Belajar dengan Bermusik

Dulu waktu jamannya masih sekolah, mulai SMP hingga kuliah, setiap kali menghafal suatu pelajaran untuk ulangan atau semesteran saya selalu diiringi musik yang saya suka. Saya lebih nyaman dan merasa lebih cepat hafal jika ada aluna musik. Apalagi untuk pelajaran hitung-hitungan.

Setiap orang berbeda caranya. Teman satu kosan saya malah akan marah-marah jika saat dia belajar atau menghafal mendengar sedikit saja bunyi berisik. Ia butuh kesunyian dan ketenangan saat menghafal.

Sebuah penelitian di Universitas Wales di Cardiff mengungkapkan bahwa ada pengaruh musik terhadap kemampuan seseorang dalam megingat sesuatu.

Penelitian dilakukan dengan meminta partisipan untuk menghapal delapan huruf konsonan berurutan. Ada empat bagian ruangan menghafal. Pada ruangn pertama, tidak ada musik yang dimainkan, Kedua, diperdengarkan musik yang ia suka. Ketiga, musik yang tidak disuka. Ruangan keempat dengan ritme bebunyian yang tetap.

Hasilnya ternyat menunjukkan bahwa kemampuan menghafal partisipan pada ruangan dengan musik, baik yang disuka atau tidak cukup rendah. Demikian juga pada ruangan dengan ritme tetap. Sedangkan pada ruangan tenang, kemampuan menghafal lebih baik.

Memang semua tergantung kemampuan individu masing-masing. Saya cukup nyaman bila menghafal peajaran diiringi musik tenang yang saya suka, dan ketika dihadapkan pada pelajaran berhitung, maka saya butuh musik yang lebih nge-beat.

Bagaimana dengan pengalaman anda?

Sumber bacaan : Media Indonesia

26 thoughts on “Belajar dengan Bermusik

  1. (Maaf) izin mengamankan KEDUAX dulu. Boleh, kan?!
    Kalau saya rada beda, lebih suka yang hening. Kompi aja sejak sebulan tak instal ulang belum tak pasangin winamp dan sejenisnya.
    hehehehe
    ~~
    Berarti saya termasuk jenis yg langka ya kang.. saya lbh suka kalo ada musiknya…

  2. Kayak pas ngapal kimia itu y kang, cuma tetep aja nggak apal2 euy ๐Ÿ˜€
    ~~
    Bener mif.. Justru sejak berkenalan dgn kimia itu sy makin gandrung kl ngapal pake musik.. ๐Ÿ™‚

  3. Wah waktu aku sma , aku ngapalnya malah di bis, tapi maknyus juga . ulangan jarang dapet di bawah 8 rata2 diatas 8. tapi sekarang kok laen ya maunya tenang..met pagi moga sukses selalu
    ~~
    Hebat juga tuh.. sambil ada lalu lalang orang2 beraktivitas pagi

  4. kalo diiringi muzik, malah yang nyantol syair muziknya mas he he,,
    aku senang yang aman, nyaman, damai,,,
    eits tapi tetap ada kehidupan mas,
    (bukan ngapalin di kuburan hehe)
    (Maaf OOT) Anyway,,Ngapalin Al Quran banyak keutamaannya lho,,
    contohnya di dunia : perasaan tenang dan damai, apalagi pas diminta jadi imam sholat he he (gak gelagepan), bisa ngajarin anak-anak nya (malu donk ama anaknya, dia bisa hapal juz 30, kita ga nyampe ๐Ÿ™‚ dan banyak lainnya,,
    terutama keutamaan di akhirat mas, InsyaAlloh bacaan Al Quran kita diberi pahala 1 huruf = 10 kebaikan, apalagi bentar lagi kita masuk ramadhan nih, pahala berlipat lagi, InsyaAlloh..kita dimudahkan Alloh menunaikan berbagai amalan yang dituntunkan.
    Sukses buat semua..
    ~~
    OOT yang sangat mencerahkang mas herd… Ayo dong dituangkan dalam blog.. untuk syiar…

  5. aku..??
    aku lebih suka sepi jika belajar,suda dipastikan saat orang terlelap dalam buaian mimpi saat itu khusyu belajar,dan buku buku berserakan itu suda pasti ๐Ÿ˜€
    hebat igh bisa belajar sambil denger musik,jika aku yang ada malah asyik denegrin musik dan ikutan nyanyi jadi gak belajar ๐Ÿ˜†
    ~~
    Berarti saya memang termasuk jenis yang aneh ya… ๐Ÿ˜ฆ

  6. jadi inget pas jaman2 SMA dulu. ngapalin ikatan kimia pake lagu. lagunya kocak lagi. haha… emang kerasa banget efeknya. jadi mudah dihapal. dan pas ujian pun jadi ga nyontek. wong tinggal nyanyi aja. hehe… ๐Ÿ™‚
    ~~
    Yang ngapalin rumus unsur berkala itu ya.. contoh “Hari Libur Nanti Kita Serbu Cesar Francis” ๐Ÿ˜€

  7. kalo saya demen banget blajar sembil dengerin musik
    asalkan musiknya slow dan enak didenger
    hehehe

  8. dulu ada makalah dalam lomba jurnal ilmiah yang di buat mahasiswa dari sulawesi. isinya mengenai belajar dengan musik. cukup baik dengan mencontohkan ritme ketukan dan pola otak

  9. hallo kang asep…
    punten kih nembe nongol maning, soale repot kuliah ๐Ÿ˜†

    kalo saya kang belajar sambil dengerin musik lebih asik, lebih slow gitu….

  10. hmmm gimana ya, kalo belajar sambil denger musik emang sih jadi cepet hafal, tapi bukan pelajarannya yang dihafal, malah lirik lagunya yg cepet hafal…. hehe

  11. Saya lebih masuk kalau musiknya tidak saya kenal sama sekali, itupun yang instrumental saja. Kalau kenal dengan lagu dan musiknya malah justru menikmati bukannya belajar

  12. memang macam2 ya Mas Asep cara belajar masing2 orang.
    kalau bunda dulu waktu sekolah, malah senang denger musik instrumentalia aja, baru gampang deh utk menghafal.
    salam

  13. Yang saya rasakan, fungsi musik saat kita belajar sebetulnya bukan utk meningkatkan kemampuan belajar, tetapi lebih kepada menahan kantuk, seger terus berjam-jam. Kalau ga da musik, yg ga biasa pasti lelap sebelum selesai belajar.. gitu kang asep?

  14. Saya dengar juga begitu …

    Katanya … Musik membantu “menata” sel-sel otak …
    Sehingga pelajaran akan tertata dan tertanam dengan baik di Otak …
    Entah betul entah tidak …
    yang jelas saya dulu kalau belajar … ditemani musik

    salam saya Kang

  15. lho musik kan emang bisa menajamkan daya pikir pada otak……… makanya buat anak2 dianjurkan dengerin musik terutama musik2 mozart…………………

  16. Pingback: Benar-benar ‘Hadir’ « Blog AsepSaiba

  17. Pingback: Benar-benar ‘Hadir’ | asepsaiba.web.id

Leave a Reply

