SHE is FUN

Hari ini, 12 Desember 2009, sedari pagi sampai sore, bertempat di SICC (Sentul International Convention Center), kumpeni tempat saya gawe mengadakan perhelatan yang terbilang cukup akbar. Perhelatan tentang makna pentingnya K3PL (Keselamatan dan Kesehatan Kerja, serta Perlindungan Lingkungan) atau dalama bahasa sono-nya HSE (Healt, Safety, and Environment).

Alhamdulillah, kumpeni tempat saya gawe sudah mulai concern tentang tema ini. Terutama adalah komitmen dari manajemen atas. Ya, meskipun selazimnya HSE harus timbul dari niat sendiri, namun dalam suatu organisasi perusahaan, peran top management sangat berarti dalam pelaksanaan HSE.

HSE Day. Kami menyebut hari ini seperti itu. Temanya adalah SHE is FUN. Tema ini mengandung makna bahwa HSE itu sebenarnya adalah sesuatu yang menyenangkan dan jangan menjadi beban, karena selayaknya sebuah celana, HSE harus dianggap sebagai kebutuhan bagi setiap pegawai. FUN, merupakan kependekan dari kata-kata: Focus, Unity, eNergetic. Fokus pada tujuan yang sama, yaitu “Zero Accident”, yang dikerjakan dalam semangat kebersamaan (Unity), dengan  seluruh potensi diri yang ada (eNergetic).

Di hari ini, kami tidak hanya bersenang-senang, having fun, maupun gembira ketika bertemu dengan rekan kerja dari wilayah lain. Namun, di balik itu, ada esensi yang dapat dipetik, yaitu bahwa dengan semangat kebersamaan, kami bertekad untuk menjadi kumpeni kelas dunia yang diakuiselain dari segi kinerja, juga dari sisi kepedulian terhadap HSE, dan menetapkan target zero accidet untuk rentang waktu yang panjang.

Tapi yang membuat saya paling, paling, paling berkesan adalah: saya menang di lomba pembuatan slogan. Ya kawan, saya menjadi salah satu pemenangnya. Hahay… alangkah gembiranya. Bukan hanya hadiahnya saja yang membuat hati sumringah. Namun, adanya apresiasi dari pakar yang berkompeten (jurinya dari konsultan HSE loh…) tentang kreativitas yang telah saya ciptakan 😀 .

Tidak ada sesuatu yang rahasia dari HSE. Beda dengan hal lain di suatu perusahaan, seperti marketing, produksi, HRD, atau lainnya. Pengamalan HSE harus bisa dibagikan kepada yang lain. Meskipun kepada perusahaan sejenis. Karena dengan berbagi ilmu tentang HSE, maka -seperti seorang ustadz- kita sudah berbagi ilmu yang berguna bagi yang lain. Nah, oleh-oleh dari acara HSE DAY kumpeni saya ini, saya ingin berbagi beberapa poin komitmen kami sebagai pegawai untuk menjalankan perilaku yang peduli HSE, antara lain:

  • Berjalan (tidak lari) di area kantor
  • Memegang handrail dan satu langkah setiap saat menggunakan tenaga
  • Waspada terhadap lantai yang licin dan tidak rata
  • Menggunakan alasa kaki yang baik dan memiliki sol sepatu yang tidak licin
  • Menjaga area kerja bebas dari bahaya (penempatan furnitur dan penyimpanan barang yang benar)
  • Waspada akan bahaya dari perlatan kerja yang digunakan
  • Perhatikan area-area yang tidak terlihat (blind spot)
  • Evakuasi segera mungkin apabila mendengar alarm dan mengetahui di mana jalan keluar dan tabung pemadam terdekat
  • Menjaga postur yang ergonomik dan mengikuti teknik pengangkatan yang baik
  • Menggunakan safety belt di dalam kendaraan
  • Tidak menelpon / mengangkat telpon ketika mengemudi

Semoga saya selalu ingat tentang komitmen saya untuk menerapkan semangat HSE dalam keseharian saya gawe. Poin-poin di atas hanyalah sebagian contoh kecil di keseharian kita, bukan? Tentunya masih sangat banyak kegiatan di keseharian kita yang bersinggungan dengan HSE itu.

Do The BeST (BE Safe Today) !

Advertisements

17 thoughts on “SHE is FUN

  1. waduh duh duh duuuh… gapteeek mang gak ngerti. ini bukan bidang saya. ini tak pernah terlintas di benak saya hehe gak mudeng. ya dah salam dingin2 hangat panyaaas

  2. Pingback: Safety Contact, Berbagi Pengalaman « Blog Asepsaiba

  3. Pingback: PGN SBU1 Peduli Bencana Merapi « Blog Asepsaiba

  4. Pingback: Safety Contact | Berbagi Pengalaman | asepsaiba.web.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s