Komitmen

Seorang teman mengeluh tentang masalah dalam pekerjaannya, tentang begitu sulitnya ia dan rekan-rekan setimnya mencapai target yang sudah ditetapkan. Meski tercapai, terkadang tidak sesuai dengan kualitas atau kuantitas yang diharapkan. Lantas, bagaimana sih agar kita bisa mencapai goal yang telah kita targetkan?

Bukan tentang rencana yang bagus (good planning)

Kita bisa menyusun berjuta rencana yang paling bagus sekalipun. Kita bisa menyusunnya bertahun lamanya, dari berjuta literatur sekalipun. Kita bisa menyussunnya dengan menggunakan barmacam variasi metoda menurut teori-teori cara penyusunan sebuah rencana. Bukan, ini bukan tentang sebuah perencanaan yang bagus.

Bukan tentang tim yang solid

Tim yang kita bentuk bisa saja teridir atas orang-orang hebat, yang tangguh di bidangnya masing-masing. Sebutlah anda ingin tim anda terdiri dari profesor, dokter, insinyur, atau ahli-ahli terkemuka lainnya. Tapi bukan itu teman, ini bukan tentang sebuah tim solid yang dibutuhkan untuk mencapai target. Ada yang lebih besar dari itu.

Bukan juga tentang peralatan canggih

Teknologi memang hadir untuk membantu bermacam kegiatan manusia. Kita dimanjakan olehnya. Dan ini adalah alamiah, setiap kita tentunya ingin teknologi membantu segala aktivitas kita, termasuk membantu untuk meng-goal-kan target kita. Sekali lagi, ada yang lebih besar dari sekedar penggunaan peralatan canggih untuk membantu pencapaian target.

INI SEMUA TENTANG KOMITMEN

Ya, komitmen. Haya satu kata saja, komitmen. Inilah satu hal terbesar yang dibutuhkan jika ingin menggapai target, dalam hal apapun. Ketiga hal yang saya sebut di atas tak akan mampu (atau bisa juga sedikit membantu) membantu wujudnya goal yang kita ingin capai. Meski dengan rencana yang biasa saja, tim yang biasa saja, ataupun peralatan yang biasa saja, tapi dengan adanya komitmen dari setiap anggota tim (atau dalam kasus diri anda sendiri), percaya teman, anda dan tim mampu menggapai target (kecuali Yang Kuasa berkehendak lain).

Komitmen menuntut segala aspek positif yang pada dasarnya dimiliki oleh setiap insan di bumi ini. Sebut saja di antaranya, loyalitas, integritas, kejujuran, ulet, sabar, teliti, atau hal positif lainnya. Jika anda tidak bisa berkomitmen, sebaiknya mundur saja di awal langkah, daripada selanjutnya anda akan selalu berbohong pada diri anda sendiri. Berbohong jika anda bisa diandalkan.

Oya, hari ini tiap 9 Desember adalah Hari Anti Korupsi Sedunia. Boleh dong kalau saya hubungkan tema tulisan kali ini dengan momen pada hari ini. Korupsi tidak akan dapat diberantas tanpa adanya komitmen. Komitmen serius dari pemerintah, aparat, birokrasi, dan tentunya diri kita sendiri. Yuk, berkomitmen untuk sama-sama mengapus praktik-praktik korupsi di bumi Indonesia tercinta ini.

Advertisements

30 thoughts on “Komitmen

  1. Sayangnya bebas korupsi tidak sama dengan bebas pajak, hi hi… 😀 – semoga rakyat yang berkomitmen membayar pajak disertai dengan komitmen penggunaan pajak sebesar-besarnya untuk kemaksuran rakyat semuanya, bukan segelintir saja :).

  2. (Maaf) izin mengamankan KETIGAX dulu. Boleh, kan?!
    Korupsi juga tentang komitmen. Kalau enggak ya kek gini, mulutnya teriak-teriak Berantas tapi jari dan tangan Serayu, eit, Merayu…

  3. Selama keserakahan masih ada, korupsi masih ada, saya setuju dengan tulisan kang asep diatas, ini komitmen seluruh bangsa Indonesia untuk memberantas korupsi di Indonesia

  4. …dengan rencana yang bagus (terukur dan manageable),teknologi tepat guna, tim yang solid, kepemimpinan yang melayani, dana cukup…plus tentunya komitmen dari para pelakunya…maka implementasi program akan jauh lebih efektif…betul tanpa komitmen bakal mubazir…

  5. Yup … i like this
    It’s about commitment

    kesungguhan dan endurance untuk melakukan semua rencana dan kerja sama tim yang bagus itu

    salam saya

  6. Yang penting adalah kemauan politik dari pemerintah dan pihak terkait.
    Kalo gak ada kemauan yang mendalam di hati para petinggi negara ini, ya gak bakal habis korupsi. 😡

  7. sepakaaat…
    komitmen adalah sikap dan keseriusan kita
    komitmen adalah niat kita
    komitmen yang baik akan membawa pada hasil yang baik
    salam sukses..

    sedj

  8. Pingback: Key Performance Indicator (KPI) « Blog Asepsaiba

  9. Pingback: Key Performance Indicator (KPI) | asepsaiba.web.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s