Hibernasi

Copas langsung dari om Wiki, Hibernasi adalah kondisi ketakaktifan dan penurunan metabolisme pada hewan yang ditandai dengan suhu tubuh yang lebih rendah, pernafasan yang lebih perlahan, serta kecepatan metabolisme yang lebih rendah. Hewan yang melakukan hibernasi berusaha menghemat energi, terutama selama musim dingin sewaktu terjadi kelangkaan makanan, membakar cadangan energi, lemak tubuh, dengan perlahan. Hibernasi dapat terjadi selama beberapa hari atau minggu, tergantung dari spesies, suhu sekitar, dan waktu.

Apakah sekarang ini saya tiba-tiba menjadi seorang ahli biologi? Atau pemerhati dunia hewan? Setelah lama ‘istirahat’ dari duni blog? Tentu saja tidak, kawan. Saya hanyalah seorang blogger biasa yang hampir sebulan kemarin ber-hibernasi dari aktivitas ngeblog saya. Loh, jadi saya samakan blogger dengan hewan dong :). Ya nggak lah.. Hanya saja, membaca definisi itu mengingatkan akan diri saya selama hampir sebulan ini.

Ya, hampir sebulan ini praktis hampir saya tidak melakukan aktivitas blogging seperti sebelumnya. Kesibukan dunia offline serta (jujur saja) kejenuhan saya untuk melakukan aktivitas dunia maya ini. Entah kenapa hal itu terjadi pada diri saya. Saya pun tak memahaminya. Meski sesekali menengoknya, tapi tetap saja tak menumbuhkan semangat saya lagi. Banyak ide-ide yang akhirnya musnah, masuk ke tong sampah memori otak. Belum lagi, banyak kejadian-kejadian menghebohkan yang tidak sempat saya buat opininya. Termasuk tentu saja, kasus sang vokalis Band itu tuh.. 😛

Tapi beruntung saya masih memiliki rasa bersalah (ciyee..) Hingga akhirnya, saya teringat janji saya pada tulisan terakhir di blog ini. Tulisan yang membebaskan para pembaca untuk ‘berkhayal’ menjadi seorang pemuda yang berpacaran dengan gadis jelita, namun suatu saat dihadapkan pada dua pilihan, memilih kekasih apa nenek-nenek? 🙂 saya tanyakan pendapat sahabat blogger jika dihadapkan pada situasi tersebut, apa yang akan dilakukan?

Terima kasih buat semua sahabat yang telah berbagi khayalan. Ada kurang lebih 80 pendapat yang disampaikan pada kolom komentar. Sungguh, angka itu merupakan angka yang sangat fantastis bagi blog sederhana ini. Pada jumlah komentar yang masuk memang ada 83 komentar, tapi 3 komentar adalah balasan dari saya. Biasanya, untuk mencapai angka 60 komentar saja, itu termasuk balasan komentar dari saya atas komentar yang masuk. Lah ini, hingga hari-hari terakhir kemarin, masih ada sahabat blogger yang menyambangi blog yang ‘mati-suri’ ini, dan meninggalkan komentar pada tulisan saya itu. Duh, jadi semakin merasa ‘bersalah’ nih nyuekin blog ini.. :).

Komentar yang masuk sangguh sangat dahsyat. Bahkan tidak sedikit yang mungkin bisa jadi bahan postingan karena saking panjangya. Ada yang bersifat melucu saja, atau pendapat serius.  Namun, kembali pada janji saya tadi, saya harus memutuskan satu komentar yang layak mendapatkan bingkisan dari saya. Ini mutlak diputuskan oleh saya pribadi. Meskipun saya yakin, pasti ada yang tidak sependapat.

Bingkisan tersebut saya sematkan pada sahabat saya, Mas Bentoelisan. Komentar beliau demikian:

Panggilkan becak untuk nenek
Iringi becak nenek sekalian antarkan nenek ke rumahnya … berbaik hatilah bayarkan becaknya
Bila rumah nenek jauh … carterkan angkot / taksi [dengan tetap diiringi]
Dalam mengiringi nenek ke rumahnya kan tetap bisa berboncengan sama kekasih dengan motor hasil grandprize itu … sambil berdoa semoga rumahnya nenek jauh banget di ujung kota.
Nah kan terkabul to keliling kota bareng pacar hehehhe

Komentar Mas Ben ini sependapat dengan saya pribadi, meski agak berbeda versi namun esensinya sama, yakni memperoleh dua ‘keuntungan’ di saat yang sama, yaitu tetap mendapat kesempatan bermesraan dengan kekasih naik motor baru, dan juga bisa menolong si nenek yang jatuh.

Ada beberapa komentar sahabat yang agak mirip dengan komentar mas Ben, namun komentar Mas Ben itu lebih mirip dengan pendapat pribadi saya. Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih atas komentar-komentar yang masuk.

Saat saya hibernasi, sebenarnya saya pun mengetahui komentar-komentar yang masuk, karena sata setting setiap ada komentar masuk akan mengirimkan notifikasi lewat email yang bisa saya akses lehat ponsel. Selalu saja saya tersenyum setiap ada komentar masuk, senyum dengan dua makna, men-senyumi komentar itu, dan men-senyumi diri sendiri, kenapa tak kunjung hadir semangat ngeblog itu?!.

Sesekali juga saya sambangi blog ini lewat komputer. Ketika memandangi sidebar kanan, pada icon ‘Indonesia-Matter’, angka saat tulisan ini dibuat menunjuk pada angka 139! hehe.. Tidak aneh memang. Ketika saya terakhir membuat tulisan, blog ini nongkrong di posisi 50-an. Akh, mesti kerja keras lagi untuk masuk Top 100 lagi.. 🙂

Namun yang sangat saya sesalkan adalah, selama hibernasi itu saya tidak melakukan blogwalking ke blog sahabat. Atau tdiak membalas kunjungan sahabat. Duh. Melalui tulisan ini saya haturkan permohonan maaf karena belum melakukan kunjungan balik pada blog sahabat.

Semoga saya tidak terjangkit virus ‘malesngeblog‘ ini lagi…

Advertisements

37 thoughts on “Hibernasi

  1. Hehehehe terimakasih tengkiu maturnuwun ya Mas Asep atas penunujukan komen saya sebagai komen terpilih hehhhee

    Salam bentoelisan

    Mas Ben

  2. @ferdi: ntar disangka nyari wangsit kang kalo pake istilah ‘bertapa’ 🙂
    @asop: iya nih Sop, alhamdulillah dpt inspirasi lagi..
    @winar: pas banget nih.. lagi pegel2 juga nih bis basketan.. @sauskecap: trima kasih…
    @alamendah: nah ni dia salh satu ug bikin kangen ngeblog lagi.. raja pertamaxx.. 🙂

  3. wah, sama donk seperti saya.. Beda nya saya Hibernasi hingga lebih dari 1/2 tahun T_T
    tapi PR-3 saya malah markir di Alexa dengan angka 600rb-an…
    Untuk top-100indonesian, saya belum coba neh…
    test ke TKP dolo y =)

  4. heuheu penyakit mati suri ( ech bukan penyakit deng 😛 ) memang kerap hinggap dan saya salah satu korbannya juga hehe

    • @ungkapkan : gapapa lagi.. ngeblog kan bukan wajib.. 🙂
      @miftah : lebay mode on ya mif.. Ayo bangkitkan blogger Indramayu!
      @Andi : mudah-mudaha ndi..
      @aldy : Edarannya terbatas pak.. Tapi masih memantau terus kok.. 🙂

  5. Halo Mas Asep, apa kabar ?
    Mas, terimakasih banget ya, bingkisannya sudah saya terima 🙂
    Wah buku yang banyak dibicarakan di kancah perbloggeran, akhirnya saya bisa punya juga … oh senangnya hehehehe

    Salam bentoelisan
    Mas Ben

  6. Mampir pasca kopdar..
    Selamat buat mas ben di tangerang, yg abis berduaan naik motor sambil ngiring nenek ke rumah.. 🙂

  7. Makanya kalo udah hampir habis batere nya jangan lupa di colokin tuh charger nya,, biar ON truz Sep.

  8. jiiaaah padahal kemarin blom ganti theme loh sekarang udah berubah wujud setelah hibernasi…
    lama nian tak terlihat kang asep.. pastilah lagi sibuk d nyata ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s