Pemuda Idaman

GarudaDi hari yang ‘katanya ‘ bersejarah ini, saya pengen ikutan meramaikannya ah.. Hari Soempah Pemoeda, hari yang ‘katanya’, pemuda mengikrarkan diri untuk bersatu demi kemerdekaan Indonesia. Katanya lagi nih… Hari bersejarah ini juga menjadi bukti sejarah bahwa pemoeda mempunyai peranan penting dalam kemerdekaan. Tapi, saya tidak mau membahas lebih banyak tentang ‘hari bersejarah’ itu. Saya cuma kepingin meramaikan suasana hari ini dengan menghadirkan suatu tembang legendari dari kampung saya mengenai seorang pemoeda idaman..

Simak rangkaian syairnya…

Pemuda Idaman

Pemuda, pujaan dadi bayangan
Pemuda, pujaan dadi impian
Duh, kelingan ning matane
Duh, kelingan ning meseme
Pemuda pujaan dadi rebutan

Yen bli ketemu seminggu, hatiku rindu
Perasaan gemeter seluruh tubuh

Duh, pemuda pujaan dadi rebutan…

Sepenggal syair lagu tarling ‘Pemuda Idaman’. Lagu khas tarling aseli dari kampung saya Indramayu atau Dermayu (terjemahan sendiri aja ya… 🙂 )

Lagu itu saya dedikasikan di blog ini untuk ikut merenungi makna Hari Soempah Pemoeda. Saya tidak akan beropini tentang makna peringatan HSP, karena saya merasa sangat tidak berkompeten. Saya bukan ‘Pemuda Harapan Bangsa’, saya cuma ingin menjadi pemuda seperti dalam syair tarling di atas.. Menjadi.. Pemuda pujaan… 🙂

Catatan: Mau dengerin lagunya? Donlot mp3-nya tersedia banyak di google… (kata kunci: download mp3 tarling Pemuda Idaman)

Advertisements

21 thoughts on “Pemuda Idaman

  1. ciee.. makin rajin makin rame aja nih.

    hehe.. kirain tentang pemuda nasionalis bro. Pemuda idaman yang ini mah idaman para gadis. bukan idaman negara. di pikir masih nyambung sama tema tentang sumpah pemuda.

    Jadi inget ada lagi istilah pemuda zaman pergerakan dulu. ‘Pemuda Ponggol’. pemuda yang ikut2an aktif di pergerakan kemerdekaan cuma demi ‘ponggol’, makanan tradisional zama dulu, yang disediain gratis di dapur umum.

    Zaman sekarang juga masih banyak tuh pemuda ponggol. berjuang demi ponggol (uang). hehe..

    sukses bro..

  2. Hai kawula muda, kau punya gairah
    Hai kawula muda, kau punya tenaga
    Gunakanlah masa muda untuk bekerja
    Sebelum menjadi tua dan tak berdaya

    Hai kawula muda, kau punya semangat
    Hai kawula muda, kau punya keringat
    Kobarkan api juang mencegah maksiat
    Jangan kau selalu jadi sasaran nasihat

    Kalau masa muda selalu hura-hura
    Masa depan suram tak akan bahagia
    Kalau masa muda selalu foya-foya
    Masa depan susah tak ‘kan bisa jaya

    Kawula-kawula, kawula muda
    Kawula-kawula, kawula muda
    Kawula-kawula, kawula
    Kawula-kawula, kawula muda sadarlah

    Hai kawula muda, kau punya tantangan
    Hai kawula muda, kau punya harapan
    Dari itu janganlah kau berpangku tangan
    Singsingkan lengan baju raih kemenangan

    Hai kawula muda, kau punya potensi
    Hai kawula muda, kau punya kreasi
    Manfaatkanlah sebelum menyesal nanti
    Masa muda tak ‘kan pernah terulang lagi

    Kawula muda-rhoma irama….

    AYO ANAK MUDA…….

  3. Pingback: SOEMPAH BLOGGER INDONESIA | asepsaiba.web.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s