Reuni Lima Tahunan

Reuni, bagi siapapun tentu memiliki makna yang spesial. Pertemuan antara teman lama yang terpisah jarak dan waktu memang selalu menghadirkan kesan yang sangat mendalam. Apalagi terjadi di antara teman-teman seperjuangan dahulu. Mungkin ketika SD, SMP, SMA, atau kuliah.

Di almamater SMA saya, tradisi reuni akbar dilakukan lima tahunan. Kami menyebutnya sebagai Lustrum. Menurut Om Wiki, Lustrum merupakan bahasa Romawi Kuno yang berarti periode lima tahun. Kebetulan, lustrum di SMA almamater saya jatuh pada tahun-tahun dengan kelipatan lima tahun. Lustrum yang sudah menginjak usia ke-12 ini jatuh pada tahun 2010 ini. Jadi, almamater SMA saya genap berusia 60 tahun.

Alhamdulillah pada acara Lustrum tahun ini saya diberi kepercayaan untuk bergabung dalam tim kepanitiaan. Memanjangkan silaturahim, itulah tujuan saya sebenarnya :).

Beberapa rangkain keiatan Lustrum kali ini antara lain:

  1. Open house; Memperkenalkan SMAKBo melalui pemutaran film tentang sekilas SMAKBo, demo dan eksperimen kima, dll. (26-30 Juli 2010)
  2. Sarasehan (2 Austus 2010)
  3. Lomba eksakta tingkat SMP (20 September – 2 Oktober 2010)
  4. Family gathering (25 September 2010)
  5. Bakti sosial dan silaturahim guru sepuh (2 Oktober 2010)
  6. Seminar Nasional dengan tema “Green Chemistry”  (7 )ktober 2010)
  7. Kongres Himpunan Alumni Sekolah Kimia Analisis (HASKA) (8 Oktober 2010).
  8. Temu Alumni 1950-2010; acara puncak (9 Oktober 2010)

Alhamdulillah, rangkaian kegiatan yang sudah terlewat dapat dilaksanakan dengan baik. Sangat berkesan ketika melihat rekan-rekan alumni bahu-membahu bekerjasama tanpa lelah menyiapkan segala sesuatunya. Rapat hinga larut malam, bahkan sampai menginap sudah tak terhitung kami lakukan. Semua demi menyambut acara ini.

Sungguh, empat tahun masa penggemblengan yang kami lewati semasa SMA begitu membekas dalam diri kami, para analis kimia (entah, apakah saya masih berhak dengan sebutan itu, karena saat ini aktifitas saya sangat jauh dari predikat itu 🙂 ).

Tadi siang, saya berpapasan dengan guru sepuh yang sangat saya hormati hingga saat ini. Beliau mengajar Bahasa Ingris, meski beliau adalah asli almni sekolah kami. Dulu beliau dikenal sebagai guru ‘killer’, karena tak segan memarahi kami jika berbuat salah. Tetap dengan gayanya yang khas dan santun, beliau menanyakan kabar dan kegiatan sekarang, termasuk menanyakan sudah berkeluarga atau belum. Sungguh, sambutan hangatnya itulah yang membuat beliau sangat pantas untuk kami segani dan kami anggap sebagai guru sepuh yang patut kami teladani. Terima kasih atas semua ajaran yang engkau tularkan pada kami, Pak Ino.

Sebuah poster kreatif yang dibuat oleh rekan alumni. (klik untuk perbesar)

Buat rekan-rekan sejawat, sealmamater, seperjuangan, dimanapun kalian berada, ayo datanglah hari Sabtu besok. Mari kita puaskan dahaga kita akan kerinduan tanah SMAKBo yang kita cintai. Silakan menengok laboratorium gravimetri saat dulu kita belajar timbangan, atau laboratorium KI tempat kita diberi quiz sebelum masuk praktikum, atau mungkin toilet sekolah saat kita mengguratkan kreativitas di temboknya… Silahkan cium udara khas tanah Ciheuleut… Bagaimanapun, kenangan itu akan terus menjadi bagian dari hidup kita.

60… SMAKBO GO…

Advertisements

14 thoughts on “Reuni Lima Tahunan

  1. Ada sebuah humor becandaan tentang lustrum. 😀

    + “Ikutan lustrum minggu depan yuk”
    – “Lustrum? Lustrum gue kelojotan!!” 😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s