Facebook yang Semakin Fenomenal

Facebook memang makin hari makin kinclong dan makin fenomenal. Sudah terbukti situs jejaring ini dengan telak menggeser (atau malah menyingkirkan) pesona Friendster yang meranjingi para pecandu internet sebelum tahun 2005-an. Setiap hari saya melihat di kanan-kiri rekan kerja saya hampir sebagian besar -pada saat jam istirahat- mengakses Facebook. Data terakhir yang dilansir oleh facebook seperti dilansir http://www.checkfacebook.com, tercatat pengguna situs besutan Mark Zuckerberg ini mencapai angka 289.244.800 anggota (lebih dari seperempat miliar). Sangat fantastis untuk sebuah situs yang dibuat hanya selang empat tahun lampau. Amerika masih tetap menduduki peringkat pertama sebagai Negara dengan anggota facebook terbanyak, mencapai 80 juta pengguna. Sedangkan Indonesia, saat ini menduduki peringkat ketujuh dengan sekitar 9 juta pengguna.

Angka tersebut pasti akan terus bertambah, seiring dengan semakin mudah dan murahnya akses internet melalui ponsel. Cukup dengan ponsel yang memiliki akses GPRS, memiliki browser bawaan, atau ponsel berbasis Java, dengan menginstall Opera Mini, pengguna dengan mudah berselancar ke dunia maya. Dan faktanya, sebagian besar teman-teman saya menggunakan akses internet di ponsel untuk berselancar di dunia facebook. Mungkin satu-satunya situs yang masih bias menandingi facebook di Indonesia hanyalah detik.com.

Namun, di balik itu semua, kehadiran facebook sesertinya juga merubah pola hubungan sosial sekarang ini (meskipun tidak banyak yang seperti ini). Saya pernah memperhatikan ketika teman-teman saya yang sudah cukup lama tidak berjumpa, melakukan pertemuan, dengan ponselnya masing-masing mereka malah asyik bermain dengan keyboard ponsel mereka, obrolan terus berjalan dengan jarang bertatap muka, mata mereka malah terus tertuju pada layar ponselnya masing-masing. Hmm, nampaknya slogan Connecting People milik Nokia sudah beganti menjadi “Menjauhkan yang Dekat, Mendekatkan yang Jauh“.

Raksasa internet macam google, yahoo, Microsoft, nampaknya harus dengan serius melakukan upaya untuk membendung popularitas situs yang dibuat di sebuah kamar kos pada tahun 2004 ini. Jika lengah, bisa jadi facebook akan benar-benar merajai dunia maya di masa mendatang. Kita lihat saja.

Advertisements

6 thoughts on “Facebook yang Semakin Fenomenal

  1. dunia blogger gak akan ke geser oleh fb.. karena saya perhatikan teman fb banyak yg menggunakan fb sebagai sarana promosi mengenalkan blognya kpda teman2 fbnya.. dan akirnya mereka belajar ngeblog..

  2. sayangnya, security Facebook busuk sangat, trus saking full AJAX, dijamin pernah pada nyangkut di AJAXnya.

    buat bicara fenomenal, gw baru kali ini liat ada social networking yang dr neneknya ampe cucunya punya account!

  3. Kang Heru, trims udah mampir.. Ente mah ngomongin AJAX ma ane, ya kaga nyambung.. MAngkanya share dong ilmunya.. Ditunggu kiriman artikelnya.. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s