Es Kacang Merah Meriah

Hei.. Hei.. Di postingan saya kali ini ingin berbagi sensasi kenikmatan kuliner kreasi istri tercinta. Setelah minggu kemarin sempat mencicipi es kacang merah khas bumi Sriwijaya, sampai rumah, saya langsung request sama sang penguasa dapur rumah untuk membuatnya di rumah. “Tapi kalau ada kacang merahnya di tukang sayurnya ya, Yah…” ujar istri menjawab permintaan saya (yang kayak orang ngidam itu).

Sebelumnya sudah pernah juga istri mebuat es kacang merah itu. Rasanya lebih mantap dibanding yang saya cicipi di Palembang. Padahal ia membuatnya tak pakai resep apapun, pakai feeling saja katanya. Kok bisa ya?

Es kacang merah kali ini pun jadilah tersaji, kebetulan si abang tukang sayur membawanya. Dari ‘penampakannya saja sudah membuat saya tergiur untuk segera menyantapnya.

Namanya es kacang merah, ya tentu saja bahan utamanya kacang merah :). Dengan kuah santan campur susu, sajian kali ini dimeriahkan oleh hadirnya dua warna agar-agar dibuat lembut. Campuran kacang merah dan lembutnya agar-agar itu membuat sajian kai ini semakin ajiib…!

Saya namakan saja Es Kacang Merah Meriah, karean warna-warna agar-agarnya membuat meriah, sih. Ini dia penampakan Es Kacang Merah Meriah kreasi sitri saya: Selamat menikmati! 😀

Advertisements

45 thoughts on “Es Kacang Merah Meriah

  1. sayang ga nyampe sini. itulah hebatnya bidadari yang bernama istri, hanya dg mengandalkan feeling apapun jadi mungkin. salam buat chefnya kang asep 😉

    • HAsil gugling tentang manfaat kacang merah:

      Kacang merah ternyata memiliki kemampuan untuk mengatasi bermacam-macam penyakit, di antaranya mampu mengurangi kerusakan pembuluh darah, mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mengurangi konsentrasi gula darah, serta menurunkan resiko kanker usus besar dan kanker payudara.

      kandungan gizi pada kacang merah sangat bagus bagi kesehatan tubuh manusia. Kacang merah kering merupakan sumber protein nabati, karbohidrat kompleks, serat, vitamin B, folasin, tiamin, kalsium, fosfor, dan zat besi. Folasin adalah zat gizi esensial yang mampu mengurangi resiko kerusakan pembuluh darah.

      Kacang merah memiliki kandungan lemak dan natrium yang sangat rendah, nyaris bebas lemak jenuh, serta bebas kolersterol. Di samping itu, kacang merah juga merupakan sumber serat yang baik. Dalam 100 gram kacang merah kering, dapat menghasilkan 4 gram serat yang terdiri dari serat yang larut air dan serat yang tidak larut air. Serat yang larut air secara nyata mampu menurunkan kadar kolesterol dan kadar gula darah.

      Untuk mendapatkan khasiat yang sempurna dari kacang merah, ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam mengolahnya. Sehabis direndam, buanglah air rendaman kacang merah. Kemudian rebuslah kacang merah dalam panci tertutup selama 3 menit, dan diamkan selama 2 jam agar airnya mengendap. Gantilah air rendaman itu dengan air yang matang, dan diamkan selama semalam. Esok harinya, kacang merah siap untuk dimasak menjadi makanan yang lezat. Hal ini perlu dilakukan untuk menghilangkan kemampuan kacang merah untuk memproduksi gas dalam usus yang akan membuat perut terasa kembung.

      http://www.angelfire.com/mt/matrixs/kesehatan.htm#Kandungan%20Gizi%20Kacang%20Merah

  2. waah… sukses bikin saya mupeng nuiiii… huhuhu… tapi ga lengkap bocoran resepnya, kang… sunflo jadi ga bisa nyuntek, cuma ngliatin doang…hiks… 😥
    (hehehe… makluummm, yg nulis postingan kan bapak2… hehehe… bukan sang penguasa dapurnya… 😆 )

  3. @perde: apa yang ini saya kasih nama Es Jupe aja ya? 🙂
    @alamendah saja: mau.. mau..?
    @alamendah biru: kalo mo begadang sih cocok2 aja tuh kang…
    @agoenk: hmm jadi makin terinspirasi nih buat buka kedai.. Salam kenal!
    @p’musryid: klik untuk memperbesar.. pasti makin ngiler.. 😀

    Maap balas komengnya di rapel.. jadi kek pesbukan.. maklum lewat ponsel.. 😀

  4. Es kacang merah.. hmm.. nikmat.. jadi ingat masa kecil di palembang suka beli tuh tukang es yg lewat..

    kayaknya masih banyak di palembang .. apalagi biasanya klo diwarung pempek, ditemani sepiring pempek aneka jenis.. sedaap..

    *ngayal mudik

  5. Apapun itu, masakan ala isteri pasti yang terenak. Karena untuk konsumen istimewa yang paling dicintai … ya kan ?

    Ngomong-ngomong es kacang merah meriahnya masih ada kah ?

    Salam bentoelisan
    Mas Ben

    • @Miftah: mangkok or gelas mif.. Ini bukan nasi goreng.. 🙂
      @ferdi: sok atuh, akang yang kesini pasti nanti disajikan deh..
      @arif: ati2 netes di keyboard.. 🙂

  6. Wah saya doyan banget kang es kacang. dulu sich suka beli kadang juga dibikinin ama bunda di rumah tapi sejak mendekap di jeruji kost ini, jadi agak jarang. hiks hiks…

  7. Hmm…
    Pantesan Gempal, rupanya kang Asep doyan makan juga rupanya.
    Saya sedikit mengurangi komsumsi kacang-kacangan setelah asam urat saya melambung beberapa waktu yang lalu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s