Bawa Tas Belanjaan Sendiri, Yuk!

Seperti biasa, rutinitas di awal bulan adalah menemani istri tercinta belanja keperluan sehari-hari selama sebulan ke depan.

Kali ini, tak lupa kami bawa wadah sendir untuk belanjaan. Itung-itung menghemat penggunaan plastik, bukan?


Ini bawa sendiri loh..

Hal kecil dan sepele itu jika dilakukan oleh banyak orang, pasti akan memberi kontribusi yang cukup berarti. Bayangkan, jika setiap orang yang belanja hanya menggunakan satu wadah besar yang dia bawa sendir, tentu akan menghemat penggunaan plastik, yang kita semua tahu pembuatan plastik melalui proses industri berpolusi, selain itu plastik pun sangat sulit akan menjadi limbah yang sulit diurai mikroba. Coba bayangkan jika plastik-plastik itu tertimbun dan saling menumpuk dalam tanah, dapat dipastikan daya resap air ke dalam tanah makin berkurang. Maka tak heran jika banjir menjadi sahabat sejati kita ketika musim hujan datang.

Jangan cuma bersimpati terhadap dampak pemanasan global saja, tanpa ikut melakukan sesuatu untuk mencegahnya. Saya salut dengan sebuah hipermarket yang berlokasi dekat rumah saya, di Perumahan Taman Yasmin Bogor rupanya  sudah terbilang cukup peduli sama isu pemanasan global. Coba lihat himbauan melaui poster berikut:

Ajakan hemat plastik

Jika belanjaan kita banyak, mintalah kardus untuk menggantikan pemakaian plastik. Tapi, kadang si pelayan tidak mau repot mencarikan kardus, jadi ya himbauan tersebut kadang terasa percuma saja.

Ayo, bersahabatlah dengan bumi. Lakukan hal kecil, sesepele apapun untuk memperpanjang usia bumi kita. Jika tidak, jangan-jangan ancaman di film 2012 jadi kenyataan.. Hii…

Advertisements

37 thoughts on “Bawa Tas Belanjaan Sendiri, Yuk!

  1. Saya gak perlu lakukan itu Mas. Lha wong belanjanya saja masih dibelikan.
    *Segera nyari istri untuk temani belanja, mumpung masih awal bulan*
    :mrgreen:
    Hmmm…
    Iya, sepakat. Mesti adakan perubahan, sedikit apapun itu jika dilakukan secara kontinyu pasti akan memberi kontribusi bagi bumi kita.

  2. (maaf) izin mengamankan KELIMAAAAXXXZ dulu. Boleh kan?!
    Tindakan sepele namun membawa manfaat yang besar bagi lingkungan. Mengingat sampah plastik yang semakin menumpuk. Padahal plastik sangat sulit didaur ulang oleh tanah.
    Go Green!!

  3. owh… saya udah melakukan hal ini dari beberapa tahun yg lalu *meski kadang pernah juga lupa bawa kantong sendiri pas belanja 😀 *
    btw, katanya plastik dari i***mart itu biodegredable ya? bener ga sih? blom pernah nyoba tuh…

    @Shiro : kalo cuman sedikt iya, ditenteng aja… 🙂

  4. Mas Asep sudah beristrei toh….
    Plastik seperti sudah menjadi bagian hidup keseharian mas, jadi butuh waktu yang lama untuk berkesadaran menghindarinya…..

    Indonesia gitu…. 😆

  5. kreatif juga tuh idenya, tapi aq sendiri blom bisa kek gtu jeh kang…, emang keknya plastik sudah jadi bagian hidup dr masyarakat qta… coba pihak swalayannya inisiatif adakan tas belanja khusus buat para pelanggannya..hehe..

  6. Salam Takzim
    Iya juga ya, lagian dengan bawa tas sendiri semua bisa masuk tanpa harus 2 atau 3 plastik, Terimakasih kang idenya nanti saya coba diskusikan sama istri
    Salam Takzim Batavusqu

  7. Pacar saya waktu balik dari Ostrali suka bawa tas sendiri kalo belanja di supermarket, tapi justru mbak2 kasirnya sering ngetawain. Keknya yg juga perlu diedukasi tuh justru pelayan supermarketnya deh, Kang…

  8. Pingback: Bogor Tidak Dingin Lagi « Asepsaiba's Blog

  9. Pingback: Satu Jam (Saja) untuk Bumi Kita « Blog Asepsaiba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s