Suara Kamera Ponsel

Yah, kok di hape Bunda ‘gak ada setting-an buat matiin suara kamera ya?”, kira-kira begitu keluh istri saya ketika ia cukup terganggu akan suara dari ponsel-nya saat mengambil foto. Ia merasa risih jika saat mengambil foto, suara keras ‘cekrek’ terdengar keras.

Akhirnya saya pun turun tangan menelusuri semua opsi setting yang ada di ponselnya. Hingga akhirnya menyerah, saya buka buku manualnya. Tak satupun yang menyebutkan cara mematikan suara itu.

Hingga akhirnya salah satu rekan kerja menceritakan bahwa ternyata memang ada laranganpenyediaan pengaturan suara ponsel kamera. Usut punya usut, ternyata memang sudah ada regulasi yang melarang setiap vendor ponsel untuk menyediakan setting-an suara ponsel tersebut, terutama pada vendor ponsel dari Jepang dan Korea Selatan. Kalau tidak salah, aturan ini berlaku sekitar 2-3 tahun lalu.  Ponsel Nokia E63 milik istri saya malah tak ada setting untuk merubah jenis suara kameranya. Hanya “cekrek” saja.

Regulasi diberlakukan untuk meminimalisasi perbuatan amoral dalam hal penyalahgunaaan teknologi ini. Sudah banyak kasus ditemukan adanya, hasil foto tersembunyi dengan ponsel yang memunculkan gambar-gambar tidak senonoh. Yang jelas-jelas mempermalukan si korban.

Tapi, mungkin saja untuk beberapa tipe ponsel yang diproduksi sekitar 3-4 tahun lalu, pengaturan suara kamera ponsel ini masih ditemukan. Contohnya pada ponsel Windows Mobile saya.

Pada akhirnya kita memang harus bijak menyikapi perkembangan teknologi yang semakin cepat. Jangan sampai disalhgunakan demi kepuasan pribadi semata, tanpa mengindahkan norma-norma yang ada.

Advertisements

14 thoughts on “Suara Kamera Ponsel

  1. memang serba salah ya dengan perilaku manusia, selalu ada yang iseng dan berbuat tdk menyenangkan.

    btw, oot, aggregator yang kang asep buat di blogspot untuk blogor kok tdk memunculkan gambar dari tulisan wkf sama spt kayak tulisan punya ocha atau echa ya? apa khusus unt cewek hahahaha… just kidding 😆

  2. Ya ya…, saya juga menemukan hal ini, saya jadi ndak bebas jika mau mengambil foto serangga di halaman rumah, karena mereka langsung kabur saat mendengar suara ponsel. He he…, jadi itu ya alasannya.

  3. met siang kang asep, dah lama gak main kesini hehehe
    bagus juga ya kalo ada regulasi kyk gitu, jadi paling nggak bisa meminimalisir keinginan jahat heheheheh

  4. Makin hebat saja ya tekhnologi di jaman sekarang ini…….saya sebelumnya bahkan tak pernah terpikir kalau bakalan ada yang namanya HP…..he..he..he…
    salam kena….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s