5 ‘Pun’ untuk Bangkitkan Semangat Nge-Blog

Sedang malas untuk menulis? Malas update blog? saya rasa, kita semua pasti pernah mengalaminya. Ada lima kondisi yang bisa menjadi inspirasi untuk menulis. Kelima kondisi itu yaitu ‘apapun’, ‘siapapun’, ‘kapanpun’, ‘dimanapun’, dan ‘bagaimanapun’. Kelima ‘pun’ yang saya tulis tadi bisa menjadi jamu pemberi semangat untuk menulis pada sebuah blog.

Apapun
Jika sahabat memiliki blog yang tidak tematik (blog yang membahas satu tema saja), ‘pun’ yang ini tentu cukup akrab. Apa saja bisa menjadi bahan tulisan. Dari hal remeh macam bakwan yang gosong hingga topik serius macam rapat paripurna DPR. Tidak ada hal yang dibatasi dala membuat sebuah tulisan, hanya tanggung jawab moral-lah yang bisa membatasinya. Berpulang pada diri masing-masing blogger.

Siapapun
Orang-orang baik dan tidak baik di sekitaran kita juga bisa jadi sumber inspirasi yang bisa dituangkan dalam blog. Tentang perilaku, kebiasaan, hobi, prestasi, maupun keburukan yang mereka lakukan.

Kapanpun
Ini bukan masalah waktu menulis. Tapi tentang saat ketika sahabat menemui sebuah topik untuk ditulis. Waktu terus berjalan dengan segala dinamikanya. Tak ada yang statis, kawan. Perputaran waktu bisa menjadi bahan inspirasi yang tak akan pernah berhenti. Kapanpun, sahabat bisa merekam dinamika itu dalam memori, lalu menuangkannya dalam sebuah tulisan.

Dimanapun
Lingkungan dan orang-orang di sekitaran kita pun bisa jadi sumber inspirasi. Entah negatif maupun postif tentu bisa kita ambil hikmahnya. Dimanpun itu. Inspirasi tak terbatas ruang dan waktu.

Bagaimanapun
Ketika inspirasi untuk menulis sudah terekam dalam memori dan pikiran, kondisi bagaimanapun tak boleh membatasi hasrat untuk menulis. Saya meiliki teman yang ketika ia sakit dan diopname, ia begitu produktif menulis. Jadi, kondisi bagaimanapun tak menghalanginya.


Jaman sekarang, mem-posting sebuah tulisan dalam blog bisa dilakukan kapanpun, dimanapun, dan bagaimanapun kok. Saya contohkan saat ini juga, lewat tulisan ini (dan juga tulisan-tulisan sebelumnya πŸ™‚ ).Tulisan ini saya buat di ponsel loh. Selama ada fasilitas surel dan jaringan internet. Posting bisa dilakukan kapanpun sahabat mau. WordPress dan blogspot punya fasilitas posting lewat surel. Dengan alamat surel acak dan hanya user yang tahu, user bisa mengirimkan tulisan yang akan secara otomatis muncul dalam blog. Atau, pernah tahu aplikasi ShoZu? Aplikasi gratis dan sederhana yang bisa di-instal pada jenis ponsel apapun. Dengan prosedur sederhana, kita bisa memposting tulisan disertai foto hasil jepretan kamera ponsel.

Jadi, tidak ada alasan untuk malas update blog, bukan? Update status facebook saja bisa, kenapa update blog tidak?

*Gambar dicontek dari sini.

73 thoughts on “5 ‘Pun’ untuk Bangkitkan Semangat Nge-Blog

  1. Bener banget mas, sekarang gak ada alasan lagi untuk menunda-menunda posting secara teknologi telah mempermudah semua itu. Tapi…. 5’pun’ itu akan langsung tidak berdaya saat virus ‘malas’ menyerang. Iya kan?

    Lam Kenal ya…

  2. Hmm.. virus itu ya? Sy rasa, kita semua pasti pernah mengalaminya.. Saat saya terkena virus itu, ya sudah tak perlu dipaksakan.. Toh ngeblog itu bukan ‘fardhu’ kan? πŸ™‚

  3. hehe… sy malah pinginnya apdet blog terus, tapii kan juga ga efektif tuk dibaca oleh para pembaca kan?? jadi nunggu dulu beberapa hari baru apdet… pake teori juga ya kang?? teori ngeblog yg OK gtu… ^^

  4. Dulu saya menulis apapun. Sekarang sudah saya coba minimalisir Kang. πŸ˜‰

    Meski kadang saya juga menulis agak melenceng dari kebiasaan saya menulis tentang blog…

  5. Hehehe kenapa yah seorang yang mengaku blogger malas mengupdate blog? Padahal jika ia meloncat ke beberapa tahun ke depan saja, dia akan berterima kasih kepada blognya yang telah merekam sedemikian rupa kehidupannya. Tanpa catatan, kita akan hilang ditelan jaman.

    Saya jadi ingat tagline sebuah portal blogger:
    Dan Menulislah. Untuk Berbagi. Dan Abadi.

    Yuk, ngeblog lagi!

    • Saya suka kalimat ini “Tanpa catatan, kita akan hilang ditelan jaman”…

      Ayo ah kita mencatat semua rekaman hidup kita… Agar kelak bisa berguna bagi penerus kita… πŸ™‚

  6. Wah saya da jarang kang update status FB, hehehehe kalo update blog mah kadang terkendala dengan manajemen waktu saya yang sangat-sangat buruk. Soal ide sich gak terlalu jadi masalah. ada aja ide yang keluar dari otak ini. hiihihiihi. Maaf nie kang baru nonggol lagi.

    • Semoga dapet ponsel yang tidak jadul lagi… πŸ™‚ *guyon…

      Contoh di atas hanya permisalan saja mas.. Bahwa ngeblog pun bisa dilakukan bukan hanya di komputer/notebook…

  7. Wooow. tips nya mantap kang.

    Yang sering saya alami adalah klw ide sudah ada, tapi bingung cara penyampaian. (supaya enak dibaca gitu maksudnya) πŸ™‚

    • Saya pun masih terus belajar tentang cara penulisan yang bagus kang.. Tapi, menurut saya setiap blogger punya cirinya masing-masing.. Tapi tak ada salahnya kita sering2 menengok blog sahabat untuk mempelajari gaya penulisannya. Itu sering saya lakukan kang…

  8. kata-yang cukup menyinggung buat aku pribadi
    “Update status facebook saja bisa, kenapa update blog tidak?” bener banget neh padahal aku lebih kenal blog duluan dari pada facebook hoho.. jangan sampe deh aku bagai kacang lupa kulitnya yah.. thx yah jadi bersemangat lagi neh buat ngeblog lagi.

  9. heheh iya ayooo tetep semangat untuk ngeblogg

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
    salam blogger
    makasih
    πŸ˜€

  10. ya amPUN….. setuju banget…..
    inget pertama ngeblog sy posting apaPUN, and ga peduli siapaPUN yang baca, karna saya berfikir kapanPUN tulisan itu insya Allah bermanfaat, πŸ˜€

    salam

  11. lapor Om.. mengunjungi sahabat di siang hari..
    btw, link Om Asep telah sejak lama terpampang manis di Blog Kami.. masuk kelompok Blognya Teman-teman : Blognya Om Asepsaiba… gitu loh… hehehe…. salam sukses Om…

    sedj

  12. yah itu dia.. kadang ide udah ada tp gak bisa menulis dalam keadaan itu krn kesibukan didunia nyyata makin banyak.. mgkn dengan adannya postingan ini semangatku bisa bangkit lg..hehe..

    thanks infonya mas.. πŸ˜€

  13. Pingback: Motivasi Ngeblog dari Barudak BLOGOR | blogor.org

  14. Pingback: Motivasi Ngeblog dari Barudak BLOGOR « Tulisan Sang Sahaja

  15. ulasan mantap, dimanapun kapanpun siapapun apapun bagaimanapun hanya satu yang kumau (desy ratnasari) hehehehe ini mah iklannya teh desy

    terima kasih atas tulisan pembangkit gairah menulisnya… hehehe

  16. Pingback: Menginjak Usia Dua « Blog Asepsaiba

  17. Pingback: Antara Saya dan Aku « Blog Asepsaiba

  18. Pingback: Dwilogi Padang Bulan dan Cinta di Dalam Gelas | Novel Andrea Hirata « Blog Asepsaiba

Leave a Reply

