Jangan Tiru Robin Hood!

Untuk sesuatu yang sangat dicitakan dan diimpikan, manusia pasti akan berbuat apapaun untuk mencapainya. Tidak peduli siang-malam, kuras tenaga, peras keringat, banting tulang. Tapi hakikatnya, hanya ada dua jalan untuk menggapainya. Benar atau salah. Tinggal terserah kita pilih yang mana.

Sesuatu yang dijalankan dengan benar, tepat, dan sesuai rencana pasti akan disusul oleh suatu keberhasilan. Meskipun itu dilakukan dengan perjuangan yang meguras keringat dan tenaga, namun dilakukan dengan penuh keikhlasan dan penyerahan diri ke hadirat-Nya, memasrahkan keputusan teringgi hanya berhak ditentukan oleh-Nya, akan menimbulkan nuansa jiwa bening yang siap atas segala kemungkinan. Bahkan yang buruk sekalipun. Semuanya bermuara pada pengabdian kepada-Nya. Hanya untuk mengharap ridho-Nya.

Bandingkan dengan jika melalui proses yang salah, melakukan apapun, tak peduli itu di luar kaidah kepatutan dan nurani, hasil yang diperoleh memang sesua keinginan, tapi percayalah, di dalam batinnya ada secuil rasa penyesalan. Dan secuil penyesalan itu akan dapat membenamkan kegembiraan atas keberhasilan yang dicapai. Entah saat itu juga, sejam kemudian, sehari kemudian, atau bahkan bertahun kemudian.

Tokoh legenda fiktif Robin Hood mengajarkan kita sesuatu yang keliru. Misinya adalah baik, mengayomi sahabat-sahabatnya yang tertindas dan lemah. Tapi dengan cara yang salah. Mencuri dan merampok harta yang bukan haknya. Berbuat salah untuk sesuatu yang benar. Tentu saja itu akan mencederai makna kebenaran itu.

Allah pasti menunjukkan jalan yang benar untuk segala tujuan kebenaran. Namun, hanya jiwa yang bijak yang dapat menentukan jalan mana yang dipilih. Ketenangan batin akan senantiasa dirasa, apapun hasil yang dicapai.

*Gambar diambil dari sini.

Advertisements

27 thoughts on “Jangan Tiru Robin Hood!

  1. hihihi. kalau konotasi mencuri jelek ya. tapi kalau diputar balikkan katanya jadi gini gimana ya? Robin hood mengambil hak-hak orang miskin dari orang kaya hahahha

  2. bener….bener… niat yang baik tapi caranya salah ya sama ajah boong, gak berkah ntar… niat baik hrs juga dg cara yg baik dan diridhaiNya… mantaabbbzz kang…^^

  3. Subhanallah…..melalui komentar ini kami mengajak sahabat untuk bergabung di aggregasi web kami,cukup memasang banner kami,insya Allah setiap sahabat posting terbaru akan muncul di web kami..syukran

    • Saya masih merasa belum mampu untuk jadi aggregator pesonamuslim… Tapi akan saya blogroll link pesonamuslim.. Soalnya bagus banget.. Trims udah nengok..

  4. Kaidah yg suka salah di pakai: innama ‘amalu bin niyyat … Segala sesuatu bergantung niat …. Padahal … Niat yg baik pun harus dibarengi dengan tata cara yg baik … Postingan yg mencerahkan … Saya mah niru semangat peduli sesamanya saja ^_^

  5. tadina aku pen ikutin carana robin hood loch kan9 asep 😀
    jadi amvia banks,trus ba9i2 ke kaum dhuafa.

    tapi nda jadi,itukan dosa ju9a ehhe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s