Jangan ‘Blog Monetizing’di WP Gratisan

Tulisan ini merupakan permohonan maaf sayakepadaWordpress (WP)yang selama ini telah baik hati memberikan lapak gratisan buat saya mencorat-coret ungkapan hati dan buah penikiran saya. WordPress yang baik hati memang. Maaf ya Pres… ๐Ÿ˜‰

Kemarin saya mencoba mencurangi WordPress karena ketidaktahuan saya. Seenaknya saja saya monetisasikan blog gratisan ini. Tentunya dengan harapan saya kecipratan secuil dolar dengan membuatlink referraldi tulisan saya kemarin. “Loh, memang tulisan yang mana? Yang terahir bukannya tentangnovel Padang Bulan?” Bukan, setelah tulisan itu saya sempat menulis tentang monetize. Lalu saya hapus karena kecintaan saya pada blog ini.Beruntung saya memiliki sahabat yang peduli.

Teima kasih pada Bli Cahya dan Pak Aldy atas komentarnya yang mengingatkan saya bahwa ternyata WP gratisan tidak membolehkan aktifitas sejenis monetisasi blog pada peraturannya (Term of Service). Kalau ngeyel, maka tinggal menunggu waktu saja blog kita akan di-suspendalias diblok oleh WP.Bagi beberapa kawan yang waktu hari Senin (19/07) kemarin sempat nyasar ke blog ini, menemui tulisan saya terakhir tentang blog Monetize pertama saya, serta tak lupa ajakan untuk menjadi referral, dan sudah berkometar, mohon maaf karena tulisan tersebut akhirnya -dengan berat hati- saya hapus (awalnya cukup saya sunting). Itu dilakukan setelah sempat diskusi singkat lewat surel dengan Bli Cahya, serta mendapat komentar apik dari Pak Aldy, beliau-beliau menyarankan sebaiknya dihapus saja. Dikhawatirkan, WP menemukan tulisan ini dan men-suspendblog ini.

Ini adalah bukti begitu saya masih awam dalam dunia blog ini. Ternyata ada etika yang mesti kita hargai, selain tentu etika menulis. Etika dari pemberi media sosial gratisan ini pun sepatutnya kita hargai, dong… Berbeda dengan WP, jika di Blogspot, blogger diberikan kebebasan untuk memonetisasi blognya, termasuk adsense. Apalagi yang berbayar (macam dot com, dot info, dot net, dll) yang hosting di luar WP (hosting gratis maupun berbayar).

Inilah salah satu hasil dari indahnya persahabatan. Saling mengingatkan. Beruntung sekali saya cepat diingatkan oleh beliau-beliau tadi. Jika tidak, hmm… Mungkin blog ini hanya tinggal nama saja, alias almarhum… (amit-amit.. jangan sampai deh!)

Footnote : Sebenarnya saya juga ada satu blog selfhosting, cuma entah kenapa jadi tak terurus. Sila kunjungi di sini.

32 thoughts on “Jangan ‘Blog Monetizing’di WP Gratisan

  1. Wuah….susahnya ya..
    yang wordpress ini emang tidak bisa dimonitasi..
    atau meminjam kata2 blogger terkenal :
    Ngeblog dengan hati aja di sini…
    hehe..

    |monitasi apa monetisasi ya.. enakan monitasi ya… :mrgreen: Betul.. betul.. menulislah dengan hati…

  2. bikin blog self hosting aja mas biar hobbynya yang satu itu bisa tersalurkan juga ๐Ÿ˜€

    | Sebenarnya saya malah punya 2 blog selfhosting mbak.. cuma gak keurus.. sy lebih cinta sama yang ini… ๐Ÿ™‚

    • selfdomain saya juga gak keurus, Kang. Yang jalan malah yang ini. Gratisan!!!
      hehehehe
      ~~
      Pantesan biruselalu gak update2… Toss kang! kita kompakan… ๐Ÿ™‚

  3. betul…betul…betul… monetizing itu apa ya?? :mrgreen:

    ~~
    Blog Monetizing = Menduitkan Blog… (halah).. intinya sih menjadikan blog kita agar mendatangkan uang… Yah kira-kira semacam itulah… :mrgreen:

  4. blog q juga kena banned
    wordpress aneh
    alesanya beda2 q tanya kmrin
    bilangnya terllu banyak spam ftyhhh

    ~~
    Duuh.. Ada yang mutung.. hehe… Tadinya ‘tragedi’ sampeyan mau tak cantumin juga loh mas.. Tapi, eh.. muncul sendiri.. :mrgreen:

  5. begitulah bila memiliki banya teman kang… selalu beruntung ๐Ÿ˜‰
    salam persahablogan

    | Alhamdulillah.. saya memang beruntung kang… termasuk bersahabat dengan sampeyan… ๐Ÿ™‚

  6. akupun baru tahu setelah baca postingan ini kalau wp gratisan tak mengizinkan monetize. wah, thanks banget kang Asep.

    |Sama-sama kang.. sya juga beruntung ada yang mengingatkan..

  7. Kang …
    Terima kasih diingat kan …
    Memang WP ini seharusnya … Non Propit …
    tidak boleh cari dollar …
    Salam saya
    (saya sedang mencoba untuk mencari-cari info … bagaimana membuat web site sendiri … biar bisa di “Daya Gunakan” …
    Salam saya Kang Asep …

    |Iya om EnHa… Keknya sy ditakdirkan ‘hanya’ ngeblog saja.. tidak lebih.. hehe..
    Ciye… dot com niye…

  8. Oh iya, WP memang gak bisa untuk cari duit. Btw aku kok masih liat iklan adsense di blog ini? ๐Ÿ˜‰
    blog gratisan yang bisa utk cari duit itu blogspot. Jika mau yang platformnya wordpress bisa pake blogdetik, produk dalam negeri, namun sangat bagus. dan bisa dimonetisasi
    salam kenal

    |Salam kenal juga….
    adsense yang mana ya mas? mungkin salah liat kali mas… suwer.. baru sekai itu saja saya nyoba ‘begituan’ di blog ini…

  9. Untung ga sampe mesti ganti nama blog y kang ๐Ÿ˜€
    Kalo ntar ganti, kira2 nama blognya gini ga kang, “AntiAsepSaiba.wp.com” ๐Ÿ˜€

    ~~
    Jangan mif… Nati-antian kan sudah jadi trademarknya antisimpel…

  10. Ha….Almarhum, Tambhin Alfatikha ….., Santai saja Bro kemungkinan wp juga akan seperti blogspot, mungkin buuh waktu -X, he…he….

    ~~
    Lah.. sapeyan nang apa dadi pindah meng wp gretongan? sing dot com-e msh eksis kan?
    Mending anggermekene bae kang… Amber aja ‘dikotori’ iklan adsense2an…

  11. Kang Asep, semuanya kami lakukan karena kami tidak ingin sesama pengguna wordpress blognya disuspend. Jika kami mendiamkannya berarti kami tidak berteman dengan kang Asep dan tidak punya keinginan menjaga Wp.com. Terlalu idealis ? nggak juga tetapi sebatas itulah yang bisa kami lakukan untuk kang Asep. Sukses.

    ~~
    Terima kasih banyak pak Aldy atas masukannya… Liat deh, ternyata banyak kawan blogger juga yang baru tahu tentang hal ini.

  12. klo mau dapet dollar mending beli domain+hosting aja kang…he….2…..ya modal dikitlah he…2. Aku aja ekspansi gak diblogger lagi tapi modal dikit beli domain+hosting gara2 kecanduan dolar GA…he…2

    ~~
    Sebenere sudah ada kang.. Ada 2 malah.. Tapi gak keurus.. ๐Ÿ˜€

  13. Hmmmm… iya, kalo mau bikin blog berduit, ya hosting sendiri. ๐Ÿ™‚

    ~~
    Dengan kata lain, mo cari duit yang modal dulu donk.. Gitu ‘kan Sop?

  14. betul kang, klo monetize yg dot com aja tuh, kang asep kn dah punya tuh hehehe

    ~~
    Iya, tampaknya setelah ini saya pikir dotcom saya harus dimanpaatkan sebaik2nya tuh.. ๐Ÿ™‚

  15. Ooooo, saya belum ada niatan menduitkan blog, sekadar tempat corat coret aja selama ini ๐Ÿ™‚
    ~~
    Saya juga kemarin itu cuma iseng loh… Untung diingetin…

  16. alhamdulillah, bersyukur banget ya Mas Asep ada sahabat yg ngerti sekaligus juga peduli,
    jadi blog ini masih eksis, gak almarhum ๐Ÿ™‚
    salam
    ~~
    Iya Bun.. Alhamdulillah… Termasuk bunda yng selau mencerahkan lewat tulisan2 inspiratifnya…

  17. Pingback: Wajah Baru: Maaf … Maaf … « Konekkita's Blog

  18. saya meniru langkah kang asep … 3 tulisan pertama langsung masuk keranjang sampah
    maturnuwun
    ~~
    Siip.. tapi kalo memang berminat monetasi blog, coba saja di blogspot, atu sekalin blog self hosting…

  19. Numpang nyari duit d blog gratisan emg bhaya ๐Ÿ˜†
    Manut sama hukumnya saja lah, ndak mau kyk pdgg kaki 5 yg digusur satpol PP :mrgreen:
    ~~
    Analogi yang tepat… jangan sampe digusur satpol… ๐Ÿ˜€

  20. Sama om saya juga baru tau. Monetize tuch maksudnya gimana?? *newbie banget*
    Bener enak banget kalo banyak teman yang mengingatkan. Jadi kita ga bakal kesasar. ๐Ÿ˜€

  21. waduuuh serem juga kalo sampe disuspend ma WP…memang jadinya kita harus pandai-pandai berbuat di dunia maya ini..yaaa namanya juga numpang, musti nurut ma tuan rumah lah..

  22. Pakai blogspot saja, bisa kok dipasang iklan untuk di monetize.. Kalau di wordpress.com baik digunakan sebagai blog dummy yang memberikan trafik dan dapat mendukung blog yang kita monetize

Leave a Reply

