Aku Tidak Cadel Lagi

Kemampuan setiap anak kecil, termasuk balita memang berbeda. Ada yang dikaruniai Allah dengan kemampuan di atas rata-rata, misal cepat bisa berjalan, berbicara, menulis, membaca dan lainnya. Tapi ada juga yang memang terbatas, lambat dalam kebisaan melakukan sesuatu. Misal, baru usia 2 tahun bisa berjalan, atau di usia 2,5 tahun si anak baru bisa diajak komunikas, dll.

Alhamdulillah, sejauh yang saya perhatikan, Eshal, putri tercinta saya termasuk anak yang berada pada kisaran rata-rata. bisa berjalan sendiri di usia 1,5 tahunan, komunikasi juga sudah bisa dua arah di usia itu, aktif, cepat menirukan sesuatu, dll.

Ada satu tips sederhana dan mudah dilakukan. Tips ini saya terapkan untuk mengajarkan putri saya agar cepat bisa melafalkan huruf “R”, sehingga tidak cadel lagi dengan melafalkannya sebagai huruf “L” atau “eW”. Begini, di awal-awal ia mulai bisa berbicara, sebisa mungkin kami (saya dan bundanya) berusaha tidak mengikuti kebiasaan cadel dia dengan ikut-ikut men’cadel’kan dengan sengaja. Tapi bicara melafal setiap kata yang mengandung “R”, seperti biasa. Bahan sesekali saya mengajak ia agar mengucapkannya. Rambut, keras, kriting, rumah, atau kata apapun yang mengandung “R”. Hasilnya, alhamdulillah sekitar 2 bulanan lalu dia sudah mahir melafalkan yang mengandung huruf “R”. Bahkan sepertinya ia suka, jadi kadang mengucapkannya dengan sangat jelas :). Dibandingkan dengan sepupunya yang 4 bulan lebih tua, Eshal lebih cepat untuk tidak cadel lagi.

“Ala bisa karena biasa”. Biasakan saja mencontohkan ‘yang benar’ di depan anak balita kita. Ingat, daya serap otak mereka sangat kuat di masa-masa emas itu. Jangan sia-siakan.

We love you, Bunga Surga…

22 thoughts on “Aku Tidak Cadel Lagi

  1. Wah bahagianya….
    kalau saya dulu kata Bunda meski udah diajarkan tetep gak bisa, usia 3,5 tahun masih blm bisa bicara meski sebenarnya mengerti tapi lidah mah bisa karena genetica juga kok..meski alah bisa karena biasa..

    Ini juga terjadi pada ponakanku, dia udah lincah dan usia 11 bulan udah jalan tapi untuk bicara menginjak 2 bulan ini mulai bisa, padahal kalau diajak ngobrol ngerti dia cuman karena ga bisa bicara jd cuma main tunjuk n bahasa isyarat. Bunda bilang sih “ini sih nurun tantenya” he he he

  2. Ini dia tips yang baik untuk keluarga di Indonesia, padahal katanya lumayan susah lho mendidik anak agar bisa melafalkan R dengan baik, guru TK dan SD saja sering kewalahan.

  3. aiiih jadi inget dulu gimana serunya belajar ngomong R.. padahal udah sekitar 10 tahun yang lalu.. 🙄
    moga Eshal makin cerdas kang 😀

  4. fotonya Eshal, lucu banget…
    menjadi orang tua memang sulit…
    tapi buat anaknya tercinta apa sih yang tdk bisa.
    sebisa mungkin pasti orang tua kasih yang terbaik buat anaknya.

  5. Pingback: Ayahku Keren! « [SaiBlog]

  6. Pingback: Ayahku Keren! « asepsaiba.web.id

  7. ini kisah ku yang menyedihkan” aku dari kecil emang cadel enggak bisa ngomong r > waktu aku kecil aku aku ikut bersama nenek ku tp setelah aku lulus dari smp aku ikut serumah dengan ayah coz aku mau nerusin usaha perdagangan kayu” ibuk ku udah bercerai dengan ayahku dan tinggal rumah sendiri sendiri>> dan yang paling menyedihkan ayah ku sama ibuk ku sendiri tidak tahu kalau aku cadel dan aku berfikir betapa kecewanya punya anak aku>>cozx aku lah kelak yang akan meneruskan usaha kalau ayahku udah tua nanti>>aku dari kecil emang sudah terbiasa kalau masalah di olok olok ama teman ku dan aku hanya pasrah meskipun hatiku hancur “emang dari kecil aku tidak pernah memakai kata kata yang berhubungan dengan hurup r …dan aku merasa apa mungkin aku bisa meneruskan usaha ayahku kalau ngomong hurup aja enggak bisa” dan kini ayahku punya truk 2 bukannya sombong tapi alhamdulilah usaha ayah ku lancar sampe sekarang dan andaikan ayah ku tau kalau aku cadel pasti dia kecewa.AKU MERASA TIDAK PUNYA TEMAN KARNA MINDER …………dan akhirnya setelah aku fikir fikir apa mungkin aku bisa sembuh???? dan kemarin hari minggu malam aku harus berusaha bilang rrr tapi susah banget seharian aku di dalam kamar latian nggetarin lidah dan tadi pagi tak sengaja tenggorokan ku gatal dan aku menarik napas dalam dalam terus aku tutup hidungku aku keluarin lewat tenggorokan terus aku terkejut lho lidah ku kok bisa getar .TERUS DALAM HATI APAKAH ADA KESEMPATAN BUWATKU UNTUK SEMBUH/// dan malam nya aku masuk kamar terus aku kunci audio aku nyalain biyar enggak ada orang yang denger aku lagi apa >kan tipe cowok pemalu aku..terus aku ambil cermin sama hp hp nya buat ngerekam dimanakah titik kelemahan lidahku saat bilang r dan terus aku ulangi sampe 2 jam an setelah aku play record hp ku ada beberapa r yang sudah bisa tapi susah banget dan tadi pagi kan aku belom bisa dan akhirnya sekarang aku sudah bisa bilang r dech >>>aku udah bisa nyebutin beberapa kata contohx ular besar melingkar di pagar pak umar..PERTAMA YANG HARUS AKU LAKUKAN HARUS NGOMONG TERRRRRRRRRRRRRRR AKU INGAT SAAT MAMAKU DULU NGAJARIN ADEK KU PERTAMA TAMA HARUS NGOMONG BEGITU ..Sudah 2 hari ini aku latian kayaknya ada kemajuan pikirku dan kelak nnti kalau aku udah bisa andaikan ada temenku yang mengolok ngolok aku CONTOH ..eh DIT KAMU PELAT YA COBA KAMU NGOMONG R”” dan aku akan bilang rrrrrrrrrraimu soalnya sudah tahunan aku memendam luka hati ……..INI CERITAKU SEMOGA BISA JADI INSPIRASIMU ow iya namaku adit umurku 19 tahun dulu aku emang cadel paling parah >>>>>>>>>>>>>>met siang

Leave a Reply

