Sup Ayam, Obat Flu Andalan

Seharian di kantor badan teras pegal-pegal, linu di sekujur tulang diiringi dengan flu, pilek, dan tenggorokan agak nyeri.

Oh ya, saya inget, virus penyebeb influensa juga menyerang persenidan tulang. Jadi, jika kita terserang flu, salah satu gejalanya adalah persendian tulang akan terasa linu, pegal-pehal seperti habis melakukan pekerjaan berat. Sekarang-sekarang ini cuaca makin tidak menentu, sudah tidak kita kenal lagi yang namanya musim pancaroba. Setiap hari seolah pancaroba. Siang bisa saja panas sangat terik, tapi bisa dengan tiba-tiba turun hujan deras.

Klinik jadi target utama hari itu, tapi apa daya di hari itu klinik sedang tidak buka/praktik. Hmm, jadilah seharian menahan flu plus batuk. Tapi, yang paling menyiksa sebenarnya ya nyeri sendi itu.

Segera saja sebelum siang menjelang, saya kabari istri tersayang, “Istriku, nanti masak sup ayam ya… Ayah kena flu nih”.

“Baik kakanda…”, istriku menjawab (halah, kayak dongeng).

Lantas, apa hubungannya sakit flu dengan sup ayam?

Ternyata, sup ayam cukup berkhasiat untuk menyembuhkan flu, selain minum yang banyak. Kandungan protein, niacin, vitamin B6, dan fosfor yang terkandung dalam racikan sup ayam bagus untuk memulihkan stamina dan kekebalan tubuh. Sup ayam juga sangat membantu kadar cairan dalam tubuh.

Selain untuk menyembuhkan flu, dada ayam yang dibuat sup juga mengandung kolagen protein dengan khasiat serupa ACE inhibitor- obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

Sajian sup ayam panas-panas, dengan minum teh tawar hangat, apalagi disuguhkan dengan bumbu cinta, memang sangat mujarab sebagai obat penyembuh flu saya. Hasilnya, keesokan harinya saya sudah segar bugar, tanpa perlu mengkonsumsi obat apapun.

[sumber gambar: finestchef.com]

36 thoughts on “Sup Ayam, Obat Flu Andalan

  1. Kapan-kapan kalo gua pilek, pesan sup ayam nya ya……. he he he
    BTW, itu sup biar mantap ditambahin dikit ma merica bubuk, wuiiiih tambah nyonyor dah bibir…

    • Saya yakin masing2 memiliki khasiatnya.. Untuk dua daging itu, yang saya agak sedikit tahu yaitu daging kambing.. Daging ini bisa meningkatkan gairah s…..l Hmmm… (kajian ilmiahnya saya nda tahu.. 🙂 )

  2. ehm, seger amat mas kelihatannya, masakan berkuah itu kesukaan saya mas. kalau nggak ada kuahnya nggak marem makannya, apalagi sup…uih wajib ada sambelnya.

    • wah………!!! sup ayam memang obat yang manjur …….!!! banget karna sup ayam adalah makanan favorit ku lho….!

  3. yup, yang panas mak nyos,,,, uenak, bikin badan jadi keringetan, kalo gak ada sup ayam, biasanya saya bikin mi instant aja, trus sruputtt deh 😀 , hehehe

  4. Salam senyum dari saya
    terimakasih banyak atas tulisannya, semoga bermanfaat untuk kita smua yang membacanya, dan menambah pengetahuan kita semua, sekilahnya bisa saling silaturahmi, silahkan kunjung ke blog saya. terimakasih

Leave a Reply

