Fokus pada Prioritas

“Alhamdulillah, hari ini berjalan sesuai yang diharapkan, kuncinya cuma satu: Fokus!”. Kira-kira kalimat itulah yang bebearapa hari lalu saya tuliskan pada status facebook saya.

Benar kawan, saya tidak bohong. Hari itu sungguh gemilang saya rasakan. Bagaimana tidak? Beberapa tugas yang diamanahkan dapat selesai di hari itu, sesuai target yang saya ranyang sendiri. Kuncinya cuma satu, fokus pada prioritas yang telas disusun.

Ketika beban tugas dilimpahkan, sebaiknya segera susun prioritas tugas mana yang harus segera diselesaikan. Urutan prioritas bukan hanya dilihat dari bobot tugas itu saja, tapi juga dengan melihat dan menyadari kemampuan diri mengemban tugas itu. Jangan pernah memaksakan sesuatu yang kita sendiri tak sanggup mengerjakannya saat itu juga. Urutan prioritas akan membantu kita untuk lebih fokus pada tugas itu.

Ya, fokus! Inilah sebenarnya kunci utama ketika kita mengemban tugas yang harus segera diselesaikan. Singkirkan sejenak hal lain diluar track job itu. Hal-hal kecil jika dibiarkan justru malah mengganggu konsentrasi, yang pada akhirnya tugas jadi tidak selesai tepat waktu atau malah terbengkalai.

Tapi terkadang, di suatu keadaan kita pun dituntut mesti kreatif dengan mengerjakan tugas-tugas itu secara simultan. Yang berarti, prioritas dibuat seimbang antara satu tugas dengan tugas lainnya. Saya pun kadang melakukannya, ketika dirasa masing-masing tugas memliki bobot yang sama. Triknya, tetap fokus. Namun persentasi fokus tidak sebesar ketika kita fokus pada satu tugas. Terkadang saya juga terbantu dengan menyusun alat-alat kerja, dokumen, atau sarana lain secara beraturan di atas meja kerja sehingga akan membantu saya tetap fokus pada tugas-tugas itu.

Salah seorang kawan berkomentar di status FB saya, “Surga adalah prioritas hidup kita”. Amin… Semoga saya dan anda semua menjadikan surga sebagai prioritas hidup kita yang hakiki.

Just Focus!

Advertisements

22 thoughts on “Fokus pada Prioritas

  1. Hmmm …
    Prioritas adalah … kemampuan mengelola waktu kita untuk mengerjakan
    Tugas Penting dan Tugas Urgent.

    Ada Tugas yang penting dan juga urgent …
    Ada yang penting tapi tidak urgent …
    Ada yang tidak penting tapi urgent …
    Ada yang tidak penting dan juga tidak urgent ….

    Yang seru lagi …
    kelihatannya tugas urgent itu selalu penting … (padahal tidak)
    kelihatannya tugas penting itu selalu urgent … (padahal belum tentu)

    Dan untuk mengetahui itu semua …
    Kang Asep benar … diperlukan … FOKUS …

    Salam saya Kang

    Sayangnya kita suka mencampur adukkannya …

  2. benar, kang. fokus satu persatu menyelesaikan tugas. seperti pagi tadi, pengurus blogor mengadakan meeting terbatas dg salah seorang anggota dewan pembina, untuk fokus pada 2 konsentrasi. hasilnya OK!
    thanks!

  3. …fokus merupakan pusat perhatian kita melihat,memahami,berpikir, dan bertindak…dengan fokus kita juga bisa menyusun ukuran standar keberhasilan pelaksanaan dan pencapaian hasil….suatu pekerjaan bisa saja dikerjakan tanpa fokus…namun proses dan hasilnya bisa mengalami simpangan atau deviasi…dengan fokus kita lebih ringan…tidak memikirkan hal lain…kecuali perhatian kita berpusat pada titik tujuan tertentu…dengan demikian sumberdaya bisa dikelola dengan optimum…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s