang lebaran, mumpung THR masih tebel :D. Ada satu hal yang membuat saya miris, dan hal ini sudah cukup lama saya sering menemui hal semacam ini. Yaitu, tempat parkir yang tidak meberikan sirkulasi yang bagus untuk para pengunjung dan terlebih lagi untuk para pekerja.

Bayangkan saja, seharian para pekerja terpapar oleh gas-gas CO yang dikeluarkan oleh mobil ataupun motor yang parkir. Saya alami hal ini kemarin, saat ingin keluar dari parkiran, antrean sangat panjang. Semuanya menyalakan maotornya masing-masing (termasuk saya, hehe…). Kawan tentunya tahu apa yang terjadi kan? Asap mengepul dimana-mana, membuat nafas dan dada sesak. Saya langsung bisa merasakannya, kepala pusing dan tenggorokan kering.

Karbonmonoksida (CO) merupakan salah satu hasil pembakaran yang tidak sempurna dari hidrokarbon (bahan bakar). Pemaparan yang cukup banyak dan dalam frekwensi yang cukup lama dapat membahayakan tubuh. Dan dalam asap dari knalpot kendaraan bermotor itu juga terdapat komponen-komponen lain yang tidak kalah berbahayanya dengan CO.

Padahal, seharusnya dan selazimnya saat kita memarkirkan kendaraan, ataupun saat ingin keluar kita harus mematikan kendaraan kita. Ya sudah tentu tujuannya agar hal seperti yang saya sebut di atas tidak terjadi. Bisa dibayangkan efek yang menimpa para pekerja di tempat parkir yang tertutup semacam itu. Pengelola seharusnya menyedikan sebacam blower untuk meberikan sirkulasi yang cukup untuk mengeluarkan asap-asap knalpot dalam ruang parkir tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s