Cukup dengan Blogwalking? Lanjutkan dengan Blogfacing!

Meski saya mulai aktif menulis di blog dua tahunan, tapi baru sekira lima bulan lalu saya mengenal istilah blogwalking. Menurut wikipediablogwalking itu berarti suatu aktivitas di mana para blogger meninggalkan pranala di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar. Menilik pengertian tersebut, maka tak salah kalau saya menyebut diri saya sudah melakukan salah satu ‘ritual’ di dunia blog (blogosphere) tersebut. Selain menuliskan pemikiran pribadi saya, sebisa mungkin saya menggali inspirasi dari blog-blog sahabat saya (dan terkadang pada blog yang baru saya kunjungi) melalui blogwalking.

Cukup dengan meninggalkan pranala dan berkomentar saja?

Sebisa mungkin juga, saya benar-benar membaca dan memahami tulisan pada blog yang saya kunjungi, dan mementahkan jauh-jauh cara membaca cepat (fastreading). Diharapkan, komentar yang saya tinggalkan betul-betul memiliki korelasi dengan posting-an yang saya baca. Tidak menimbulkan kesan ‘asal’  berkomentar dengan harapan jejak pranala yang ditinggalkan dapat menjadi amunisi untuk menaikan peringkat blog kita.

Tidak dipungkiri, banyak blogger (termasuk saya) menganggap peringkat yang terpampang pada mesin penganalisis statistik website (semacam Google Page Rank atau Alexa) dijadikan salah satu ukuran ‘keberhasilan’ dalam dunia tulis-menulis di dunia maya ini. Nah, salah satu upaya untuk menaikan peringkat itu bisa dilakukan dengan meninggalkan jejak pranala, atau saling bertukar pranala.  Saya masih ingat tulisan saya tentang betapa senangnya saya ketika mengetahui GPR saya menembus angka 2 (setelah sebelumnya lama berkutat di angka 0/10). Tidak salah jika angka-angka statistik itu seolah menjadi raport bagi karya kita di dunia blog. Bahkan, peringkat-peringkat itu bisa juga dimanfaatkan untuk blog monetizing.

Kembali ke blogwalking. Alangkah senangnya si penulis ketika tulisannya direspon dengan sedemikian baik oleh para pembacanya. Komentar yang masuk secara tersirat benar-benar mencermati isi tulisan. Apalagi jika terjadi komunikasi dua arah yang dilanjutkan dengan diskusi hangat ala blogger. Saya sedang belajar untuk masuk dalam tahapan itu.

Blogwalking pun sungguh memberi manfaat nyata bagi saya. Selain mendapat banyak inspirasi, dengan blogwalking akan menumbuhkan keeratan pada hubungan persahabatan antar blogger. Meski tak pernah sekalipun bertemu muka, dengan sering mengunjungi blog sahabat, tak terasa muncul rasa keakraban yang cukup intim layaknya sahabat karib. Dari semula berkomentar dengan bahasa yang ‘canggung’, hingga menggunakan bahasa atau sebutan yang menghangatkan persahabatan. Kunjungan pada blog kita (apalagi hanya berselang tidak lama), cukup menghadirkan nuansa bangga bahwa kita sepertinya benar-benar mendapat apresiasi dari sahabat yang mengunjungi blog kita itu. Untuk itu, atas inspirasi seorang sahabat, saya membuat blogosphere versi saya untuk memantau perkembangan blog sahabat-sahabat saya. Jika ada kesempatan, sebisa mungkin saya membaca dan berkomentar pada tulisannya.

Cukup dengan blogwalking saja?

Lanjutkan dengan blogfacing. Loh, istilah apalagi itu? Itu istilah saya saja ‘kok… :).

Blogfacing saya ibaratkan sebagai tahapan labih tinggi lagi dari blogwalking. Blogfacing bertujuan untuk lebih mendekatkan hubungan antara tulisan dalam blog dengan para pembacanya. Blogfacing dapat dilakukan dengan melakukan diskusi yang lebih intensif yang membahas maksud tulisan. Blogfacing juga bisa dialihkan ke ranah dunia nyata, untuk lebih meningkatkan intensitas diskusi.  Loh, itu kan namanya kopdar alias kopi darat? Ya, tepat. Tapi blogfacing agak sedikit berbeda dengan kopdar. Blogfacing benar-benar hanya membahas topik tulisan yang ingin dibahas.

Dengan blogfacing diharapkan ide-ide yang terdapat pada tulisan dapat dieksplorasi lebih lanjut sehingga benar-benar bermanfaat bagi kehidupan nyata. dari ide-ide itu, bisa saja berdampak besar untuk kemajuan bangsa kita, bukan?

Ah.. Itu pemikiran yang terlalu muluk ya? Dan sepertinya susah ya menerapkannya? Ah.. ini hanya pemikiran saya saja… 🙂

*Mohon maaf jika sebelumnya sudah ada yang menggunakan istilah blogfacing ini… Tidak ada maksud apapun selain hanya ingin memberi warna pada blog saya… Googling dengan kata kunci ‘blogfacinghanya menghasilkan 21 pranala yang memuat istilah ini, dan kesemuanya dari situs asing.

Advertisements

95 thoughts on “Cukup dengan Blogwalking? Lanjutkan dengan Blogfacing!

  1. aku masih tahap blogwalking aja… itu juga jarang-jarang… lebih sering di belakang halaman (admin) daripada yang jalan-jalan atau nulis

  2. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Yup… Meski beberapa hari ini saya gak sempat BW, tapi selama ini sayapun menganggap bw sangat perlu, Kang. Dengan bw, terasa persaudaraan antar blogger begitu hangat dimana kita bisa saling dukung dan memberi semangat.

    Sepert yang terjadi diantara kita, meski belum sekalipun bertemu muka, namun terasa betul support yang akang berikan kepada saya… Terima kasih, Kang.

    Sayangnya, untuk saat ini mungkin komentar2 saya masih sebatas ‘blogwalking’ semoga kedepannya bisa lebih dari itu.

  3. (maaf) izin mengamankan KEEMPAT dulu. Boleh kan?!
    Yup… Meski beberapa hari ini saya gak sempat BW, tapi selama ini sayapun menganggap bw sangat perlu, Kang. Dengan bw, terasa persaudaraan antar blogger begitu hangat dimana kita bisa saling dukung dan memberi semangat.

    Sepert yang terjadi diantara kita, meski belum sekalipun bertemu muka, namun terasa betul support yang akang berikan kepada saya… Terima kasih, Kang.

    Sayangnya, untuk saat ini mungkin komentar2 saya masih sebatas ‘blogwalking’ semoga kedepannya bisa lebih dari itu.

  4. Wah, ini mau main boxing ya?

    Kayanya pemilihan kata blogfacing terlalu seram 😆

    Kenapa bukan anjang blog? Istilah lokal gitu 🙂

    • Serem ya pak? Gapapa deh, serem buat saya saja dulu… 🙂 Anjangblog bagus juga tuh pak… Mendukung prduk lokal.. Berarti blogwalking ganti saja dengan Jalan-jalanblog.. 🙂

    • Sebetulnya ‘trend’ itu sudah lama kok mas.. Tapi kebanyakan, setelah ber-kopdar-ria, pasti ngebahas topik yang melebar.. 🙂 Tapi seru juga loh kopdar itu..

    • Nah.. saya bingung juga ditanya ini… Kapan blogfacing? saat ini pun bisa diartikan blogfacing kok bang.. Close to face.. Mendekat sedekat wajah dengan wajah.. *halah…

  5. bagus idenya katanya mas….”blogfacing” tapi kalau gak salah blogfacing kita bisa samakan dengan yang namanya “kopdar” alias kopi darat. Diajang ini juga kita saling ketemu dengan para blogger dan mengenal lebih dekat satu dengan yang lainnya. Biasanya kopdar diadakan kalau memang sudah ada kesepakatan bersama atau sebagian besar emang udah ada jadwal rutin mereka (biasanya per daerah) 😀

    salam kenal

    • Yup.. Tapi dalam benak saya, blogfacing lebih dikhususkan bertemu muka untuk membahas topik hangat yang dituliskan di salah satu blog sahabat yang hadir di kopdar itu mas…

  6. salah satu kebiasaan saya ketika BW, sebisa mungkin menghindari baca-cepat dan meninggalkan komentar yg OOT. saya menyadari betapa susahnya bagi seorang narablog menuangkan ide/gagasannya dalam bentuk tulisan yg menarik sehingga dibaca orang lain. syukur2 tulisan td memberikan pencerahan bagi yg lain.
    tindak lanjut dalam bentuk blogfacing? kenapa tidak ya? yakinlah, dng adanya kegiatan tersebut akan menambah wawasan dan tentu saja bertambah akrabnya dg teman2 narablog lainnya.

    • Saya juga selalu berusaha untuk tidak terkena sindrom fastreading Gus… Sebisa mungkin saya memahami tulisan yang saya baca…
      Kapan2 kita blogfacing yuk Gus.. 😀 Tema2 yang diangkat di blognya Guskar top markotop tuh… 🙂

    • Sip.. Mas Indra salah satu sohiblog di awal2 saya mengenal blogwalking loh mas… Sampe sekarang masih ingat blog saya.. Nah, di sinilah nilai penting sebuah kebiasaan ber-blogwalking…

  7. hehehe… saya sempetkan tuk mengunjungi akang, karena saya udah anggap akang temen saya di dunia ngeblog ini… maap kalau telat… maklum jauuuhh… (halah, kan ada internet)..
    sekilas baca blogfacing dugaan saya langsung mengarah pada kopdaran nuiii… untuk yang satu ini saya blom bisaaa… sekali lagi, maklum gie jaauuuuuh… sukses selalu semoga senantiasa menyertai aktivitas akang.. ^^

    • Iya deh.. yang jauh2 mah dimaklumin.. Justru saya yang minta maaf Bun, kadang tidak sempat main ke blog bunda sunflo… Abis, selalu apdet tiap hari sih, lah saya kesempetan ngeblog saja menyiasati jam kantor.. 🙂

  8. Kesalahpahaman sering terjadi meski kita sudah membaca baik-baik tulisan seseorang, bisa jadi karena kita memang tidak mengenal latar belakang orang tersebut. Dan satu solusinya memang KOPDAR.

    So mari blogfacing! *asa gak enak ngomongnya =))*

    Mari kita KOPDAR! << ini lebih maknyus!

  9. Anda penggemar Mafia Wars?? Ada kabar baik untuk Anda!! Bermain game yang berada di facebook ini kini bisa lewat SMS. Zynga selaku perusahaan yang membuat Mafia Wars (MW) kini telah meluncurkan secara resmi layanan SMS dua arah, yang membuat para pemain MW dapat menerima notifikasi tentang hal-hal yang berhubungan dengan MW sekaligus memainkan game tersebut.
    Lanjutannya di: http://syaifulhijrah.blogspot.com/2010/04/bermain-mafia-wars-kini-bisa-lewat-sms.html

    (Kang, ini bukan SPAM lho :-D)

    • Sayang sekali kang.. Saya harus menyebut komen ini juga sebagai “spamcomment”. Karena isi komennya sama sekali tidak berhubungan dengan tulisan kang… 🙂
      Barangkali teman2 yang lain pun setuju…

  10. Pada awalnya aku juga tertarik dengan pagerank, tetapi akhirnya aku sadar bahwa alasanku menulis sebenarnya pertamanya untuk mengingatkan diriku sendiri. Lalu mengingatkan orang lain atau menginspirasinya. Dan sebisa mungkin aku ingin semua tulisanku kutulis dengan hati..jadi maklum aku belum bisa update tulisan setiap hari…hi hi hi. Dan blogwalking kulakukan untuk memperluas wawasan, memperbanyak kosa kata sehingga tulisanku berkembang menjadi lebih baik dari hari ke hari. Mungkin kapan2 kita blogfacing Mas…?

    • Hayuk mas, kita blogfacing kapan2.. Niatan yang baik pasti akan diberikan jalan yang baik juga, bukan?
      Saya juga beruntung mengenal dunia blog, karena banyak sekali inspirasi bertebaran, dalam hal apapun…

  11. Weheheh.. iya juga sih… Saya baru sekali “facing” alias “face 2 face” ama blogger… itu pun dari kota asal saya, Surabaya… :mrgreen:

  12. bw tentu sajah diperlukan.. 🙂

    tapi untuk kopdar he he he..*aku ketawa ajah dech..
    aku rada susah neeh untuk bw 😳

    tapi untuk discuss tentan9 tulisan buat aku neeh loch kan9 asep,nda harus ketemu lan9sun9 ju9a

    aku biasa discuss lewat YM,sms,ato email 🙂

    jadi masih bisa jalan 🙂

    see yuuuuuuuu 🙂

    • ‘bertemu’ yang saya maksud itu luas loh, yang penting ‘bertemu’ niat untuk ngabahas isi blog.. (ngeles mode | on)

      Abis ini, add YM-nya wiend ah.. 🙂

  13. saya setuju kalo membahas perihal tulisan, karena info yang didapatkan dan maksud penulis akan bisa lebih tersampaikan.

    selain itu juga melalui blogfacing akan ada masukan, saran, dan kritik perihal tulisan sehingga bisa menjadi ilmu tambahan bagi penulis.

  14. Idenya keren nih…keeratan yang awalnya dijalin melalui blogwalking diterusin ke tingkat selanjutnya… 🙂
    Membaca posting orang lain dan meninggalkan komentar disana, memang perlu waktu khusus. Tapi untuk sebuah silaturahmi, hal itu tidak pernah sia-sia kayaknya, Insya Allah…

    • Terima kasih sudah mengingatkan… Bener ya, kadang ketika kita terbatas waktu dan niat menguatkan silaturahim menggebu2.. Maka, tak salah juga jika kita hanya meninggalkan komentar untuk sekedar menyapa saja… Tak salah… (Jujur saja, saya pun kadang masih seperti itu), tapi sebisa mungkin saya menyimak tulisannya..

  15. Andai saja kebanyakan berfikiran seperti kang asep, pastinya tidak banyak komen yang asal bunyi saja.
    Yang terjadi bukan hanya blogwalking tetapi justru blog running.

    • Hehe.. Pak Aldy bisa aja.. Blog running.. saya suka istilah itu… 😀

      Yah, saya juga masih dalam tahapan untuk seperti itu pak.. Benar2 blogwalking… 🙂

  16. hahaha
    tema postingannya sama kek punya gue bang
    gue juga pengen banget blogger yang deteng ke blog gue g cuman sekedar mampir trus baca judul doang. tapi baca dan ngerti maksud tulisan gue

    hihihihi

    • Iya Hell.. Yg tgl 31 Mar itu ya.. Nemer kan? Keknya seneng banget kalo komen2 yang masuk bener2 nyambung dengan tulisan yang udah kita buat.. 🙂

  17. Pingback: Jangan Lakukan Blogwalking! « mA$ Fajar Bl0g

  18. Istilah yang keren kang..

    Oya kalau Kopdar gak sengaja, kayak di KRL tuh, tiba2 aja email2an en ketemu.., tidak sengaja, singkat, namun sangat bermakna.. apa ya namanya..

    ada istilah lain yang pas kang?

  19. Pingback: Menginjak Usia Dua « Blog Asepsaiba

  20. Pingback: Bunga Matahari dari Sahabat « Blog Asepsaiba

  21. Pingback: Hibernasi « Blog Asepsaiba

  22. Pingback: Undangan untuk Blogger Indramayu « Blog Asepsaiba

  23. Salam kenal…Ayuh pada blogfacing sambil mancing…Kan rame tuh kopdar di pemancingan…Yah,bisa disebut sebage blogfishing lah..Hehe…|mirip dikit maksain nya banyak|

  24. Salam kenal ah…
    Mo tanya neh kalo Blog luar negeri yang bagus buat dijadiin tempat blagwalking apa aja ya…? Maklum Qu lagi butuh trafik dari luar neh… Please bales ya Om…

  25. Pingback: Halal Bihalal, Social Media Analytics dan Sate « Blog AsepSaiba

  26. Pingback: Halal Bihalal, Social Media Analytics dan Sate Kabayan « Blog AsepSaiba

  27. Pingback: #Kamseupay | Fitnah dibalik Komentar « [SaiBlog]

  28. Pingback: Undangan untuk Blogger Indramayu | asepsaiba.web.id

  29. Pingback: #Kamseupay | Fitnah dibalik Komentar | asepsaiba.web.id

  30. Pingback: Halal Bihalal, Social Media Analytics dan Sate Kabayan | asepsaiba.web.id

  31. Pingback: Hibernasi | asepsaiba.web.id

  32. Pingback: Menginjak Usia Dua | asepsaiba.web.id

  33. Pingback: Halal Bihalal, Social Media Analytics dan Sate Kabayan | @asepsaiba's weblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s