PGN SBU1 Peduli Bencana Merapi

Tak menentunya bencana Merapi yang tak kunjung menunjukkan tanda-tanda mereda, mencetuskan ide spontan dari jajaran manajemen PGN SBU1 (Perusahaan Gas Negara) untuk turut andil meringankan beban saudara-saudara yang dilanda musibah di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan sekitarnya. Jumat siang tercetus ide untuk menggalang dana dari seluruh insan PGN, khususnya SBU1. Panitia kecil pun dibentuk dengan cepat dan segera menyebarkan info kegiatan ini secara sporadis ke unit-unit kerja yang lain untuk turut berpartisipasi dalam penggalangan dana. Alhamdulillah, kegiatan ini mendapat respon dan aspirasi yang sangat baik.

Rekening untuk menampung dana pun digulirkan’ spreading info menyebar ke unit kerja PGN yang lain yang tersebar di seluruh Indonesia. Lewat pesan berantai, broadcasting, surel, SMS informasi tentang kegiatan ini cepat menyebar. Dari pesan broadcasting, saya mendapat info bahwa dana yang terkumpul akan dibelanjakan kebutuhan-kebutuhan untuk para pengungsi, tentu saja kebutuhan yang mendesak macam: masker, baju, selimut, popok bayi, susu UHT, dll.

Subhanallah, belum berkurang keharuan saya saat hari Minggu kemarin bersama kawan-kawan dari Blogor (Komunitas Blogger Bogor) menghimpun dana dengan turun langsung di area keramaian kota Bogor,  Senin (08/11) pagi kemarin saya dibuat tercengang ketika melihat banyak tumpukan karung-karung di ruang tunggu, dan itu semua memang akan dikirim ke wilayah bencana menggunakan truk. Dan lebih salut lagi, ternyata kami pun mengirimkan relawan-relawan PGN SBU1 untuk terjun langsung mendistribusikan bantuan agar tepat sasaran.

Kegiatan ini juga bekerjasama dengan Rumah Zakat. Relawan yang dikirim sebanyak 7 orang yang diberangkatkan dengan 2 unit mobil 4WD double cabin, lengkap dengan perlengkapan APD (Alat Pelindung Diri) khas lapangan. Dalam rombongan itu juga diikutsertakan Mobil Sehat PGN kerjasama PGN SBU1 dengan Rumah Zakat, dan tentunya lengkap dengan personil ahli medisnya. Dari status profil salah satu kawan di tim tersebut, direncanakan jalur yang akan ditempuh yaitu Boyolali, Klaten, kemudian Muntilan.

Dari data yang disampaikan, tercatat telah terkumpul dana sebanyak +/- Rp 134 juta hanya dalam waktu 3 hari sejak digulirkannya kegiatan ini, dan akan terus bertambah karena rekening dana bantuan #merapi ini belum akan ditutup. Dalam seremoni pelepasan keberangkatan tim relawan dihadiri juga oleh Direktur Pengusahaan PGN, Michael Baskoro dan Kepala PGN SBU1, Jobi Triananda. Pak Baskoro dalam pesan pengantranya mengatakan bahwa ia sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini, dan berpesan kepada tim relawan agar dapat menjaga nama baik perusahaan, dan dalam kegiatan di lapangan tidak terlalu memaksakan diri.

Sungguh terharu melihat momen-momen itu. Semoga kegiatan ini ada karena murni dari niatan yang ikhlas untuk membantu saudara sebangsa. Dan semoga tidak hanya sampai di sini saja kiprah PGN untuk turut meringankan beban negeri yang sedang ditimpa ujian berat. Mentawai, Wasior, dan daerah lain yang tertimpa musibah  masih menunggu uluran tangan kita semua. Ayo bantu sebisa kita, dalam hal apapun, sekecil apapun.

Kepada kawan-kawanku tim relawan, jaga kesehatan kalian, jangan lupa keluarga menunggu di rumah. Semoga amanah yang diemban dapat kalian jalankan sebaik-baiknya. Jangan paksakan diri jika memang sudah tidak sanggup meneruskannya. Allah menyertai kalian semua!

Semoga kegiatan ini benar-benar murni dari niatan yang ikhlas untuk membantu saudara sebangsa.

Terakhir, Numpang nampang (lagi) boleh dong… 😀

Pasukan Cadangan (?)

Advertisements

23 thoughts on “PGN SBU1 Peduli Bencana Merapi

  1. Saat ini adalah saat yang tepat untuk berbagi dengan sesama. Berbuat baik untuk meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena bencana.
    Tetap semangat 😀

  2. Kang mari kita berdoa bersama
    Semoga derita yang sedang melanda sebagian saudara-saudara kita ini cepat teratasi
    Semoga semua kembali normal seperti sedia kala

    Salam dan Doa saya Kang Asep

  3. Subhanaullah, semoga di mudahkan jalan kawan2 yang punya niat suci utk membantu sodara2 kita ya kang. kita doakan sama2 semoga badai ini cepat berlalu, dan diberikan kesabaran utk sodara2 kita di sana.

  4. Dengan hormat,
    kami warga dari dusun Dadapan, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa tengah, kode pos:56481 terletak radius kurang lebih 10km dari puncak merapi arah barat, yang mana terkena dampak letusan merapi mengakibatkan lumpuhnya perekonomian masyarakat, karena mata pencaharian pokok kami seperti pertanian dan peternakan tidak bisa berjalan seperti biasa.
    Oleh karena itu kami dari warga mengharap tali asih dari para dermawan sekalian. Dimana sejak letusan pertama kami belum mendapat bantuan dari pemerintah. Ada juga warga dusun tetangga yang mengungsi di dusun kami, dari kesepakatan warga dadapan dibangunlah posko untuk membantu para warga dadapan dan pengungsi yang dipimpin oleh bpk jatmiko dengan no hp.085729051999,087834090999,081802669000, dan alamat Dadapan, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa tengah, kode pos:56481, Jalan tembus blabak – salatiga, 100meter setelah Pariwisata Ketep Pass. Untuk posko Desa Ketep bisa menghubungi no hp.081915444786,085879946118 atas nama bpk marpomo.
    Untuk keterangan yang lebih jelas bisa berkunjung ke tempat kami ataupun menghubungi no hp yang tertera di atas.
    Atas simpati dan perhatiannya kami ucapkan banyak terima kasih.

  5. saya ingin membuat gerakan sosial koki untuk merapi karna saat ini mereka sedang membutuhkan untuk membuat makanan setiap harinya.
    saya ingin tanya apakah dalam membuat kerjasama itu harus ada persyaratannya atau apa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s