Picasion.com | Situs Pengunggah Foto yang Sederhana

Untuk memuat semuah gambar pada widget di blog wordpress, kita tidak bisa memasukkan langsung file tersebut. Tapi harus melalui perantara suatu website pengunggah image, macam Photobucket, Imageshack, Flickr, atau lainnya.

Setelah mengunggah file gambar pada salah satu situs tersebut, akan didapatkan URL gambar yang dimasukkan dalam kolom Image URL. Hambatan bagi saya, dari ketiga contoh pengunggah gambar tersebut tidak ada satupun yang bisa diakses lewat komputer kantor alias diblokir. Jikapun memaksakan menggunakan modem, hasilnya akses menjadi lambat.

Nah, kemarin tak sengaja saya menemukan picasion.com, sebuah situs pengunggah gambar yang lebih sederhana dan tidak memakan banyak bandwith saat kita mengaksesnya.

Cara pakainya pun cukup sederhana. Di tampilan awal, anda akan langsung menemui kolom untuk mengunggah file gambar/foto yang dimaksud. Kemudian atur ukuran gambar yang nanti akan dimunculkan. Untuk keperluar tampilan di widget biasanya saya mengatur pada nilai 100px atau 125px, selain itu kita bisa mengatur kecepatan situs ini mengunggah foto yang akan mempengaruhi kualitas gambar yang akan dihasilkan. Lalu yang terakhir, tinggal di-klik saja tombol ‘Create animation’ . Tunggu sejenak, akan muncul URL atau HTML code untuk gambar yang kita unggah tadi. Tinggal menyesuaikan kebutuhan, info mana yang akan kita pakai. Untuk keperluan widget, salin saja URL yang ada pada kolom ‘Direct link’ .

Di picasion, kita juga bisa memuat lebih dari satu foto dan membuat rangkain gambar yang bergerak sendiri (GIF animation). Caranya hanya tinggal unggah file-file gambar/foto yang diinginkan, lalu ‘Creat animation’. Jadilah tampilan gambar pada tulisan kita sebagai rangkain gambar. Contohnya ini, narsisnya para Barudak Blogor saat PestaBlogger+ 2010 kemarin.

Apakah anda punya pengalaman lain, mengakses situs pengunggah foto yang lebih sederhana dibandingkan picasion?Dibagi ya pengalamannya…

Advertisements

20 thoughts on “Picasion.com | Situs Pengunggah Foto yang Sederhana

  1. Kalau kecepatan server-nya lebih cepat mana, misalnya Flickr dan Picasa Web Album kan memang akan lebih cepat menampilkan gambar dibandingkan Photobucket, jadi itu salah satu pertimbangannya.

    Saya sendiri pakai client imageshack, jadi sama sekali ndak perlu masuk ke websitenya :D.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s