Telepon Dongeng


Ada yang menarik ketika saya berkunjung ke area Istana Anak-anak TMII, saya menemui satu ruang penuh dengan kotak-kotak mirip telepon umum dengan bebagai warna dan bergambar tentang cerita tradisional kedaerahan di Indonesia. Dengan koin yang dapat dibeli seharga Rp 3.000,-, pengunjung bisa mendengarkan cerita yang bisa didegarkan lewat earphone yang lebih mirip telepon umum koin. Ide yang cukup kreatif ditengah gempuran film-film kartun di TV. Saya termasuk beruntung, ketika kecil dulu masih sempat mendengarkan dongengan yang dibawakan oleh ayah, paman, atau kakek saya. Yang terfavorit tentu saja dongeng tentang kancil dan buaya. Jaman sekarang, saya tidak tahu apakah tradisi itu masih banyak yang melakukan atau tidak. Saya sendiri masih terus belajar menjadi pendongeng yang baik bagi anak saya.

34 thoughts on “Telepon Dongeng

  1. Sayang, saya tidak sempat untuk mencicipi indahnya untaian kata yang mengalir mendongengkan cerita-cerita asli Indonesia itu… Lain kesempatan wajib dicoba.

  2. weh? jadi masuk ke situ trus milih judul ceritanya gitu ya pak? wah3x boleh juga tuh hehe. btw blognya udah saya masukkan ke blogroll. 🙂

  3. 3.000,- untuk berapa menit ?
    abang aji masih sering saya dongengi saat akan tidur di malam hari. ceritanya saya ambil dari hasil baca-baca blog……..

  4. kapan kapan berdon9en9 untukku yah ?

    tapi jan9an crita kancil dan buaya,uda bosen yan9 laen ajah hehehe..

    *aku belum pernah ke TMII :oops:*

  5. menarik juga… cerita2 rakyat indo udah kek barang langka bagi anak2 kita zaman ini, meski di sekolah diajarkan di mapel bahasa indo, tapi ya tetep kurang ada bekasnya… ^^

    • Setuju mas.. Tapi, apapun, ini jadi upaya kecil untuk melestarikan cerita rakyat yang nyaris punah digantikan sinetron dan kontes-kontes jadi artis…

  6. Salam super-
    Salam hangat dari pulau Bali-
    saya rasa uga dongeng masih perlu,
    apalagi berkaitan dengan menanamkan motivasi kepada anak-anak agar menjadi lebih baik dan lebih rajin.

Leave a Reply

