Bagian Kecil untuk Sebuah Harapan Besar

Pak Budi, sebut saja namanya demikian baru saja selesai mengotak-atik meteran listrik PLN prabayar di rumah saya. Sangat cekatan sehingga tak butuh waktu lama pekerjaan cepat selesai. Ia adalah seorang petugas PLN yang baru saja berhasil mengeset meteran listrik prabayar di rumah saya sehingga dayanya naik dari 1.300 VA menjadi 2.200 VA.

Penambahan daya ini memang sudah lama saya rencanakan, namun selalu saja tertunda. Jujur saja, awalnya ada sedikit rasa enggan berurusan dengan masalah birokrasi rumit ketika mengurus tentang penambahan daya listrik PLN. Enggan juga jika harus lewat calo, nanti diminta biaya ini dan itu.Tapi ternyata, saya 100% salah besar. Hal itu bermula ketika secara tak sengaja saya menemukan artikel di detik.com yang mengulas tentang program gratis penambahan daya listrik. Ternyata hari itu adalah hari terakhir! Segera saja saya ikuti petunjuk yang ada dalam artikel tersebut. Singkatnya, cuma dua saja petunjuknya: cukup telpon ke Contact Center PLN 123 atau daftar online via website PLN.

Saya memilih telpon ke Contact Center PLN 123. Tidak menunggu lama, di ujung telpon, Dewi, sebut saja demikian, menerima telpon dengan sopan, dan menanyakan keperluan saya. Setelah dia tahu bahwa saya ingin mengajukan permohonan tambah daya, selanjutnya, ia mengajukan pertanyaan-pertanyaan standar tentang identitas, alamat rumah, nomer meter dan kebutuhan daya yang akan ditingkatkan menjadi berapa. Ia menjanjikan paling lama 1 Minggu akan datang seorang petugas rumah yang akan mengeset ulang instalasi listrik di rumah saya. Saya hanya perlu membeli token listrik minimal Rp 5.000,- saja.

Yang menarik adalah, di ujung telpon Dewi menjelaskan bahwa sebaiknya saya tidak memberikan tips atau uang rokok kepada si petugas nantinya. Iseng saya tanya alasannya kenapa. Ia menjawab, karena itu sudah merupakan standar operasi PLN untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Tak sampai seminggu, hanya berselang 3 hari, Pak Budi, operator PLN tadi sudah menyambangi rumah saya dan berhasil meningkatkan daya listrik di rumah saya dari 1.300 VA menjadi 2.200 VA. Dan yang lebih membuat saya bangga, ketika saya tawarkan sekedar uang lelah, Pak Budi menolak disertai permintaan maaf karena sudah menolak niatan saya tersebut. Wow, sungguh profesionalisme benar-benar sudah diterapkan PLN sampai ke front liner. Dan, tentang tambah daya tadi, semuanya gratis tis… alias tanpa seperpun biaya yang saya keluarkan.

Pak Budi dan Dewi, hanyalah bagian kecil dari sebuah perusahaan besar seperti PLN. Bagian kecil itu menjadi salah satu hal penting untuk sebuah harapan yang besar. PLN ingin mewujudkan PLN Bersih. Harapan yang besar di tengah maraknya kasus-kasus korupsi di republik ini. Semoga integritas dan profesionalisme Pak Budi dan Dewi, yang merupakan bagian garda terdepan PLN, diterapkan juga di seluruh lini organisasi PLN, dari yang paling bawah hingga ke pucuk pimpinan tertinggi. Sehingga PLN menjadi perusahaan milik negeri ini yang bisa kita banggakan.

Dan, saya yakin akan hal itu. Pak Budi dan Dewi sudah membuktikannya.


Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog  “Blogger dukung PLN Bersih”  dalam rangka menyambut Hari Listrik Nasional ke-68

6 thoughts on “Bagian Kecil untuk Sebuah Harapan Besar

Leave a Reply

