SEA Games yang Terlupakan

Sumpah! Saya baru tahu kalau bulan ini penyelenggaraan SEA Games digelar. Dan ternyata sudah menginjak event yang ke-25. SEA Games kali ini digelar di Laos, 9-18 Desember 2009.  Malah sibuk menelaah peta persaingan Piala Dunia yang notabene masih enam bulan lagi. Yang dekat malah ‘nggak dilirik.. 🙂

Entah, saya yang ketinggalan berita, tidak peduli berita semacam ini, atau memang sudah tidak ada lagi euforia event olahraga semacam ini… Bandingkan dengan ketika kita di masa-masa kecil hingga remaja dulu (medio 90-an). Sepertinya sangat beda nuansanya.

Dulu, stasiun TV (waktu itu memang cuma ada TVRI) sangat getol menayangkan perhelatan-perhelatan semacam ini. SEA Games, Asian Games, hingga Olimpiade, akan diliput secara eksklusif dari mulai upacara pembukaan hingga penutupan lengkap dengan siaran0siaran langsung pertandingannya. saya masih ingat, pertandingan favorit saya selain bulutangkis adalah renang, karena begitu banyak nomor yang dilombakan.

Sekarang? Sepertinya tidak akan ada stasiun TV yang menayangkan perhelatan ini, terutama untuk pertandingan langsung. Kenapa tidak seperti waktu dulu ya? Padahal, evolusi media massa saat ini sedemikian gencarnya. Masih beruntung, media bacaan (koran dan internet) masih ada yang memuatnya. Tapi, tentu berbeda jika setiap event yang dipertandingkan di siarkan di TV, bukan? Dari segi bisnis pertelevisian, dalam benak mereka, mungkin tontonan ini tidak memberikan keuntungan yang menarik. Lebih untung menayangkan “Take Him Out”… 🙂

Ah, saya jadi geleng-geleng kepala sendiri ketika baru tersadar kalu bulan ini ada perlhelatan SEA Games di Laos.. Hehe..

Garuda di dadaku…, Garuda, kebanggaanku…, Kuyakin, hari ini pasti menang….

Selamat bertanding duta bangsaku, kobarkan semangat kalian. Kami mendukungmu, meski hanya dalam doa…

Catatan, di tahun 2007 Indonesia hanya berada di posisi 4 dengan raihan 56 emas, 64 perak, dan 83 perunggu. Saya dengar, tahun ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Indonesia tidak menargetkan menjadi juara umum (lagi). Hmm, payah.. Kok semakin menurun sih?

Official website SEA GAmes Laos : http://www.laoseagames2009.com

Advertisements

55 thoughts on “SEA Games yang Terlupakan

  1. jadul…aq paling seneng nonton yg kek ginian di TVRI, jadul… indonesia adalah bangsa yang jaya di mata dunia…, jadul… indonesia selalu mendapatkan emas terbanyak dan selalu di urutan teratas…itu semua jadul…
    dan sekarang gimana???????? ayo…bangkit doooonk!!

  2. ya… I missed Indonesia yang dulu…

    [kunjungan balasan untuk jalinan silaturahmi]
    soal banner link, nanti ya, sabar, saya masih agak ribet ama kerjaan kantor
    😀

  3. Gregetnya SEA GAMES ato kejuaraan lainnya kalah pamor ama kejuaraan Cicak VS Buaya.
    Tapi untunglah masih ada mereka2 yang berjuang di SEA GAMES, terimakasih sobat kudoakan kau berjaya disana.

    Selamat Berjoeng !!!

  4. RRI siarin gak ya???

    Tmbahan :
    Kmaren Timnas sepakbola U23 kita kalah 0-2 lwn Laos. Tahun depan apa mungkin Timor Leste yg giliran ngalahin kita??? Huh, cape deh…
    Tp papun yg trjadi, HIDUP INDONESIA lah..!!

  5. Indonesia sudah tak bisa lagi dikatakan sebagai raja di Asia Tenggara. Dalam beberapa even lalu posisinya tak mampu lagi bertahan di tempat teratas.

    Mana yang salah nih… pembinaannya, atletnya atau pemerintah. Ah, entahlah…

  6. Waduh…kok bisa ketinggalan info gini??? Apa ini karena gak ada stasiun TV yg nyiarin langsung acara SEA games jd pada lupa??? Mungkin jg stasiun TV ga ada yg mau nyiarin krn Indonesia akhir2 ini sering gak punya taji di SEA Games.

  7. Baru tadi juga liat di Tipi, halah …
    Biasanya gak sempat nengok, infonya tentang KORUPSI melulu!
    Malah males ngurusin semua, mending jadi ego dengan sama sekali gak ngeliat urusan gak jelasnya orang gede di negara.
    Moga-moga bisa menang lagi di SEA Games!
    🙂

  8. Sumpah kang saya baru tahu juga, itupun dari blog ini kang. Perasaan di sekitar saya gak ada yang ngomongin soal sea games deh, apalagi di TV-TV sibuk soal century, dkk seperjuangannya.

  9. Kalau harus tunjuk pihak yang kurang peduli ya: (1) pemerintah via KONI/PSSI dan (2) media, terutama televisi (swasta). Pemerintah kurang getol memacu prestasi olahraga, sedangkan televisi pilih-pilih materi yang menguntungkan secara finansial saja. Seperti sedikit disinggung Asep, kita jadinya lebih ngeh pada gelaran Piala Dunia yang masih jauh daripada SEA Games.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s