Menginjak Usia Dua

Angka “2” di bulan April ini sungguh amat bermakna bagi blog ini. Betapa tidak, di bulan ini, blog saya menginjak usia yang ke-2 setelah saya menuliskan tulisan pertama saya di blog ini, tepatnya 16 April dua tahun lalu.

Jika ditilik lagi ke belakang, rekaman perjalanan blog saya ini bisa dibilang tidak konsisten di tahun pertama dan setengah tahun berikutnya. Lihat saja rekam jejak updating-nya. Setelah bulan pertama posting, praktis bulan-bulan berikutnya benar-benar menghilang. Nyaris seperti mati suri. Sesekali update, lantas menghilang lagi.

Baru di paruh tahun kedua saja saya benar-benar memahami arti sebuah blog. Setelah bergabung dengan komunitas blogger Bogor dan mengenal blogwalking membuat ‘roh’ blog ini kembali. Berkenalan dan bersahabat dengan kawan-kawan blogger senior, saling berkunjung, berbalas komentar, bertukar pranala, berlanjut ke ranah facebook, hingga saling bertukar nomer ponsel. Semua hal tadi benar-benar membuat saya memahami bahwa menulis dalam blog tidak hanya sekedar menuli dalam arti harfiah. Tapi menulis dalam blog lebih luas dari itu. Ada semangat kebersamaan, kekeluargaan, serta inspirasi dalam sebuah blogosfir.

Angka “2” apalagi yang bermakna bagi blog ini? Begini, menjelang milad ke-2, dua buah tulisan yang saya muat dalam blog ini, dan diikutsertakan dalam kontes blog, keduanya berhasil mendapat apresiasi penyelenggara kontes dengan menempatkan tulisan saya menjadi tulisan terfavorit. Pada kontes blog “Mimpiku Untukmu Indonesiaku” yang digawangi oleh shandyisme, saya menempati peringkat ke-3 (berhak atas domain gratis -yang masih bingung untuk saya apakan nanti-), dan pada kontes blog yang diadakan oleh KumKum bertema “Gaya Hidup Hijau”, saya masuk dalam 3 besar tulisan terfavorit.

Tak sedikitpun saya bermaksud negatif dengan berbagi cerita tersebut. Sungguh, hal ini begitu berharga bagi saya yang merasa kemampuan menulisnya jauh dari sempurna. Saya ingin berbagi perasaan tersebut, perasaan bahwa saat hasil karya kita (sesederhana sekalipun) dihargai oleh orang lain, di saat itulah kita seharusnya merasakan betapa setiap hal baik (sekecil apapun) pasti akan berbalik kebaikan pada diri kita. Tetaplah terus berpikir positif.

Terima kasih, teruntuk kawan-kawan blogger tak pernah bosan untuk menyambangi blog sederhana ini. Komentar, masukan, kritikan, ralat, dan ‘keisengan’ πŸ™‚ kalianlah yang terus memompa semangat untuk terus menulis.

Akhirnya, saya berdoa untuk diri saya sendiri agar saya masih terus diberi tenaga dan pikiran untuk terus berkarya lewat blog yang sederhana ini. Menulis tanpa menghendaki penghargaan apapun. Menulis sebagi pengingat diri. Menulis untuk menggali inspirasi. Menulis untuk meperluas silaturahim. Menulis dengan hati. Menulis sebagi wujud cinta bagi bangsa ini. Menulis untuk menuliskan hakikat hidup… Mengabdi pada Ilahi…

32 thoughts on “Menginjak Usia Dua

  1. @Asop&Huang: Itu jadi stimulan buat semangat ngeblog deh.. Trust Me..
    Dan espesially buat Dedi, semoga terpilih ya tulisan tetang “Londo”-nya..

  2. wah 2 tahun, lama juga ya kang, selamat ya semoga tetep nulis dan ditunggu tulisan2 terbaik lainnya.

  3. Salam Takzim
    Selamat milad untuk blognya kang ternyata sudah jalan 2 tahun ya wah pasti pengalamannya menulis sudah lebih banyak dari pada saya nih kang. Sukses terus kang
    Salam Takzim Batavusqu

  4. Menulislah. Untuk berbagi. dan Abadi (RT)

    Selamat, memang ngeblog tidak cuma menulis trus berharap semua orang mengenal kita. Itu perlu proses panjang, dan di prosesi itulah akan terlihat mana yang ngeblog cuma karena iseng dan mana yang karena dari hati.

    Ahahay, selamat milad! *eh selamat juga udah menang shandyisme dan kumkum*

  5. @nurrahman: trims.. saya banyak belajar jg dari mas nur.. πŸ™‚
    @eRHa: juga buat ruanghati ya.. terus sajikan berita2 hangat, unik, dan segar…
    @tary: perjalanan masih sangat panjang tar.. mari saling memberi inspirasi.. πŸ™‚
    @nanang: selamat datang di blog sederhana ini mas.. sama mas, saya jug blm konsisten kok.. apalagi berpengetahuan.. hehe.. πŸ™‚
    @zipoer: tapi mas Isro memiliki sahabat blogger lebih banyak mas.. karena mas Isro adalah blogger yang ramah (pinjem istilahnya kang achoey)
    @dodie: Hmm, semoga say msuk dalam kelompok yang terakhir… hehe.. itu kado istimewa di milad ke-2 kag.. πŸ˜€
    @helga: tiap hari syukuran kok.. trims ya πŸ™‚

  6. Wah, selamat ya buat semua prestasi yang sudah diraih…semua apresiasi itu, semoga menambah semangat untuk terus membuat tulisan-tulisan yang inspiratif dan menarik… πŸ™‚

  7. udah 2 taun?… wew…. selamet ya….
    moga blognya makin bermanfaat untuk semua…. πŸ˜€
    (ada acara makan-makannya ga?)

  8. @miftah: dirimu semakin menguatkan kesan bhwa blogor haus akan gretongan.. hehe.. πŸ˜›
    @bintangtimur: makasih mbak, semoga kita semua tetap bisa berbagi inspirasi
    @delia: trims ya lia.. ayo, lia juga bisa! πŸ™‚
    @b’jali: amin… makan2 bersama di rumah masing2 aja ya.. πŸ˜›

  9. Salam kenal kang asep n seukses buat blognya…
    Kalo ke KSB nanti main-main ke tempat saya… πŸ™‚

    Saya kok malah disuruh main-main kesini sama kaka sampeyan hahahaha…. hebat lah euy…

  10. Salam Takzim
    Selamat pagi menjelang siang kang semoga tetap sehat semua keluarga ya kang, demikian juga dengan kang Asep
    Salam Takzim Batavusqu

  11. dan aq senang bisa mengenal kang asep di sini, krn udah jadi salah satu temen blogger deketQ yang harus n wajib kukunjungi niee… semoga semakin sukses ya kang… ^^

  12. bung asep..selamat blog anda bermilad…saya lihat ketika sampai bulan september 2009…terjadi flukstuasi updating…bahkan berapa bulan bolong…namun sejak september 2009 hingga kini setiap bulannya anda mengupdate…ini mungkin karena anda terdorong untuk intensif melakukan interaksi dgn blogor…selain itu mulai menemukan identitas blog anda yg sebenarnya…bahkan mungkin anda juga meilhat bahwa media blog bisa dijadikan alat unstuk syiar kebajikan…sekali lagi selamat…

  13. Pingback: Starting with The New

Leave a Reply

