Vuvuzela Bikin Keki

“Indonesia… Brug! Brug! Brug! Brug! Brug!”. Bebunyian yang selalu terdengar ketika para pejuang olahraga Indonesia sedang berlaga, entah itu tim bulutangkis, sepakbola, bahkan karate. Yel-yel yang membahana itu kadang ampuh untuk menurunkan semangat lawan, dan sebaliknya semakin membakar api semangat para atlet.

Atau bagi sahabat yang hobi menonton siaran pertandingan Liga Premier Inggris, Lega Calcio, atau Liga Spanyol pasti medengar begitu meriahnya dukungan dari para pendukung kesebelasan masing-masing. Mulai dari tetabuhan genderang, terompet, hingga koor lagu-lagu yang membahana.

Tapi, di laga Piala Dunia 2010 kali ini saya tidak merasakannya. Ini akibat digunakannya terompet khas Afrika, yaitu Vuvuzela. Bahkan, seperti dikutip dari detik, beberapa pelatih mulai mengeluhkan bisingnya suara yang dihasilkan oleh vuvuzela yang ditiup oleh ratusa bahkan ribuan penonton. Mereka harus berteriak lebih kencang untuk memberi instruksi pada para pemain. Bagaimana tidak, suara vuvuzela memang sangat keras, dan bisa melengking lebih lama dari terompet biasa. Apalagi dibunyikan oleh banyak orang.

Begitupun di layar kaca, suaranya yang terdengat tak terputus-putus awalnya saya kira tv saya rusak, tapi ternyata asalnya dari vuvuzela itu :). Tapi jika volumenya dikecilkan, tentu tak seru lagi dong. Masa nonton bola sepi begitu.. :P.

Vuvuzela merupakan terompet khas Afrika Selatan yang umumnya digunakan saat pertandingan sepakbola. Kadang disebut juga Tlepatata. Terbuat dari plastik dengan panjang sampai kira-kira 1 meter. Pada kondisi normal, kebisingan yang ditimbul mencapai 127 dB Angka yang cukup tinggi, dan berbahaya bagi indra pendengaran jika terpapar cukup lama. Karenanya, pada Piala Dunia 2010, vuvuzela yang digunakan dimodifikasi hingga tingkat kebisingannya turun sampai 20 dB. Tapi tetap saja bising ketika dibunyikan bersamaan oleh ribuan penonton :(.

Tapi, bagaimanapun ini memberi semarak tersendiri bagi perhelatan yang pertama kali digelar di benua hitam itu. Dan vuvuzela menjadi senjata ampuh para pendukung tim-tim dari Afrika. Buktinya, Afsel berhasil menahan imbang Meksiko, Pantai Gading seri lawan Brazil, bahkan Ghana menaklukan Serbia. Vuvuzela akan semakin membahana. Bersiap saja menutup telinga atau mengecilkan volume televisi anda :).

Advertisements

23 thoughts on “Vuvuzela Bikin Keki

  1. Tapi saat saya melihat pendukung negeria, mereka semua terdiam dengan wajah tegang. Begitu melihat bola di giring tim nya ke gawang lawan. Dan sepakan terakhir mengarah ke gawang. …?!?’?!.. Ternyataaa…. Tidak gool, duh lesuuuu…, namun akhirnya mereka semangat lagi, sembari niup terompet, 😀

  2. Toss dengan Kang Asep …

    Waktu tanding perdana Afsel lawan Meksiko …
    (hampir sepanjang pertandingan) saya bolak balik membenarkan letak menghadap Antene TV saya …
    saya pikir Ah Antenenya kok nggak pas-pas sih …
    Ada suara mendengung yang terus menerus …
    terus terang bikin telinga rada terganggu (pada awalnya)

    ternyata besoknya setelah ngobrol di kantor …
    ada teman bilang … Itu terompet pak …
    Arrrghhhh …
    berarti sepanjang turnamen ini akan selalu begitu bunyinya …

    Ngggguuuuuuuuuuunnngggggg …

    Salam saya Kang Asep

  3. ia tuh ampe dikira tv rusak ama bapak saya….
    terus bikin gak kedengeran juga…tapi asyik lah buat boongin orang 😆

  4. saya setuju! vuvuzela bikin konsentrasi para pemain amburadul … heran ngulangtahunin afrika-nya kok lama banget yah … *gol meksiko di anulir … vuvuzela dibiarin .. entah apa nanti …

  5. Serius pak… pertama liat Piala Dunia sempat bingung juga, kirain ada tawon lagi ngerubung kameramen-nya… 😆 he..he..he..
    Ternyata itu terompet to….. 🙄

  6. Wuuih Mas Asep, saya merasa sangat terganggu pas nonton PD dari tipi rumah. Suara vuvuzela itu lho, bising banget. 😦
    Saya merindukan teriakan nyanyian koor-koor supporter dan dentuman berbagai macam alat musik gebuk dari tribun penonton… 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s