Bangku Prioritas KRL

Sering sekali, di tengah-tengah jalur Bogor – Jakarta atau sebaliknya, naik penumpang dengan keterbatasan fisik, manula, ibu hamil, atau yang membawa anak kecil. Seringnya, naik di pintu tengah gerbong KRL. Bagi penumpang yang respek, tentu sudah menjadi hak biasa memberikan tempat duduknya. Atau bagi sebagian lain, cuek saja dengan kehadiran mereka. Tapi ada juga yang memgarahkan meja ke tampat duduk prioritas di ujung kanan/kiri gerbong. Saat gerbong kosong mungkin tidak menjadi masalah. Lain hal bila gerbong penuh sesak.

image

Bangku prioritas di KRL CommLine Jabodetabek

Saya melihat hal yang berbeda di MRT Singapura. Tempat duduk prioritas tidak dipusatkan di ujung-ujung gerbong, melainkan tersebar di tempat duduk terdekat di setiap pintu. Menurut saya, ini bagus dan memudahkan bagi para penumpang dengan keterbatasan tadi. Ketika masuk gerbong, tak perlu harus ‘berjuang’ lagi menuju tempat duduk prioritas.

image

Courtesy Seat di MRT Singapura, tersebar di dekat pintu gerbong

Menurut saya, tidak terlalu sulit dan butuh biaya banyak untuk mengubah posisi bangku prioritas yang telah ada sekarang ini. Hanya tinggal memindahkan petunjuknya saja. Mungkin yang sulit adalah membiasakan penumpang normal pada posisi tempat duduk yang baru nantinya.

Advertisements

40 thoughts on “Bangku Prioritas KRL

  1. Yup, memang di sini (Singapura) seperti itu bentuknya, Kang. Negara kecil ini mendesain seluruh fasilitas publiknya ramah untuk penyandang disabilitas dan orang-orang “istimewa”. Sudah sepatutnya Indonesia belajar dari Singapura untuk masalah public trnasportation-nya.

  2. jadilah populer macam artis. konten penting gak penting bakal dapet retwit dan favorit banyak. , Daisy

  3. para penumpang dan penyedia jasa transportasi memang harus banyak belajar dari negara sebelah yang lebih teratur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s