Saibasphere… Makin Dekat dengan Sohiblog

Blogwalking tidak terlepas dari kehidupan seorang blogger. Tanpa blogwalking akan terasa hambar. Karena dengan blogwalking, akan tumbuh jalinan persohiblogan yang erat antara sesama blogger, meskipun tak pernah bertatap muka. Kalau kata Om Wiki, blogwalking adalah aktivitas dimana para blogger meninggalkan link di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar.

Akan lebih afdol lagi, blogwalking dilakukan pada kunjungan pertamax pada setiap tulisan sohiblog. Anda pasti kenal dengan sang raja pertamax? Siapa lagi kalau bukan Kang Alamendah. Anda pasti bisa seperti beliau, yang acap kali meninggalkan jejak pertamax-nya di tulisan-tulisan saya (atau mungkin pada tulisan anda juga?). Caranya mudah saja kok. Buatlah agregator blog.

Tips ini saya peroleh dari tulisannya kang Dhodie. Dengan membuat agregator blog di blogspot, saat ini sudah hampir 100 blog yang ada pada agregator blog yang saya beri nama saibasphere. Lewat agregator tersebut, saya merasa lebih dekat dengan sahabat-sahabat blogger. Postingan akan otomatis terindeks pada posisi teratas jika rajin-rajin menulis di blog. Dengan saibasphere pula, update isu-isu terbaru saya peroleh ketika tak sempat melihat berita. Dengan saibasphere, saya merasa semakin terpacu untuk terus menulis.

Cara simpel dan mudah membuat agregator blog dapat sahabat baca di sini. Sebenarnya bukan hanya di blogspot saja tips ini dapat diterapkan. Namun, dari beberapa percobaan saya, lewat blogspot dapat dilakukan dengan relatif lebih mudah.

Oya, jika ingin link blog sahabat ada dalam saibasphere, tulis di komentar aja ya…

*Credit to Kang Dhodie.

10 thoughts on “Saibasphere… Makin Dekat dengan Sohiblog

  1. (maaf) izin mengamankan KELIMAAAXXXZ dulu. Boleh kan?!
    Meskipun gak jadi yang pertamax tapi kunjngan kali ini bikin seneng saya juga karna nama saya ikut kesebut-sebut. Tips yang oke punya, Kang

  2. Eh ada nama saya hehe.. persahabatan blogger emang nggak ada duanya. Terasa dekat meski belum pernah bertatap muka. Dahsyat! *minjem kata ajaibnya Kang Achoey* 😆

  3. saibaspherenya di blogspot ya kang… aq agak trauma kalau di blogger tuh, komennya susah, tapi ntar aq coba meluncur ke lokasi dech

Leave a Reply

