Kasihan Clara

claraPadahal putri Indonesia itu telah menorehkan sejarah yang sungguh cemerlah Indonesia, khususnya bagi dunia para pendaki gunung. Di tahun 1996, Clara berhasil mencapai puncak Everest, gunung tertinggi di dunia. Kini, ia terkungkung dalam suasana batinnya yang kacau balau akibat merasa dirinya kurang dihargai setelah jerih payah yang ia lakukan. Ya, ia divonis menderita gangguan jiwa. dari berita-berita yang saya baca sejak kemarin, banyak sekali kisah seputar keberhasilannya mencapai puncak Everest.

Saya sangat bersimpati terhadap semangat belia. Ibu yang satu ini sungguh menderita akibat beban pikiran yang tidak sanggup ia tanggung. Bayangkan saja, setelah ia berjuang sendiri untuk dapat berangkat ke Nepal (diberitakan Clara sangat sulit untuk memperoleh ijin dari pemerintah). Keberhasilannya tidak dihargai di negerinya. Mungkin jiwanya yang labil membuat ia tak sangguap menaggung pikirian.

Banyak kontroversi seputar keberhasilannya mencapai puncak everest. Salah satunya adalah cerita Asmujiono -prajurit Indonesia yang “resmi” pertama kali mencapai puncak Everest- bahwa sebelum timnya berangkat ke Everest, timnya pernah meminta Clara untuk berbagi pengalaman, tapi Clara tidak pernah datang, selain itu foto segitiga -sebagai tanda puncak Everest- tidak ada pada foto Clara di Everest. Namun, Clara terdapat dalam dafar nama orang yang pernah berhasil mencapai puncak Everest, seperti tercantum dalam everesthistory.com. saya sendiri terus terang masih dibuat bingung… Jadi, sebenarnya mana yang benar?

Terlepas dari itu semua, kita patut memberikan penghargaan tertinggi bagi Ibu Clara atas perjuangannya untuk dapat diakui bahwa ia penah memberikan kebanggaan bagi Indonesia, neneri yang sangat pelit untuk memberikan penghargaan kepada putr-putri yang telah mengharumkan bangsa. Terus berjuang ya Bu Clara!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s