Mandi Shower, Banyak Manfaatnya Loh…

showerPernah mandi dengan shower? Bagi sahabat yang memiliki fasilitas ini dirumahnya, atau bagi sahabat yang pernah menginap di hotel pasti pernah merasakan sensasi nyaman saat terkena cipratan air dari shower itu, bukan? Ternyata, secara ilmiah, mandi dengan shower, panas maupun dingin memliki manfaat-manfaat bagi tubuh kita dan bagi lingkungan. Apa sih manfaat mandi dengan shower?

  1. Menghemat penggunaan air. Dengan shower, volume air yang kita pakai akan secara maksimal kita manfaatkan untuk membilas tubuh. Jika dibandingkan dengan menggunakan gayung, cukup banyak air terbuang percuma.  Poinnya adalah, kita ikut berupaya menyelamtkan bumi dengan menghemat pemakaian air.
  2. Memberikan efek relaksasi bagi tubuh. Pancuran air yang jatuh ke tubuh terasa seperti pijatan dan mampu menghilangkan rasa capek karena terasa seperti dipijat. Sejumlah pakar pengobatan alternatif mengatakan, bahwa bersentuhan dengan air mancur, berjalan-jalan di sekitar air terjun, atau sungai dan taman dengan banyak pancuran, akan memperoleh khasiat ion-ion negatif. Ion-ion negatif yang timbul karena butiran-butiran air yang berbenturan itu bisa meredakan rasa sakit, menetralkan racun, memerangi penyakit, serta membantu menyerap dan memanfaatkan oksigen. Ion negatif dalam aliran darah akan mempercepat pengiriman oksigen ke dalam sel dan jaringan. Efek relaksasi akan sangat terasa kita dapatkan apalagi jika menggunakan air panas dengan suhu sekitar 37 Celcius. Tetapi harus diingat, bahwa uap panas justru dapat meningkatkan ion positif, maka bila kita mandi hendaknya menggunakan fan atau membuka jendela sehingga terjadi pertukaran udara. Oya, jangan lupa juga setelah mandi dengan air panas, diakhiri dengan bilasan air dingin. Karena saat terkena air panas, pori-pori kulit kita terbuka, jadi untuk menutupnya kembali dilakukan dengan bilasan air dingin.
  3. Untuk kecantikan kulit. Ini sih, manfaat buat para wanita.
  4. Melancarkan pernafasanShower dapat memberikan efek pijatan bagi wajah sehingga dapat melancarkan pernafasan. Untuk memperleh manfaat ini, hendaknya shower tidak diarahkan tegak lurus, namun dengan sudut kemiringan 60 derajat.

Jadi, beruntunglah sahabat yang di kamar mandi rumahnya terdapat fasilitas shower. Mandi ah… Syuur… (bukan ‘byuur’, kan pakai shower…).

[soekamti.com]
[rumahcantikcitra.co.id]

Advertisements

19 thoughts on “Mandi Shower, Banyak Manfaatnya Loh…

  1. lebih mangtabs lagi kalo mandi hujan2an. efeknyakan mirip shower.

    palagi berdua dg kekasih tercinta sepulang sekolah. basah, dingin, dan..
    ah.. memberi relaksasi. hehe..

    ooppss.. sori kang, ingat kenangan zaman SMA.

  2. jadi inget kata2 guruq dulu, kalo orang kota mandinya pake shower, tapi kalo orang desa plus jadul, mandinya pake siwur…byuuuurr buka syuuurr…

  3. Pingback: Berebut Air Bersih « Blog Asepsaiba

  4. Pingback: Berebut Air Bersih | asepsaiba.web.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s