Penasaran Sate Ruso


Kunjungan rutin ke Grissik (jalur Palembang – Jambi) untuk keperluan kantor biasanya saya lakukan paling tidak sebulan sekali. amun pada kunjungan kali ini terasa spesial, karena di sana sudah menunggu sahabat lama yang dulu pernah satu bagian dengan saya. Saya diminta mampir ke tempat tugasnya sekarang. Nah, tentu saja kesempatan ini tak saya sia-siakan untuk memuaskan rasa penasaran saya sejak dulu yang belum kesampaian, yaitu mencicipi Sate Ruso (baca: rusa atau kijang). Singkat cerita, tersajilah hidangan yang dapat sahabat nikmati pada foto di atas :). Itulah penampakan sate ruso, yang tidak beda jauh dengan sate pada umumnya. Namun setelah saya perhatikan, tekstur dagingnya beda dengan daging kabing atau sapi. Kekenyalannya pun beda, entah karena proses persiapan daging rusanya kurang pas atau memang usia rusanya suda uzur, dagingnya terasa keras. Untung saja hal itu tertutupi oleh rasa bumbu yang leker. Makanya saya puas, rasa penasaran saya sudah terlampiaskan :P. Oya, hidangan didampingi juga oleh udang goreng yang semi jumbo (yang katanya dari sungai), plus krupuk kulit dan sayur bayam. Mantap lah! Credit to Mas Aji! Jangan bosan-bosan menjamu sahabatmu ini ya…

27 thoughts on “Penasaran Sate Ruso

  1. Ada Tiga Hal Kang Asep …
    1. Saya juga pernah ditawari sate rusa atau kijang ini …
    tetapi di jalur yang lain … saya ditawari waktu saya melakukan kunjungan ke Pakanbaru beberapa tahun yang lalu …
    Tetapi saya waktu itu menolak,

    2, Ternyata telah saya baca penjelasan Kang Asep …
    Ternyata alot juga ya … waaahhh saya pasti tak sanggup memakannya …
    secara saya kan pake gigi palsu …
    hhaahahah

    3, Melihat Fotonya …
    saya lebih ngiler dengan Udangnya …
    keknya enak dan gurih tuh …

    heheheheheh

    Salam saya Kang

    • Coba bales..
      1. Berarti belum pernah nyicipin toh om? 2) Om enHa membuka rahasianya loh.. 🙂 3) Benr om, udangnya juga mantabs…

      salam hangat…

  2. duh, ngiler lihat udangnya ,Mas Asep
    kalau sate rusanya sih gak penasaran banget.
    apalagi Mas Asep bilang , dagingnya alot gitu.
    tapi, udangnya itu lho ,….. menggiurkan sangat ………….. (*ngiler*) 🙂
    salam

  3. Hai, Bung Asep!

    Ibu saya pernah makan daging menjangan, dan katanya memang dagingnya itu alot. Jadi nampaknya rusa dan saudara-saudaranya itu memang dagingnya keras. 🙂

    • Hai, Neng Vicky! (ini bukan Vicky Burky yang artis ntu kan? 🙂 )

      Wah, karna saya baru sekalinya itu makan daging rusa, jadi belum bisa membuktikan nih.. Kekny daging rusa yang saya makan itu udah tuir deh..

  4. Saya dinas di Palembang 6 tahun mas, tapi belum pernah merasakan sate ruso lho.
    Kalau ke Jambi juga gak ada yang nawarin tuh ha ha ha ha
    Waktu di Balikpapan ( 12 tahun) pernah makan daging payau ( sejenis ruso)
    Dagingya berserat besar2, enak juga lho.

    Salam hangat dari BlogCamp yang saat ini sedang menggelar acara :
    1. ” Kontes Menulis Opini ”
    2. ”The Amazing Picture ”, dan
    3. ” The Twin Contest”
    4. “ Kontes Menulis Peribahasa “
    dalam rangka menyambut 1st BlogCamp’s Anniversary.
    Silahkan bergabung di BlogCamp dan raihlah hadiah yang menarik.

    Terima kasih

    • Iya pakde, saya sering ke Palembang juga katanya susah cari yang jual daging rusa.. Kalo tempat yang saya ceritain itu (Grissik) lokasinya di tengah antara Palembang – Jambi pakde.. Jadi masih banyak hutannya..

      Wah, terima kasih udangannya pakde.. Semoga saya memiliki waktu untuk bisa ikut kontes2 itu…

  5. oo.. di daerah perbatasan ya..

    btw, kang asep kalau saya pulangkampung, boleh lah kalau kebetulan lagi dinas, kita ketemuan mampir kerumah saya aja 🙂

Leave a Reply

