Kentut Setelah Minum Susu

kentutAkhir-akhir ini saya selalu kentut dengan frekwensi yang tak terbendung setelah saya minum susu (terutama dari susu bubuk). Beberapa pencerahan menjawab bahwa ini disebabkan karena produksi asam dalam lambung saya yang cukup banyak, dan ini adalah indikasi bahwa saya menderita penyakit maag.

Kentut, sesuatu ganjil tapi merupakan salah satu anugerah yang tak ternilai dari Sang Pencipta. Tak bisa malah jadi penyakit. Sudah banyak orang yang rela mengeluarkan biaya ratusan juta untuk kesembuhan menghadirkan  sang kentut itu. Kentut memang fenomena tubuh yang aduhai. Tak seorangpun yang peduli jika kita menangis, sedih, dan tak ada yang memberikan kita perhatian jika kita sedang merasakan kebahagiaan. Tapi dengan kentut, seketika itu juga orang akan menoleh ke diri kita, dengan berbagai ekspresi wajah yang menunjukan rasa sebal terhadap kita. Aneh ya???

Lupakan tentang fenomena kentut. Sekarang ini saya sedang setia ditemani oleh sang kentut. Setelah rajin minum susu, efek pada tubuh/perut saya sungguh dahsyat. Kok, jadi malah suka kentut? Setelah gogling dan blogwalking, ada sedikit pencerahan kenapa hal ini terjadi, serta beberapa fakta tentang kentut:

1. Susu mengandung zat asam yang dikenal sebagai asam laktat atau asam susu.

2. Lambung sendiri memproduksi asam dari hasil pemrosesan makanan, khusus untuk penderita maag, produksi asam lambung lebih banyak ketimbang yang normal.

3. Asam-asam inilah yang menghasilkan gas yang terbentuk di dalam perut.

4. Komposisi kentut yaitu H2S (ini komposisi gas yang menimbulkan bau yang aduhai, plus merkaptan), CO2, Nitrogen, dan sedikit oksigen. Terdapat pula methana dan hidrogen (hasil metabolisme bakteri dalam usus).

Jadi, mungkin bisa disimpulkan kalau saya ternyata adalah penderita maag yang cukup kronis (dan memang demikian adanya). Lambung saya sudah tidak bisa mengontrol produksi asam, ditambah lagi konsumsi susu. Jadi, sebaiknya diterusin nggak ya minum susunya? Ah, ambil manfaat baiknya bagi tubuh saja deh. 4 sehat 5 sempurna katanya…

Oya, fakta-fakta yang lain tentang kentut bisa dibaca di sini.

Advertisements

4 thoughts on “Kentut Setelah Minum Susu

  1. Pingback: Hati-hati : Jangan Nge-gas sembarangan. | PersonField.web.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s