Blog Aing Kumaha Aing

freedomofspeechBlog saya terserah saya. Rumah saya terserah saya. Apapun yang saya lakukan di rumah saya terserah saya. Orang lain tak perlu ikut-ikutan mengaturnya. Karena, Blog aing kumaha aing.

Hmm.. Memang sih, setiap orang berhak berbuat apapun atas dirinya sendiri. Tangungjawabnya sendiri. Tapi, bukankah ini tidak lantas membuatnya lepas kendali? Ada kontrol moral yang harus tetap kita pegang untuk tidak membuat kebebasan itu jadi kebablasan.

Blog, situs jejaring, email memang sudah menjadi ruang publik yang semakin diminati. Sarana ini merupakan ruang yang tak terbatas untuk mencurahkan segala macam pemikirandan sangat mendukung gerakan freedom of speech, atau kebebasan berbicara dan berpendapat.

Tapi hati-hati sahabat, sudah banyak kita baca di media mengenai penangkapan para facebooker dan blogger akibat tulisan yang mereka buat. Di Amerika saja, pada tahun 2007 ditangkap 36 blogger akibat pendapat mereka tentang pembombangkaran kasus HAM. Belum terhitung lagi, berita di detikcom tentang facebooker yang terjaring kasus hukum, seperti kasus Evan yang masih hangat.

Jadi, lebih baik bersikap bijak sebelum kita menulis sesuatu, meskipun itu di blog kita sendiri (ini saya lagi ngingetin diri sendiri). Tapi, tentunya tidak mengurangi niat untuk mengemukakan isi pendapat dan opini kita. Ingat, kebebasan jangan sampai jadi kebablasan.

Advertisements

63 thoughts on “Blog Aing Kumaha Aing

  1. oOo…ente orang sunda toh, hehehe, baru tau saya…

    hemm, di INa masih banyak sekali celah ttg dunia maya…klo mau dihutung, berapa banyak konten porno, kekerasan, penghinaan dll, masih banyak sekali, hehe….dan kembali lg ke tujuan terjun ke dunia maya bro (fb, plurk, blog dll), semoga visi tujuan itu bisa mengingatkan utk hati2 dalam menulis atau memberikan komentar 😀

    • Dari nick name udah ketauan kali mas.. 😀

      Correct, di Indonesia memang belum seketat di negeri sono, mungkin para pemerhati media juga sudah terlalu pusing mikirin berita korupsi dimana2.. 🙂

  2. Yup, setuju bgt Kang.. meskipun blog punya sendiri, tulisan ditulis sendiri tetapi ka dibaca dan diperhatikan orang lain. Kalo sampai tidak mengenakkan bagi pembacanya kan bisa berakibat yg tdk baik juga buat kita.. Salam

    • Usahakan sih tidak menyakiti perasaan orang lain ya mas… Kritik dan protes bagus untuk saling mengingatkan, tapi usahain sih dengan bahasa yang sopan.. 🙂

  3. Bloghicking pagi-pagi.
    Mengunjungi para sahabat,
    siapa tahu ada suguhan hangat.
    Meski datangnya telat,
    jangan didamprat.
    Yang penting semangat!
    Ok, sobat?

    jangan lupa; GO GREEN

  4. masih banyak yang salah kaprah kok mas. penempatan sesuatu pada porsinya, mungkin akan membuat kita hati-hati. sebetulnya saya sering mengkritik habis kebijakan pemerintah yang menurut saya tidak berpihak pada kepentingan rakyat. kritik habis kalau di lihat dari kacamata buram, maka bisa di nilai itu menjelekkan, mencemarkan nama baik. tai tidak, dalam konteks ini harus di posisikan sebagai kontrol kebijakan dari masyarakat. salah satunya melalui tulisan di blog.

    nggak nyambung ya mas?, ya di sambung2in saja ya … 😆

  5. Seharusnya emang gitu kang, Blog aing kumaha aing, blog maneh kumaha manehlah. Tapi sekarang ini mah perasaan saya gak bisa bebas menuliskan apa yang kita inginkan apalagi yang menyangkut pamarintahan / kenegaraan. Ya mungkin prinsip kebebasan yang bertanggung jawablah,

  6. kata menkominfo yg baru “orang gak bakalan dipenjara gara2 ngeblog”
    Mana link back blog saia bang?
    Kok gak ada?

    • Hapunten pisan.. Saia pgn pisan datang, tapi kebetulan waktu nya bareng sama ‘nganter sodara ke haji, jadi kudu pulkam deh.. \Next kopdar @ BoQuare, kang Achoey dateng, wright?

  7. Iyap, setujuh banget. Blog urang nu nyieun urang nu sakadaek we ngeusina *wow kasar sekali sundana? :p

    btw salam kenal ya kang.. dari juniormu ini 🙂

  8. akupun awalnya punya idealisme mengungkap sesuatu apa yang aku lihat aku dengar dan rasakan namun seorang aparat telah mengingatkanku dengan sedikit tekanan kepadaku. Dan awalnya ada yang perlu diungkap di permukaan kedalam dunia maya untuk kisah2 klasik di kawasan sekitar bogor dan sekitarnya namun akhirnya niat itu sekarang macet bukan karena takut tapi akhirnya kadang perlu kata yang tepat diungkap dalam kata-kata. untuk itu terkadang tulisanku ada pesan secara tersembunyi untuk pihak2 tertentu. dan warning didunia maya. dan warning itu akhirnya terjadi aku tak perlu mengekpose di sini. namun bila ada penulis yang cermat maka ada beberapa yang bisa di cerna. warning itu terjadi . kalau ini meyebar aku kawatir blog aku akan aku tutup.

    maaf bila harus jujur

    • Tapi ungkapkan suatu kebenaran walau sepahit apapun… (tapi, ini masih belum berlaku bagi saya pribadi kang…). Semoga anda bisa mengungkapkannya dengan kata2 yang tepat ya.. Sukses!

  9. ya mungkin banyak yang ngambil sikap masa bodoh, tapi semua kembali kepada hati kita, tapi sebaiknya kebenaran yang ingin kita ungkap pastinya akan da pengorbanan jika kita mau…

    so kumaha aink bae lah nge blog mah hahahahahah

  10. Pingback: Antara Saya dan Aku « Blog Asepsaiba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s