Maaf Bathin dan Lahir

kupatIedMubarrak…

Ketika kita “meras” kembali fitrah, apakah kita telah benar-benar mengerti hakikat tentang itu? Apakah yang telah kita lakukan di ramadhan yang telah lewat benar-benar mencerminkan bahwa kita biasa kembali fitrah?

Pertanyaan itu sepertinya sangat tepat untuk saya pribadi. Setelah apa yang telah saya perbuat di ramadhan yang telah berlalu kemarin. Saya merasa bahwa tahun ini kualitas shaum saya malah semakin turun disbanding tahun kemarin. Tanpa peningkatan apapun. Kemana ungkapan syukur saya setelah saya masih sempat dipertemukan dengan ramadahan di tahun ini?

Ah… Tampaknya saya masih bisa bersyukur memiliki perasaan bersalah ini.

Oke, berhubung hari ini lebaran –setelah menunggu dalam tandatanya sekitar seminggu terakhir- saya memohon maaf tulus kepada siapapun yang kenal, salah masuk, salah klik, salah sangka, dan salah salah yang lain.. Minal ‘Aidzin wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin..

Leave a Reply

