Push Mail dengan Exchange Server

Saya termasuk beruntung, karena perusahaan tempat saya bekerja menyediakan fasilitas Push Mail dengan Exchange Server pada pengelolaan internal mail-nya. Kebetulan saya menggunakan gadget yang menunjang untuk itu. Saya pakai HP iPAQ RW 6828 dengan sistem operasi Windows Mobile 5. Di dalamnya sudah tertanam Mail for Exchange Server yang tersinkronisasi dengan server mailbox layaknya Outlook Mail di desktop PC.

 

Tentunya saya pun harus selalu terkoneksi dengan jaringan internet. Dalam hal ini saya pakai Telkomsel FLASH yang Prepaid Basis. Jadi kalu hanya untuk email-emailan saya sukup merogoh kocek 10 ribu (tarif diskon 50%) untuk mendapatkan kuota 30 MB (jumlah yang cukup kalau hanya untuk cek email). Caranya :

          Sebelumnya aktifkan GPRS untuk TSEL-GPRS

          Kirim SMS : FLASH <spasi> ON <spasi> 20000

          Kamu akan mendapatkan sms notifikasi berikutnya.

 

Untuk seting Exchange Server di iPAQ (saya contohkan menggunakan mail server perusahaan tempat saya bekerja)

1.       Tap START – Programs

2.       Pilih ActiveSync, kemudian Menu – Configure Server

3.       Pada Server Address isikan “mail.pgn.co.id” (tanpa tanda petik)

4.       Cek list pada SSL, kemudian tap Next

5.       Masukkan user name, password dan domain : “corp.pgn.co.id”

6.       Cek list Save Password

7.       Pilih data yang akan disinkronisasi, kemudian tap Next

8.       Tap Sync untuk memulai sinkronisasi

 

Selanjutnya, selama terhubung dengan jaringan internet (dalam hal ini, iPAQ saya hanya mendukung GPRS), dimanapun dan kapanpun saya akan tetap terkoneksi dengan email saya.

 

Selamat mencoba!

Leave a Reply

