Ada ‘Rapat’ dalam Rapat

/ilustrasi

Bagaimana bisa fokus dan cepat selesai jika ada ‘rapat’ di dalam rapat? Kemarin (dan bahkan mungkin sebagian banyak) saya mengikuti rapat, yang sering terjadi ya itu tadi, ada ‘rapat’ di dalam rapat.

Di saat rapat, mereka malah asyik ‘rapat’ sendiri. Sibuk rapat ‘online’, pencet ‘ponsel cerdas sana-sini, sesekali terima telpon, balik lagi pencat-pencet ponsel. Tapi sesekali juga mendongak, seolah serius mengikuti rapat itu. Atau bahkan juga sesekali menimpali tema yang sedang dibahas. Pernah seorang peserta, setelah sibuk ‘rapat’ dengan ponselnya, beliau mendongak dan ikut menimpali, tapi ternyata sudah tak nyambung lagi dengan tema yang dibahas. Dan, meledaklah tawa peserta lain.

Lebih parah lagi, jika masing-masing peserta mambawa laptopnya. Masuk ruangan, lalu duduk, kemudian buka laptopnya, tak lupa colok sumber listriknya, dan langsung hubungkan dengan koneksi gratisan ala hotel alias wi-fi. Alhasil, ia pun lebih sibuk lagi dengan ‘rapat’ nya sendiri di laptop ๐Ÿ˜€ . Alasannya klasik, yaitu cek surel yang masuk. Weleh-weleh…

Kedua ‘rapat’ di atas mungkin masih bisa dibilang mendingan. Daripada, jika peserta rapat malah sibuk rapat dengan teman sebelahnya yang justru malah mengganggu peserta rapat yang lain.

Padahal, jika goal dari sebuah meeting atau rapat ingin dicapai, sederhana saja sih. Buat agenda rapat dan fokus pada agenda tersebut, jangan melenceng. Juga dibutuhkan seorang pemimpin rapat yang tegas, sehingga ia akan meng-cut bahasan yang jauh melenceng dari agenda.

Selamat rapat! ๐Ÿ˜€

Advertisements

15 thoughts on “Ada ‘Rapat’ dalam Rapat

  1. Jadi memang sebaiknya kalau ada rapat sambungan wi-fi harus dimatikan. Gunakan aja internet kabel untuk komputer pusat yang dipakai untuk presentasi. ๐Ÿ˜ก
    Lalu, hanya boleh buka laptop, dan tidak boleh menggunakan gadget pribadi selain laptop. ๐Ÿ˜
    Kalau kelihatan ada yang memakai modem sendiri, langsung marahi!


  2. Untuk menghindari hal seperti itu …
    Ketika memulai suatu kelas atau meeting atau rapat …
    Saya selalu berkata …
    Maaf … ini bukan Warnet sodara-sodara … !!!
    Dan juga jangan seperti orang norak yang baru punya Telpon Bimbit Pipih lebar dua hari ddwweeehhh … ! Tolong disimpan Gadgetnya …

    Pedes-pedes deh …
    Abis sebel banget …

    Salam saya Kang

  3. Contoh rapat yang baik telah ditunjukkan oleh anggota Dewan kita beberapa waktu lalu, dengan membuka gambar sesuatu… ๐Ÿ™‚

  4. sebelum rapat, perlu kesepakatan dulu. semua ditutup. kecuali yg minta ijin ada urusan urgen terkait internet dan laptop misal buat proposal dan harus dikirim segera..

    lumayan bisa jadi fokus ๐Ÿ™‚

  5. setuju sama om Trainer!
    wong diajak rapat kok malah sibuk sama gadget sendiri
    padahal rapat kan dilakukan dengan waktu yang terbatas
    ga fair aja buat yang lain yang serius mau rapat ๐Ÿ˜€

  6. menarik ni om..bahasannya, tapi saya klo ke Gambir beneran ngikutin rapat dengan serius kok…:), saia pengen jadi peserta rapat yang akan support goal rapat ntu….*nada berapi-api mode soekarno…hehehhe..

    Ohya om, smga bnyk yang tersadarkan , amin ya rabb….good posting agan ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s