Alergi Obat, Apa Penyebabnya?

RedCrossHati-hati bila sahabat mengkonsumsi suatu obat, apalagi obat itu adalah obat “warungan”. Terutama untuk sahabat yang memiliki kelainan berupa alergi. Bisa-bisa, bukannya kesembuhan yang datang, malah makin membuat tubuh sahabat tersiksa akibat alergi yang sahabat derita. Alergi obat itu sebenarnnya apa sih? Penyakit atau bukan? Penyebabnya apa? Bisa disembuhkan tidak? Saya mengupas dari artikel diskusi di situs mediasehat.com. Semoga bermanfaat bagi sahabat.

Alergi adalah gejala hipersensitivitas tubuh terhadap zat-zat yang disebut allergen (zat yang memiliki daya alergi). Ada orang yang memiliki alergi secara umum, seperti alergi dingin, alergi debu, alergi tungau, alergi benang sari bunga, alergi bulu binatang, alergi obat antibiotic tertentu seperti amoksisilin, atau alergi makanan seperti seafood. Ada juga orang yang memiliki alergi spesifik, misalnya seperti istri saya, alergi parasetamol. Kalau yang dimaksud pertanyaan sayatentang penyebab alergi istri saya, kemungkinan itu adalah parasetamol. Tetapi kalau penyebab reaksi ini di tubuh, ada mekanisme yang masih belum jelas, mengapa tubuh seseorang bersifat reaktif terhadap suatu zat, yang pasti zat tersebut dipandangnya asing, walaupun buat tubuh orang lain itu adalah zat yang dikenali. Tetapi reaktivitas ini mengundang sel-sel darah putih (berisi antibodi tubuh kita) yang bertugas menjaga kekebalan tubuh untuk “menyerang” zat asing tersebut, akibatnya pembuluh darah melebar untuk mempermudah sel darah putih menyebar ke tubuh yang ada zat asingnya (tubuh jadi terlihat memerah), lalu sel darah putih akan menumpuk disana untuk menyerang dan “membasmi” zat asing tersebut (timbul bentol-bentol sampai bengkak).

Alergi sayangnya tidak dapat disembuhkan. Ini termasuk kategori kelainan, bukan penyakit. Memang ada pendapat dengan membombardir tubuh dengan zat asing tersebut lama kelamaan tubuh bisa “mengenali” zat asing tersebut dan tidak dianggap asing lagi (tidak membentuk antibody untuk zat tersebut). Namun hal tersebut terlalu riskan, karena reaksi alergi tidak hanya sampai gatal-gatal. Pada beberapa kasus, reaksi alergi berupa pelebaran pembuluh darah yang berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah turun secara drastis, yang bisa berujung pada kematian. Jadi langkah yang tepat adalah menghindari si penyebab alergi tersebut.

Disarankan, catatlah nama obat/merek obat yang terbukti menyebabkananda alergi, lalu catat juga kandungan zat aktifnya yang tertera di label. Apabila Anda butuh obat bebas, baca terlebih dahulu labelnya, apakah mengandung parasetamol. Langkah yang lebih tepat adalah anda berkonsultasi langsung ke dokter, bawa catatan Anda, dan dokter akan melakukan tes alergi pada Anda untuk mengetahui secara pasti, apakah penyebab alerginya, zat aktif atau pengisinya. Dan jika sudah ketahuan penyebabnya, beritahukan pada dokter tiap kali Anda berobat ke dokter untuk mencegah dokter memberi obat yang memancing alergi.

[http://mediasehat.com/tanyajawab439]

Advertisements

11 thoughts on “Alergi Obat, Apa Penyebabnya?

  1. Ma’af pak,sy mau nanya tentang penyakit istri saya.sekitar 2 bulan yg lalu istri saya mencoba minum obat batuk hitam yg ada di pasaran,tapi ga tahu kapan munculnya ada bercak putih di tangannya,dan makin lama tambah lebar sampai menyebar ke semua tangan.rasanya gatal lama kelamaan menjadi merah dan bersisik.apakah itu juga alergi?sekian terimakasih.

    • Kemungkinan besar se[ertinya memang alergi. Tapi itu berdasr pengalaman saja mbak (atau mas ya?). Karena saya pribadi bukan ahli farmasi atau dokter. Lebih baik periksakan saja ke dokter spesialis, dan untuk sementara hindari dahulu mengkonsumsi OBH itu.
      Alergi ini bawaan tubuh, dan tidak bisa disembuhkan. Jadi hanya bisa dihindari.

      Semoga membantu..

  2. thank to informasinya…sayapun alergi obat bos…tp kl istri bos rajin donor darah 3 bulan sekali alergi tsb akan tertangani…tdk ad salahnya dicoba…

  3. kalo saya alergi obat Paracetamol, dr kecil, setiap minum obat itu 5mnt kemudian badan sy lngsung gatal2,,,,,,,,,,di keranekan apa ya??smpe sekarang ,maka’a sy gx bs minum obat yg ada paracetamol’a….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s