Waspadai Sindrom Senin!

Tulisan ini membahas tentang hari Senin, tapi ditulis bukan pada hari Senin 🙂

Pernahkah anda mendengar tentang Sindrom Senin? Saya rasa, kita semua pasti pernah terkena sindrom ini. Terutama bagi sahabat yang ‘terjerumus’ dalam rutinitas dunia perkantoran, termasuk saya.. :). Beberapa gejala sindrom ini diantaranya bangun kesiangan, malas mandi pagi, kepala pusing, badan terasa lemas, uring-uringan, ketinggalan kereta (nah, yang ini saya seperti jadi hobi nih:) ), salah pakai baju, sakit perut, terlambat atau bahkan tidak masuk kantor.

Dan ternyata, satu hal yang patut diwaspadai, ternyata gejala-gejala ini terjadi tidak hanya di hari Senin saja. Terkadang, di hari-hari lain gejala-gejala itu muncul tanpa penyebab yang jelas. Waspadalah, jika ini tejadi pada diri anda, maka anda sudah terkena Sindrom Senin pada stadium akut! Ini adalah tanda bahwa anda sudaha bosan kerja di kantor.

Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk menghentikan serangan sindrom ini? Hal pertama yang wajib dilakukan adalah bersyukur. Jangan lupa, segala pencapain yang sudah kita peroleh, sedikitpun tidak terlepas dari campur tangan Allah Sang Maha Pemberi segala hal. Dengan bersyukur, maka kita akan diingatkan kembali bahwa pada hakikatnya pekerjaan itu adalah salah satu sarana untuk mengabdi pada-Nya.

Selanjutnya, cobalah untuk membuat daftar hal-hal yang disukai dari pekerjaan anda, SELAIN GAJI. Bisa suasana kantor, rekan kerja, bahkan menu makanan kantin, pokonya apa saja yang bisa menyenangkan hati anda. Cara ini terbukti cukup ampuh untuk menghilangkan Sindrom Senin.

Masih merasa BOSAN juga? Berarti sudah saatnya anda bergerak mencari pekerjaan lain atau mungkin peluang usaha untuk memulai bisnis anda sendiri. Sangat penting bagi anda untuk bertindak secepatnya karena Sindrom Senin yang berkepanjangan bisa menurunkan prestasi kerja dan akhirnya….PHK mendadak. Waspadalah! 🙂

*Diadaptasi dari berbagai sumber; Gambar diambil dari sini.

Advertisements

48 thoughts on “Waspadai Sindrom Senin!

  1. Duluuu … Saat menjadi orang gajian beberapa kali pernah terjangkit virus ini … Penyebab utamanya adalah tidak rela melepas anak … Sekarang mungkin sudah bergeser ke syndrom awal bulan 😀 waktu dimana harus mengeluarkan cost besar buat gaji karyawan 😀

    Sepertinya pertamax kah?? 😀

  2. kek istilah i hate monday ya kang?? paling susah kalu habis libur terus suruh kerja OR sekolah, dulu sempat menghinggapi waktu masa2 sekolah, kalau kerja,kok biasa2 saja yaa?? bawaannya ngantor mlulu… ^^

  3. Saya nda pernah suka Senin, tapi koq selalu ketemu hari Senin yah? *mbingungi*

    Hehehe yang paling kerasa kalo hari senin teh hari paling ngantuk. Biasana kan sok jalan-jalan atau nongton bola pas Minggunya. Tapi belum pada stadium akut koq. Karena saya sadar it’s all in our mind hehehe

  4. Bener deh, kita adalah seperti persangkaan kita

    Saat kita bilang Senin adalah hari yang buruk, maka keburukanpun dengan setia akan mendatangi kita.

    Begitu juga kalau kita punya pikiran bahwa hari Senin adalah hari biasa, sama dengan hari yang lain, maka hal-hal yang buruk akan menjauh dari kita.

    Bahwa hari Senin lalu lintas Jakarta sellau macet, itu adalah sunatullah, jadi jangan dipakai sebagai dasar untuk mendatangkan hal-hal buruk ke kehidupan kita.

    TFS

    Salam

  5. senin, hari yang selalu penuh lelah dan kantuk.
    salam sukses di hari senin, semoga selalu bahagia di hari senin…
    sukses ya Om..

    sedj

  6. alhamdulillah rekan kerja saya menyenangkan mas, jadi kalau saya terserang sindrom itu saya langsung mengingat mereka.
    terutama ngocolnya. 😀

  7. mudah-mudahan hari senin adalah hari yang selalu di nanti, karena dengan adanya hari senin, pasti ada hari selasa, rabu dst… 😀

  8. Perlu penyegaran jika hal itu sudah sering terjadi. Mungkin bepergian, rekreasi atau hal lain yang menyenangkan.
    Kalau pas hari senin gajian, kira2 ada gak sindrome itu?

  9. @ekoshp: Wah mas eko nongol di blognya bocah ini juga, pasti kenal sesama kompasioner. Kapan nih bikin event lagi mas?

    @asep: senin selasa, rabu kamis, jum’at sabtu minggu, itu nama-nama hari…. lagu yg biasa dinyanyiin si raid 😀

  10. saya suka hari senin. yang saya nggak suka justru jum’at, karena pasti pas udah mau pulang, ada aja tambahan kerjaan, hehe

  11. @Dian : idem.. mirip2 sama saya, kadang juga kejadian.. Yah, maklum lah buruh…
    @zakaria : masa2 Kuliah membentuk watak asli kedisiplinan kita loh.. Jangan disia2kan tuh…

  12. waduh berarti saya dah stadium akut nih kang asep… waahhhhh mesti punya usaha sendiri dong ya… hehehe amin doain ya kang

  13. Dulu saat masih jadi pegawai kadang senin emang ogah deh hehe. Tapi sekarang, ya gimana mo ogah, orang asyik bisa lihat kedai ramai hehe

  14. Pingback: Inspirasi Mimpi untuk Indonesia « Blog Asepsaiba

  15. Pingback: Inspirasi Mimpi untuk Indonesia | asepsaiba.web.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s