Bugar dengan Bersepeda

Baru sebulanan ini saya sedang gandrung dengan keasyikan saya yang baru, yaitu bersepeda. Meskipun niatan ini sudah lama terpendam, alhamdulillah baru sekira sebulan lalu saya mewujudkannya. Dan itu jadi salah satu resolusi saya di 2011 ini, bersepeda ke kantor setiap hari (dengan pengecualian kondisi yang tidak memungkinkan tentunya). Bersepeda ke kantor atau sudah sekira enam tahunan ini banyak dikenal sebagai Bike to Work / Bike2Work.

Bukan karena kegandrungan saya yang baru ini yang menyebabkan saya ‘malas’ ngeblog, bukan. Entahlah, saya pun tak bisa mengerti kenapa tiba-tiba saya malas ngeblog (termasuk blogwalking). Jadi, maafkan saya bagi kawan-kawan blogger yang belum sempat saya kunjungi balik setelah meninggalkan komentar di blog ini.

Seorang kawan blogor yang kebetulan juga hobi bersepeda pun sedikit menyentil saya, kira-kira begini, “Kalau sekarang lagi gandrung ngegowes, kenapa tidak posting tentang pengalaman gowes saja?” Terima kasih atas inspirasinya. Maka, inilah tulisan pertama saya tentang hobi yang baru ini.

Rumah di Bogor, kerja di Jakarta. Moda transportasi masal yang saya gunakan adalah KRL. Sungguh ideal untuk sebuah aktivitas commuting. Dari tahun 2007 rutinitas harian selama pergi dan pulang kerja adalah dengan menggunakan sepeda motor ke stasiun Bogor, titip di parkiran, naik KRL, sampai di stasiun Gambir, jalan kaki ke kantor, begitu sebaliknya ketika pulang. sudah sekitar sebulanan ini, moda sepeda motor saya gantikan dengan sepeda lipat, ringkas dibawa saat pindah ke moda KRL.

Beruntung, saya berkenalan dan turut bergabuing dengan kawan-kawan gowel-bogor yang ternyata banyak juga yang ber-commuting-ria. Sehingga penampakan seperti di foto atas lazim kami nikmati setiap hari di KRL Pakuan Tanah-Abang keberangkatan pukul 05.35 WIB.

Rutinitas harian yang sunggung mengasyikan sekaligus menyehatkan (dan mungkin juga menghematkan 🙂 ) Trek dari rumah ke stasiun yang berjarak +/- 5 km dengan posisi menanjak saya rasakan cukup untuk sedikit menggerakan badan di pagi hari dengan waktu tempuh 20 menitan, lalu gowes selanjutnya dari stasiun Sudirman ke kantor yang berjarak sama.

Trek berangkat Home-St.Bogor (gpsed.com)

Trek berangkat St.Sudirman-Kantor (gpsed.com)

Kalau ditotal, jarak tempuh PP setiap hari mencapai +/-20 km dengan waktu tempuh total 1 jam (dengan gowes santai saja), untuk tubuh saya sudah cukup.

Dan, inilah penampakan-penampakan kendaraan tempur saya:

 

Menunggu KRL selanjutnya

Nyempil di kolong meja

Mereka, para senior B2W memang tidak bohong. Dalam hal ini anda wajib sepakat dengan saya. Mereka tidak bohong bahwa anda dijamin  akan merasa lebih segar di kantor selama seharian dengan bersepeda ke kantor. saya sudah membuktikan itu! saya merasa lebih bugar jika dibandingkan saat rutinitas berangkat kejra dengan sepeda motor. Dulu saya sangat sensitif dengan udara pagi yang dingin, atau AC KRL yang menusuk kulit, atau cepat pusing dan mata lelah ketika menghadap monitor, alhamdulillah sekarang jauh berkurang. Jadi, mereka memang tidak bohong. Buktikan saja sendiri, baru anda boleh berkomentar ;).

Gowes Mang…!

46 thoughts on “Bugar dengan Bersepeda

  1. Secara teori juga demikian kok Mas, bersepeda bisa memicu tubuh menghasilkan sejumlah energi yang diperlukan untuk aktivitas tersebut. Dan energi ini tetap terjaga ketika mulai beraktivitas atau bekerja di kantoran, sehingga tubuh tetap terasa bugar.

    Hal yang berbeda akan dialami jika hanya pergi ke kantor dengan mobil/motor, apalagi energinya dicoba dipacu dengan kafein atau minuman berenergi, biasanya menjelang siang akan lemes lagi.

    • Wah.. ini tambahan yang padat, ringkas tapi mengena dari sang calon dokter sahabatku ini.. Hehe.. Trims Bli.. Semoga saya bisa istiqomah dengan hobi baru ini…

  2. (Maaf) izin mengamankan KEDUAX dulu. Boleh, kan?!
    Wah asyik banget sekarang bisa menjadi goweser. Apalagi bisa istiqomah pakai sepeda tiap hari ke kantor.
    Tapi jangan maksain dari rumah naik sepeda terus hingga sampai ke kantor ya, kang… Soale kejauhan. Estafet saja. Hehehehehe

  3. apa kabar kang asep?he…2,
    bersepeda memang sehat. klo aku emang dari kecil hoby bersepeda, tapi bukan sepeda lipat, he…2, sampai saat ini masih bersepeda, terutama pas pergi ke sawah……

  4. 3 hal resolusi kang asep dengan bersepeda, sehat, hemat dan menambah sahabat…
    Sip kang…
    Tularkan juga ke 1000 pekerja lainnya yang memiliki jarak antara rumah dengan kantor kerja mereka kurang dari 15 Km, syukur-syukur lebih dari itu….

    • Hal sederhana saja sih mas.. Smoga bs diikuti yg lain.. Dan skali lagi, smoga bukan hanya ngikutin trend saja..

      Salam kenal, trims sdh berkunjung…

  5. wah, mantap… pantesan lama tidak posting. kesukaan bersepeda sudah mengalahkan kesukaan blogging ya kang asep. 🙂
    Btw, boleh juga tuh kapan2 saya tiru. Sudah lama tak bersepeda juga.

  6. sayang sekali saya tidak bisa bersepeda ke tempat kerja, soalnya terlalu jauh, pakai mobil saja hampir dua jam he he…

  7. Iya, betul… ngeblognya udah jarang banget, makanya saya juga jarang maen kemari… :mrgreen:
    Saya dulu bersepeda ke sekolah (SMA), lumayan menyegarkan meskipun jalannya banyak tanjakan dan turunan, tapi imbang gitu. Btw, sepedanya bagus, mudah dibongkar pasang…

  8. Buset jauh juga yah jaraknya 🙂 pernah terlambat gak masuk kerjanya? itu capek2 pulang kerja masih harus gowes lagi 😀

  9. sepedanya sama…
    iseng2 nemu blog sampeyan, kok jd terinspirasi btw jg ya. mo nyoba dr kmrn takut kesentil motor ato mobil. salut deh… salam sehat

  10. Pingback: Jangan Mau Kalah! « Blog Asepsaiba

  11. Pingback: Ngariung Pesepeda Bogor | 29 Mei 2011 « Blog AsepSaiba

  12. Pingback: Tips Membawa Sepeda (Lipat) di KRL « Blog AsepSaiba

  13. memang sehat bersepeda,,
    palagi bareng n seru2an,,
    bisa untuk kumpul bareng sekalian bersepeda bersama,,
    g bakalan capek,,
    tapi seneng dan dapet kesehatan,,

  14. Pingback: Tips Membawa Sepeda (Lipat) di KRL | asepsaiba.web.id

  15. Pingback: Jangan Mau Kalah! | asepsaiba.web.id

  16. Pingback: Tips Membawa Sepeda (Lipat) di KRL | asepsaiba.web.id

Leave a Reply

