Paguyuban Asep

Senyum tak bisa lepas dari bibir ini ketika saya akhirnya berkesempatan bertemu muka dengan kawan-kawan bernama sama “Asep”. Entah, rasanya lucu dan unik berada di tengah-tengah orang bernama sama. Apalagi, nama ‘Asep’ cenderung mudah dikenali asal-usulnya, pasti dari daerah tatar sunda (walapun kenyataannya tidak hanya dari tatar Sunda).

Pertemuan ini memang sudah dijadwalkan sebelumnya untuk sebuah acara talk show Saung Nyerat di radio Sipatahunan 89,4 FM Bogor. Acara ini sendiri digawangi oleh Blogor (Komunitas Blogger Bogor) sebagai pemandu acara (host).

Saya tidak begitu ingat kapan tepatnya saya bergabung di Paguyuban Asep yang terebntu di jejaring sosial Facebook. Mungkin sekira awal 2009-an. Baru kemarin (04/12) berkesempatan kopi darat, malah dengan penggagasnya langsung, kang Asep Iwan Gunawan (Asep Igun) dan Kang Asep Maskan. Menurut cerita kang Asep Igun, awalnya ia iseng membuat group “How Many ASEP in Facebook?”, yang dalam tempo singkat mampu menyedot perhatian facebooker-facebooker yang bernama Asep. Lantas banyak menyarankan agar group ini diberi nama, usulan-usulan muncul dari Komunitas Asep hingga Asep United, namun nama Paguyuban Asep lebih memikat hati para anggota, karen lebih meng-Indonesia, dan Nyunda banget. Saat ini sudah hampir 1200-an anggota terdaftar di group Paguyuban Asep. Termasuk para fans Asep :).

Asep Khambali, salah satu anggota dan juga ketua komunitas Historia (yang menekuni bidang budaya dan sejarah) mengadakan tour gratis di area Kota Tua Jakarta. Uniknya, ia menggratiskan pengunjung bernama Asep asalkan bisa menunjukkan KTP atau identitas lainnya. Saya sendiri berhalangan hadir waktu itu.

Paguyuban Asep pernah dimuat di majalah Intisari edisi November 2010. Ada satu ide yang cukup unik namuncukup serius, yaitu niatan Paguyuban Asep mengadakan sebuah kegiatan dalam bidang sosial budaya, dengan judul “Asep Award”.

Profil Paguyuban Asep di Majalah Intisari

Yah, semoga komunitas ini tidak hanya sekedar ajang kumpul dan silaturahim para jejaka kasep/cakep/ganteng yang bernama Asep saja (jangan protes ya, karena Asep memang identik dengan kasep 😀 ). Tapi lebih dari itu, memberikan manfaat bagi ssekitarnya, dan tentunya bagi Indonesia, sesuai dengan tagline-nya, “Ti Asep, Ku Asep, Keur Indonesia” (kurang lebih artinya Dari Asep, Oleh Asep, Untuk Indonesia).

Saat update tulisan ini (02/01/2012) tercatat sudah 1.565 anggota yang sudah gabung di group facebook Paguyuban Asep. Sok atuh, bagi kawan-kawan yang mungkin bernama Asep, punya saudara/tetangga/kenalan/rekan kerja yang bernama Asep, mari bergabung bersama kami di Paguyuban Asep. Sementara ini, media sosial yang paling aktif sebagai tempat silaturahim yaitu di group facebook. Ketik saja pada kolom search “Paguyuban Asep”.

Selain facebook, bisa juga mem-follow akun twitter @paguyubanasep untuk mengikuti informasi dan kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh Paguyuban Asep.

Video Lagu “Paguyuban Asep” karya Kang Asep Towal Towel (Asep samsu Hidayat) :

Suasana Talk Show On Air di Radio Sipatahunan 89,4 FM Bogor

Suasana Talk Show On Air di Radio Sipatahunan 89,4 FM Bogor

Asep Maskan, Asep Igun dan Saya

Asep Maskan, Asep Igun dan Saya

Advertisements

29 thoughts on “Paguyuban Asep

  1. Hidup PERKASI … Persatuan Kang Asep Indonesia

    Ini sama juga dengan paguyuban Bambang dan Sugeng …
    Sepertinya Asep anggotanya juga banyak euy …

    Salam saya

  2. wah iya saya pernah juga kang ada paguyuban yang mengangkat NAMA sebagai temanya, kalau gak salah komunitas soegeng…
    buat kang ASEP-ASEP lainnya mantap deh bisa menambah pertemanan dimuka bumi 😆

  3. hmm.. ternnyata banyak juga nama ASEP ya. Dulu juga di tv ada acara ASEP yang merupakan akronim dari: Anak Seribu Pulau hehhe… Asep memang terkenal. Hebatlah!

  4. Pingback: NINE FROM THE GENTLEMEN #2 | The Ordinary Trainer writes …

  5. Jadi terinspirasi untuk membuat paguyuban “cas” di Indramayu-Cirebon: casdira, casman, casmadi, castirih, casminah, casimin, caswadi, casrudi… 🙂

  6. Sampurasun lur……….. ngiring bingah sareng ngiring gabung, simkuring ti kalimantan timur bagian utara tepatna di Malinau………. wassalam……….

  7. damel restorasi budaya yuk… tempatna di jakarta, paguyuban asep jakarta siap fasilitator. kumaha kang???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s